Tips Redakan Sakit Bayi Anda Tanpa Obat

No comment 263 views

# Redakan Sakit Bayi Anda Tanpa Obat

Tips Redakan Sakit Bayi Anda Tanpa Obat

Setiap ibu pasti akan merasa panik dan sedih ketika anak bayi nya sakit terutama golongan mamud alias mama muda yang belum memiliki pengalaman banyak dalam merawat bayi. Beragam penyakit bisa menghinggapi buah hati anda seperti batuk, pilek, demam, kembung atau bahkan diare. Cara cepat dan mudah adalah dengan membawa segera untuk diperiksakan ke dokter. Akan tetapi dalam keadaan atau kondisi tidak bisa dibawa kedokter segera, anda dapat memberi pertolongan pertama dengan obat tradisional berbahan dasar ramuan alami. Berikut ini beberapa tips meredakan sakit bayi anda tanpa obat diantaranya :

  • Batuk

Batuk tentu saja akan sangat mengganggu bagi bayi anda. Orang dewasa saja akan mengeluh jika terkena batuk, apalagi jika anak bayi yang terkena tentunya akan menjadi sangat rewel. Cobalah cari daun pegagan. Daun Pegagan adalah tumbuhan liar yang banyak tumbuh di tepi jalan atau di ladang perkebunan. Rebuslah daun pegagan hingga mendidih kemudian minumkan pada anak anda. Perlu dicatat bahwa rebusan daun pegagan ini hanya boleh diminumkan untuk anak usia 6 bulan keatas. Pegagan sendiri memiliki rasa manis dan mendinginkan serta dapat melancarkan peredaran darah.

Madu juga dapat membantu meredakan batuk pada bayi anda. Kandungan anti oksidan dan anti mikroba dapat membantu meredakan tenggorokan gara-gara batuk. Coba minumkan madu pada anak anda baik itu secara langsung atau dapat dicampur dengan minuman lain.

  • Pilek

Pilek atau flu adalah penyakit yang sangat menggangu hidup dan pernafasan terutama bagi balita. Cobalah tips berikut ini menggunakan buah pala. Buah pala tersebut kemudian asahkan pada batu asah atau lesung batu dengan dibantu sedikit air. Setelah itu oleskan pada hidung dan kening bayi anda. Selain itu untuk bayi usia 6 bulan keatas, anda dapat memandikan bayi anda dengan ramuan rempah. Siapkan air hangat secukupnya pada baik mandi anak anda. Kemudian masukkan irisan kayu secang secukupnya ditambah dengan irisan sereh. Kemudian taburkan satu sendok makan daun teh dan satu biji buah cengkeh. Setelah diaduk rata, kemudian mandikan bayi anda di mulai dengan berendam selama beberapa menit. Campuran aroma rempah tadi memiliki khasiat menyegarkan hidung dari pilek yang didapat dari aroma dan uap nya.

  • Kembung
Baca Juga  Waspadai Gejala DBD dan Cara Penanganan Yang Tepat

Kembung membuat bayi anda akan susah makan. ambil dan bersihkan selembar daun jarak, masukkan kedalam tempat atau panci yang bersih lalu tambahkan minyak telon secukupnya. Lalu panaskan diatas api kecil. Usahakan jangan terlalu panas dan lama agar daun tidak layu. Setelah dirasa cukup hangat, tempelkan daun jarak tersebut ke perut anak anda. Usahakan dalam keadaan hangat agar memberi rasa segar dan enak pada perut bayi anda. Cara ini cocok digunakan untuk balita usia 2 bulan keatas.

  • Diare

Untuk penyakit diare, gunakanlah tips berikut ini. Tumbuk beberapa siung bawang merah dan campurkan dengan sedikit minyak kelapa pada tumbukan bawang. Setelah itu lumurkan ke perut bayi anda. Cara ini bukanlah untuk mengobati diare anak anda. Akan tetapi dapat membantu mengurangi gejala diare. Ramuan bawang ini cocok untuk balita usia 2 bulan keatas.

Jahe juga dapat membantu mengobati mules atau diare. Ambil jahe secukupnya lalu parut hingga halus. Setelah itu masukkan 1 sendok teh parutan jahe tadi kedalam 120 ml air mendidih. Setelah mendidihkan kemudian saring dan tiriskan.  Minumkan air saringan jahe tadi pada anak anda. Untuk mengurangi rasa yang kurang enak untuk bayi, saringan jahe tadi bisa anda campurkan dengan madu untuk membuat rasa manis.

Demikianlah sedikit Tips redakan sakit bayi anda tanpa obat. Semoga dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi anda ibu-ibu muda. Salam sehat

author

Leave a reply "Tips Redakan Sakit Bayi Anda Tanpa Obat"