Tips Sehat dan Bugar Menjalankan Puasa

No comment 482 views

Tips Sehat dan Bugar Puasa

# Tips Sehat dan Bugar Menjalankan Puasa

Bulan Ramadhan telah datang menjumpai kita kembali. Menjalankan ibadah puasa merupakan kewajiban bagi umat muslim. Berpuasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan baik itu jasmani dan terutama rohani. Perubahan pola makan selama berpuasa perlu disiasati dengan benar agar tubuh tetap sehat bugar dan tidak menjadi lemas. Bukan berarti karena puasa membuat lesu dan membuat jadi ingin tidur terus. Jika ingin tidur di bulan Ramadhan sebenarnya berpahala. Bukan berarti tidur terus - menerus tanpa melakukan aktivitas lain. Puasa tidak boleh dijadikan alasan untuk bermalas - malasan. Berikut beberapa tips sehat dan bugar menjalankan puasa yaitu :

#1. Jangan pernah lewatkan sahur

Jangan pernah melewatkan sahur.  Kenapa sahur itu penting dan berguna? Ibarat memperpanjang waktu puasa sehingga tubuh akan mengambil cadangan energi lebih banyak. Akibatnya, tubuh mudah lelah dan haus. Agar tubuh tetap sehat dan bugar, sel dalam tubuh kita membutuhkan asupan gizi dan energi yang cukup. Disarankan sebaiknya makanlah makanan yang penuh protein dan serat tinggi. Lebih disarankan agar makan sahur diwaktu saat mendekati imsak.

#2. Tidak makan berlebihan saat berbuka puasa

Jika Anda kalap makan dan minum saat berbuka bisa meningkatkan berat badan secara cepat, apalagi jika memilih menu tak sehat seperti gorengan dan fast food. Jangan berlebihan menahan diri untuk tidak segera berbuka meski adzan maghrib berkumandang. Bagaimanapun juga yang berlebihan itu tidak enak bisa membuat eneg dan malas sehingga ibadah lain terutama shalat bisa terlewatkan.

#3. Hindari makanan yang terlalu asin, manis, dan berlemak

Mengonsumsi makanan atau minuman manis diperlukan untuk menormalkan kadar gula darah yang turun selama berpuasa. Berlebihan mengkonsumsi makanan manis dapat meningkatkan kadar glukosa darah secara cepat dan meningkatkan nafsu makan. Makan makanan manis dan berlemak terlalu banyak menyebabkan lelah dan mengantuk.

Baca Juga  Cara Pemulihan Tepat Untuk Orang Yang Terkena Stroke

#4. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Jika tubuh kekurangan cairan menyebabkan lemas dan kurang konsentrasi selama berpuasa. Cukupi kebutuhan cairan saat sahur dan berbuka untuk menghindari dehidrasi. Air putih paling dianjurkan, namun bisa digantikan dengan susu atau jus buah murni. Hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan cola yang memiliki sifat diuretik. Perbanyak asupan buah yang tinggi cairan seperti semangka atau jeruk.

#5. Olahraga ringan

Melakukan olahraga di siang bolong memicu dehidrasi dan menguras energi. Lakukan olahraga ringan seperti jogging dan bersepeda selama 15 hingga 20 menit saat ngabuburit atau menjelang berbuka. Usahakan untuk mengikuti shalat berjamaah di masjid, termasuk shalat wajib dan shalat tarawih.

#6. Gosok gigi setelah sahur dan sebelum tidur

Ketika berpuasa, tubuh akan membakar cadangan lemak sebagai energi utama dan meningkatkan kadar keasaman darah. Karena itulah nafas biasanya berbau. Untuk meminimalisir bau yang timbul, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan mulut dengan menggosok gigi setelah sahur dan sebelum tidur. Menggosok gigi setelah sahur juga membantu menghilangkan rasa kantuk yang menyerang dan mencegah Anda kembali tidur. Ingat bahwa tidur setelah sahur bisa mengganggu proses pencernaan dan mungkin membuat Anda melewatkan salat subuh.

#7 Konsultasi ke dokter

Sebagian orang diperbolehkan untuk tidak berpuasa jika menderita sakit, berusia lanjut, sedang hamil atau menyusui. Jika Anda memiliki kondisi tersebut namun merasa mampu untuk berpuasa, jangan lupa untuk berkonsultasi ke dokter untuk menghindari risiko kesehatan yang mungkin muncul. Tanyakan juga apakah Anda perlu mengkonsumsi suplemen atau menghindari makanan tertentu agar terus sehat selama berpuasa.

Berikut adalah salah satu video tips sehat dan kuat dalam berpuasa yang kami ambil dari situs youtube :

Baca Juga  Keistimewaan Sinar Matahari bagi Kesehatan

Itulah tips sehat dan bugar dalam menjalankan ibadah puasa. Mungkin masih banyak lagi tips sehat lain yang tidak tercantum disini. Semoga amal ibadah puasa kita diterima oleh Allah SWT, Amien

author

Leave a reply "Tips Sehat dan Bugar Menjalankan Puasa"