Tips Mengajari Si kecil Berbicara

No comment 433 views

Anda mempunyai si kecil yang sedang mulai belajar berbicara???

tips mengajari si kecil belajar berbicara

Tips Mengajari Si kecil Berbicara sumber gambar dari Alodokter

Komunikasi dapat menjadi memperluas kosa kata yang dimiliki dan pegembangan daya penerimaan juga daya ingat pada si kecil karena komunikasi adalah salah satu aspek kecerdasan yang harus dimiliki oleh setiap anak. Melatih di kecil dalam belajar berbicara sejak awal akan membantu kemampuan komunikasi dan bertinteraksi terhadap lingkungan.  Si kecil akan meniru apa yang dia dengarkan baik sesuatu yang diajarkan orang tua maupun yang didengarkannya dari orangorang sekitar.

Pada saat si kecil menginjak usia 6 bulan, biasanya si kecil sudah memulai mengeluarkan suarasuara meskipun belum terlalu jelas. Tentu saja pada saat ini orang tua sangat berperan penting untuk membentuk gaya bicara yang baik agar si kecil mudah mengankap kata-kata yang diajarkan. orang tua harus mengajarkan anak bicara dengan kata-kata yang positif hal ini akan mengasah rasa percaya diri pada diri si kecil. Mengikuti perkembangan anak kita merupakan hal yang sangat membahagiakan apalagi pada saat si kecil sudah bisa memanggil "mama dan papa" walaupun penyebutannya masih belum jelas.

Terkadang orang tua, khususnya seorang ibu akan cukup khawatir apabila buah hatinya lambat untuk bisa berbicara. Cepat atau lambat buah hati Anda bisa bicara itu tidaklah penting, yang terpenting adalah Anda harus mengawasi perkembangannya berjalan sebagaimana mestinya. Perkembangan pada setiap anak memanglah berbeda, ada anak yang bisa mengucapkan kata "mama" pada usia 6 bulan dan ada pada usia 1 tahun baru bisa menyebutkannnya. Hal tersebut bisa saja terjadi kurangnya perhatian orang tua dalam membentuk kelancaran berinteraksinya si kecil.

Oleh sebab itu orang tua dan lingkunganlah yang sangat berperan penting untuk membentuk kelancaran si kecil dalam berbicara dan berinteraksi. Untuk mempermudah si kecil belajar berbicara, berikut ad beberapa tips untuk mengajari si kecil berbicara :

Baca Juga  Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Tanpa Obat

1. Ucapkanlah setiap sesuatu yang kamu lakukan terhadap si kecil

Selalu memberikan penjelasan tentang apa yang sedang kita lakukan kepada si kecil akan sangat membantu dalam proses belajar berbicara anak Anda. Misalny Ibu akan membuatkan untuk si kecil ungkapkanlah " Iya sekarang ibu buatkan susu ya nak, sabar ya" si kecil akan selalu mendengar setiap kata yang kita ucapkan walapun si kecil belum mengerti akan tetapi katakata yang kita katakan akan di ingatnya. Orang tua harus sering mengajak anak berinteraksi dan berbicara kapanpun dan dimanapun Anda berada, misalnya Si kecil sedang memegang boneka katakanlah padanya bahwa benda tersebut adalah boneka sehingga terjadilah interaksi antara ibu dan anak. Dengan semakin seringnya ibu mengajak buah hatinya berbicara akan membantu agar si kecil menjadi lebih komunikatif.

2. Biarkan si kecil mengoceh

Pada usia 6 bulan si kecil akan sering mengeluarkan suara atau mengoceh walaupun tidak jelas apa yang ia ucapkan biarkanlah si kecil mengoceh karena setiap kata yang diucapnya sama dengan mengajarkan dia berbicara. Anda juga dapat mengajarkan si kecil belajar berbicara dengan menyanyikan dan mendongengkannya. Dengan mendongengkankan dan menyanyikannya akan membuat  si kecil lebih bersemangat untuk meniru apa yang Ibu atau Ayah ucapkan. Seiring berjalannya waktu si kecil akan belajar untuk mengulang apa kata yang Anda katakan.

3. Mengajak si kecil bermain

Cara paling mudah untuk mengajak si kecil berinteraksi adlah dengan bermain bersamanya. Dengan bermain kan merangsang otak si kecil menjadi lebih aktif. Mengajak si kecil bermain dengan menebak gambar dan menjelaskannya dapat menambah kosa kata pengungkapannya dan mintalah si kecil menirukan ungkapan ibu saat menunjukkan gambar. Apabila si kecil sudah bisa menyebutkannya mintalah si kecil menyebutkannya sendiri Lalu bila dia sudah bisa menyebutkannya sendiri, mintalah dia sendiri yang mengucapkan.

Baca Juga  Tips Cara Menjaga Kesehatan Telinga

4. Batasi Anak dalam meonton televisi

Televisi tidak mengajarkan anak pandai berbicara. Membiasakan si kecil menonton televisi akan membuat si kecil interaktif dalam berbicara. Setidaknya sebagai orang tua harus membatasi waktu menonton dan waktu bermain.

Pada intinya usahakanlah mengajak si kecil  berbicara. Makin banyak perkataan yang kita berikan, maka akan semakin cepat pula si kecil mengembangkan kemampuan berbicaranya. Akan tetapi orang tua juga harus berhati-hati dalam memilih kata berbicara pada si kecil karena mereka mudah menyerap dan mengingatnya. Jangan sampai Anda menyebutkan kata kotor di depan si kecil. Semoga bermanfaat!!!

author
Hai, saya icha dari sanggau. Saya seorang blogger pemula yang masih perlu banyak belajar karena yang membuat saya terus berkembang adalah tujuan-tujuan hidup saya. Semoga apa yang saya posting bisa bermanfaat bagi pembaca

Leave a reply "Tips Mengajari Si kecil Berbicara"