Tips Mengobati Sariawan Pada Anak

No comment 244 views

Sariawan tidak hanya dialami oleh orang dewasa, anak-anak juga rentan terkena sariawan. Bagaimna mengobati sariawan terhadap anak?

Mengobati sariawan pada anak

Tips Mengobati Sariawan Pada Anak sumber gambar dari SehatFresh.Com

Sariawan merupakan penyakit yang timbul akibat dari kekurangan vitamin c. Anak Anda mungkin pernah menolak untuk makan padahal biasanya dia sangat lahap, hal itu mungkin saja ada sariawan pada mulut anak Anda sehingga membuat nafsu makannnya menjadi berkuranng. Sariawan sendri bisa terjadi pada bagian gusi, bibir, lidah, ataupun dasar mulut. Sariawan biasanya berbentuk benjolan yang berwarna putih kekuningan.

Apabila anak terkena sariawan dia akan lebih rewel dari pada biasanya dan menolak untuk disusui. Gejala yang terjadi pada anak yang terkena sariawan seperti suhu badan anak naik, demam, mulut menjadi berbau dan nafsu makan anak menjadi berkurang. Karena sariawan terjadi akibat kekurangan vitamin c, untuk mencegah terjadinya sariawan ada baiknya Anda memberikan makanan yang mengandung buah dan sayuran terhadap anak Anda.

Penyebab sariawan yang terjadi pada anak selain kekurangan vitamin c biasanya karena jamur dan terkena gigitan pada bibir. Jamur pada umumnya hidup dimulut. Jamur tersebut akan melebihi jumlah normal pada saat anak Anda daya tahan tubuhnya menurun. Karena tingginya jumlah jamur yang ada pada mulut Anak anda inilah yang dapat menyebabkan sariawan pada anak. Pada kasus terkena gigitan pada bibir bisa di sebabkan oleh anak mengunyah terburu-buru sehingga bibirnya tergigit. Luka yang terjadi akibat terkena gigitan ini yang menyebabkan timbulnya sariawan pada Anak.
Mencegah sariawan dapat dengan tetap menjaga kebersihan rongga mulut seperti menyikat gigi dan membersihkannya secara  membiasakan teratur. Anda dapat membiasakan anak Anda sejak kecil untuk tetap menjaga kesehatan mulutnya. Dapat juga Anda membawa anak untuk kontrol ke dokter gigi minimal 1 bulan sekali agar kesehatan sekitar mulutnya tetap terjaga dan terhindar dari sariwan.
Untuk mengobati harus cepat diatasi agar anak tidak rewel. Walaupun sariawan bisa hilang dengan sendirinya sekitar 7 - 21 hari, akan tetapi rasa sakit atau nyerinya dapat berlangsung sekitar seminggu itulah yang menyebabkan anak Anda menjadi rewel. Untuk itu Anda tidak bisa hanya membiarkan sariawan sembuh dengan sendirinya pada anak. Berikut beberapa tips mengobati sariawan pada anak Anda :
1. Anda dapat mengompres sariawan dengan es batu agar sariawan yang ada pada anak menjadi mati rasa, karena es batu  dipercaya dapat membuat sariawan menjadi mati rasa atau tidak terasa nyeri.
2. Anda dapat mencoba membuat larutan yang terdiri dari soda kue, garam dan air. setelah semua bahan-bahan tersebut larut celupkan kapas dan tempelkanlah pada sariawan anak Anda.
3. Daya tahan tubuh Anaka harus tetap terjaga agar tidak mudah terkena sariawan.
4. Anda harus memastikan bahwa mulut dan gigi anak Anda terjaga kebersihannya dan harus rajin dibersihkan agar tidak ada lagi jamur yang menempel pada mulut. Usahakan Anda mengajarkan anak Anda untuk tetap menjaga kebersihan mulutnya.
5. memberikan makananan yang bergizi dan bernutrisi kepada Anak.
6, memperbanyak anak mendapatkan vitamin c, dengan cara memberikan sumber vitamin c dari buah dan sayuran segar.
Tips di atas dapat Anda lakukan untuk mengobati sariawan pada Anak Anda. Jika sariwan tidak kunjung sembuh bawalah si kecil untuk berkonsultasi dengan dokter, agar dokter memberikan resep obat untuk menyembuhkan sariawan pada Anak Anda. Pada saat Anak Anda terkena sariawan hindari makanan asam dan terlalu panas karena dapat membuat sariawan yang ia alami semakin perih. Semoga bermanfaat!!!
Baca Juga  Kebanyakan Garam Memicu Penyakit Jantung
author
Hai, saya icha dari sanggau. Saya seorang blogger pemula yang masih perlu banyak belajar karena yang membuat saya terus berkembang adalah tujuan-tujuan hidup saya. Semoga apa yang saya posting bisa bermanfaat bagi pembaca

Leave a reply "Tips Mengobati Sariawan Pada Anak"