Tips Cara Memijat Bagian Tubuh Bayi

No comment 258 views

# Tips Cara Memijat Bagian Tubuh Bayi

Tips Cara Memijat Bagian Tubuh Bayi

Pemijatan tidak hanya dilakukan pada orang dewasa, pemijatan pada bayi juga bisa dan boleh dilakukan. Karena dilakukan pada bayi, tentunya pemijatan harus dilakukan dengan penuh kasih sayang dan kelembutan agar dapat membuat bayi anda rileks dan nyaman. Manfaat nya tentu saja akan membuat otot-otot bayi lebih kuat dan dapat membantu mempererat kelekatan antara anda dan bayi anda.

Pemijatan boleh dilakukan pada hampir semua bagian tubuh bayi. Namun harus diperhatikan bahwa pemijatan wajib dilakukan dengan lembut agar tidak membahayakan. Berikut beberapa tips pemijatan pada tubuh bayi :

  • Bagian Kepala

Memijat pada bagian kepala bayi akan membantu memberikan rangsangan. Mulailah dengan memberikan usapan pada bagian alis mata bayi anda. Perlu diingat bahwa usapan jangan sampai pada kelopak mata karena justru akan membuat mata tertutup. Puncak tulang hidup juga dapat diusap lembut sampai ke bagian pipi kanan kiri. Buatlah usapan lingkaran-lingkaran kecil dari pipi hingga kedagu sehingga membuat bayi anda merasa nyaman.Hindari usapan dan penekanan yang terlalu keras.

  • Peregangan

Pemijatan juga memiliki fungsi untuk meregangkan otot-otot bayi anda. Saat posisi bayi telentang, pegang kedua kaki dan lututnya secara bersama kemudian tempelkan secara perlahan kedua lutut bayi anda hingga keperut. Namun peregangan ini harus dilakukan secara teliti dan hati-hati akan tidak berakibat buruk pada bayi anda.

  • Bagian Perut

Dengan menggunakan ujung jari, lakukan pemijatan kecil secara melingkar. Mulailah dari bawah bagian iga hingag ke perut dengan pijatan berpola huruf i. Urutannya yaitu mulai dari kanan bawah lalu naik keatas membentuk seperti huruf U lalu terakhir kembali lagi ke bagian kiri. Usahakan semua gerakan pemijatan memiliki garis finish dibagian kiri perut.

  • Bagian Punggung
Baca Juga  Tips Mengobati Sariawan Pada Anak

Bagian punggung adalah bagian yang bisa dibilang lebih aman. Namun tetap saja harus anda lakukan dengan perlahan dan lembut agar dapat memberikan rasa nyaman pada bayi anda. Tiarapkan bayi anda diatas kasur atau di kedua kaki anda. Lalu mulai usap lembut kedua tangan anda dimulai dari punggung bagian atas lalu turun hingga ke bagian pantat bayi anda. Fokuskan gerakan usapan pada sepanjang tulang punggung dengan membentuk lingkaran kecil.

  • Bagian Lengan

Pegang pergelangan tangan bayi anda dengan satu tangan, lalu berikan tepukan lembut disepanjang lengan dengan menggunakan tangan anda yang lain. Tepukan lembut harus dilakukan secara perlahan sambil diiringi dengan mengajak bayi anda berbicara agar dapat membuat rileks dan nyaman.

  • Bagian Kaki

Pemijatan bagian kaki bisa dimulai dengan mengusap bagian telapak kaki secara melingkar. Seperti pada peregangan tadi, mulai pegang kedua kaki bayi anda namun dengan satu tangan, kemudian tepuk perlahan bagian disepanjang tungkai kaki dengan tangan yang lain. Usap pelan secara naik turun dari jari kaki hingga kepinggul lalu kembali lagi ke jari kaki berulang k.ali. Gunakan ibu jari anda untuk mengusap bagian dibawah kaki dimulai dari tumit hingga ke kaki. Berikan juga pemijatan kecil secara melingkar pada bagian pergelangan kaki bayi anda.

Demikian lah sedikitĀ Tips Cara Memijat Bagian Tubuh Bayi. Perlu diperhatikan bahwa anda harus yakin dan siap melakukan pemijatan agar tidak terjadi efek samping yang kurang baik. Cobalah konsultasikan pada yang lebih ahli jika anda merasa ragu terutama untuk anda yang masih belum paham benar. Salam sehat dan semoga bermanfaat.

author

Leave a reply "Tips Cara Memijat Bagian Tubuh Bayi"