Tips Mencerahkan Kulit Leher yang Gelap

No comment 340 views

leher gelapTips Mencerahkan Kulit Leher yang Gelap

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit di sekitar leher terlihat lebih gelap. Tapi jangan panik, ada berbagai cara untuk mencerahkannya kembali. Namun sebelum kami menjelaskan tentang Cara Mencerahkan Kulit Gelap, ada baiknya anda menyimak beberapa penyebabnya terlebih dahulu. Hal ini tentu saja penting, supaya anda bisa mengidentifikasi penyebab kulit gelap sehingga bisa mencegahnya di masa yang akan datang. Silahkan simak di bawah ini.

 

Inilah Beberapa Penyebab Kulit Kasar dan Hitam di Leher

Ada banyak orang yang merasa terganggu karena kulit di sekitar leher lebih gelap atau hitam dibandingkan dengan kulit wajah atau tubuh secara umum. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya:

 

++ Sinar Matahari atau Ultraviolet

Sinar matahari adalah salah satu penyebab kerusakan kulit termasuk di area leher. Sinar UV ini akan merusak lapisan kolagen yang menjaga elastisitas kulit, menimbulkan flek hitam dan menyebabkan perubahan warna gelap pada daerah yang terkena.

++ Acanthosis Nigricans

Acanthosis nigricans ialah kondisi kulit yang disebabkan oleh meningkatnya kadar insulin sehingga terjadi perubahan pada kulit seperti penebalan, gelap, dan kulit kasar. Biasanya, gangguan tersebut terjadi pada kulit ketiak, pangkal paha, dan leher.

++ Kehamilan dan Alergi

Leher gelap juga sangat umum terjadi selama kehamilan ketika perempuan menderita suatu kondisi kulit yang disebut sebagai melasma. Selain itu, alergi kulit dan tiroid yang terlalu aktif juga dapat dapat menimbulkan kulit tidak merata dan pigmentasi pada permukaan leher.Untuk mendapatkan diagnosa yang lebih tepat, berkonsultasilah dengan dokter kulit. Tapi, untuk langkah awal, anda bisa melakukan perawatan leher yang gelap di rumah.

Baca Juga  Tips Sehat Saat Idul Adha

 

Cara Mencerahkan Kulit Leher yang Gelap

Ada beberapa solusi pemutihan alami bagi leher yang gelap yang dapat anda lakukan di rumah.

-- Melembabkan

Melembabkan adalah kunci mendapatkan kulit leher yang sehat dan mencerahkan bagian kulit leher yang gelap. Anda bisa menggunakan krim pelembab yang banyak dijual di toko dan apotek, atau menggunakan ramuan alami.

-- Pemutih Alami

Ada banyak resep alami yang dapat membantu memutihkan kulit leher, contohnya dengan menggunakan ramuan cuka sari apel. Caranya, campur cuka sari apel dengan oatmeal kasar dan gosok daerah leher Anda dengan lembut dengan campuran ini. Cuka sari apel membantu untuk memerangi perubahan warna kulit, membantu mengurangi bercak-bercak hitam di leher.

-- Krim Pemutih

Anda juga bisa memilih krim pemutih yang aman, misalnya yang mengandung vitamin E cream yang dapat membantu mencerahkan kulit. Aloe vera gel juga dapat membantu mencerahkan kulit gelap. Terapkan dua kali sehari ke daerah gelap.

-- Lulur

Lulur dapat membantu menyingkirkan sel kulit mati dan mencerahkan kulit leher. Lakukan dengan lembut agar tidak menimbulkan iritasi.

 

Kulit leher yang terlihat lebih gelap dibandingkan wajah anda, mungkin akan mengganggu penampilan. Jadi, anda bisa mulai melakukan perawatan harian yang tepat bagi leher anda. Beberapa cara sederhana di atas bisa menjadi langkah permulaan bagi anda untuk mencerahkan kulit leher, disertai dengan beberapa perawatan kulit lainnya. Jika cara-cara di atas tidak berhasil, itu artinya masalah kulit gelap yang anda hadapi sudah termasuk parah dan tidak bisa lagi diatasi dengan cara-cara sederhana. Sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter atau ahli kecantikan untuk mendapat saran dan penanganan yang lebih profesional. Terima kasih sudah menyimak tips tentang Cara Mencerahkan Kulit Leher, semoga bermanfaat.

author

Leave a reply "Tips Mencerahkan Kulit Leher yang Gelap"