Tips Sehat Saat Idul Adha

No comment 259 views

# Tips Sehat Saat Idul Adha

tips sehat saat idul adha

Sehari lagi kita akan menyambut datangnya hari raya Idul Adha 1437 H. Hari raya Idul Adha tentunya identik dengan hari raya qurban bagi umat islam. Tentunya agar banyak berseliweran makanan berdaging terutama kambing dan sapi.  Tentunya akan sulit untuk menghindari atau menolak mengkonsumsi makanan-makanan tersebut karena momentnya setahun sekali. Salah satu dampak utama dari mengkonsumsi daging kambing dan daging sapi yaitu naiknya kadar kolesterol dan kadar gula dalam tubuh. Untuk anda penderita hipertensi dan kolesterol ataupun diabetes, tentunya akan menjadi masalah buat tubuh dan kesehatan anda.

Berikut adalah tips sehat dan berguna untuk anda dalam mengkonsumsi varian makanan selama idul adha agar kesehatan dapat tetap terjaga diantaranya yaitu :

  • Makan secukupnya

Jagalah porsi makan anda dan jangan berlebihan. Konsumsi daging jumlah atau porsi besar tentu akan memiliki efek dan akibat bagi tubuh terutama konsumsi banyak pada makanan bersantan dan daging sapi atau kambing. Dengan menjaga porsi makan secukupnya, tentu juga dapat menjaga kadar tekanan darah, kadar kolesterol atau kadar gula anda pada posisi normal sehingga akan menjauhkan dari keluhan rasa nyeri yang imbasnya tentu akan mengganggu keindahan di hari raya Idul Adha.

  • Perbanyak minum air putih

Memperbanyak konsumsi air putih merupakan hal wajib bagi anda. Selain menjaga agar tenggorokan dapat bersirkulasi secara lega, air putih juga akan melarutkan dan mendorong sisa makanan yang terolah dalam tubuh beroperasi secara normal menuju ke sistem pembuangan tubuh. Air putih juga dapat membantu menghindarkan dari sakit sembelit.

  • Kurangi  konsumsi makanan pedas

Konsumsi makanan berlemak diimbangi dengan pedas secara berlebihan tentu akan berakibat kurang baik pada tubuh. Terutama konsumsi makanan pedas secara berlebih akan dapat memnbuat perut gampang mules dan tentunya menggangu sistem pencernaan pada tubuh.

  • Perbanyak makanan berserat

Untuk mengimbangi beratnya kambing dan sapi yang masuk kedalam tubuh, anda membutuhkan makanan-makanan berserat untuk memperlancar saluran pencernaan dan menghindari sembelit. Konsumsi daging yang berlebihan akan membuat susah buang air besar dan pencernaan menjadi tidak lancar. Saluran pencernaan menjadi sulit mengolah makanan jika tidak diimbangi dengan serat. Efek serat yang paling menguntungkan adalah dapat membantu tubuh menetralkan atau melunturkan lemak. Untuk itu imbangi dan perbanyaklah mengkonsumsi makanan berserat seperti buah-buahan, sayur, kedelai dan gandum.

Baca Juga  Tips Redakan Sakit Bayi Anda Tanpa Obat

  • Hindari makan daging sebelum tidur

Mengkonsumsi daging sebelum tidur dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh.  Hal ini dikarenakan makanan akan dikirim ke esophageal sphincter yang dapat menyebabkan kualitas tidur menjadi menurun. Konsumsi lah makanan berlemak 2 - 3 sebelum tidur.

  • Perbanyak minum air hangat

Perbanyaklah dan biasakan meminum air putih hangat atau air jeruk hangat saat anda mengkonsumsi daging berlemak. Air hangat dapat membantu membersihkan kelegaan tenggorokan anda. Minum air sirup, kopi atau minuman bersoda hanya akan menambah suburnya efek buruk pada tubuh.

Demikianlah sedikit ulasan singkat tips sehat dalam mengkonsumsi makanan saat idul adha. Semoga bermanfaat dan membuat anda waspada pada kesehatan. Selamat Hari Raya Idul Adha 1437 H.

author

Leave a reply "Tips Sehat Saat Idul Adha"