Ragam Khasiat Daun Katuk

No comment 256 views

Ragam Khasiat Daun Katuk Bagi Kesehatan - Katuk yang memiliki nama ilmiah Sauropus androgynus adalah jenis sayuran yang banyak tumbuh di Asia Tenggara. Katuk atau cekur manis ini banyak digunakan oleh para ibu menyusui untuk memperlancar produksi air susu.

manfaat daun katuk bagi kesehatan

Ragam Khasiat Daun Katuk sumber gambar dari manfaatnyasehat.com

Apa sajakah yang terkandung dalam daun katuk?

Daun katuk memiliki banyak kandungan vitamin.  Vitamin tentunya sangat berguna bagi tubuh kita. Vitamin yang terdapat dalam daun katuk yaitu vitamin A, B, C dan K. Daun katuk juga memiliki kandungan serat dan sedikit protein serta mineral berupa kalsium, besi, kalium, fosfor, dan magnesium. Daun yang berwarna hijau pekat menandakan tingginya kadar klorofil dalam daun katuk. Kebanyakan orang mengkonsumsi daun katuk sama seperti ketika mengolah bayam dan kangkung.

Berikut ini akan kita bahas aneka ragam khasiat daun katuk bagi kesehatan :

  1. Mengatasi darah kotor
    Daun katuk dapat digunakan untuk memperlancar sirkulasi darah dan membersihkan bercak darah kotor sistem reproduksi khususnya pada wanita. Cara mengkonsumsinya pun cukup mudah yaitu dengan dimasak atau ditumis seperti sayuran.
  2. Memperlancar produksi ASI
    Sayur-sayuran hijau sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Dalam sayuran hijau terkandung banyak vitamin dan mineral yang berguna dalam produksi air susu ibu (ASI). Salah satu sayuran hijau yang sangat bagus dalam produksi ASI yaitu daun katuk. Olahlah daun katuk menjadi sayuran dan dimakan secara teratur untuk memperlancar produksi ASI
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh kita
    Disebutkan bahwa didalam daun katuk terdapat kandungan senyawa aktif yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan produksi kadar hormon steroid dan senyawa eiksonoid yang sangat berguna bagi tubuh. Ditambah lagi dengan menumpuknya kandungan vitamin C, sehingga akan sangat bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh. Cara mengolahnya juga sama yaitu dengan di buat menjadi sayuran baik itu ditumis atau direbus.
  4. Mencegah terjadinya osteoporosis
    Daun katuk ternyata juga memiliki khasiat untuk mencegah tulang keropos atau osteoporosis. Masalah tulang keropos ini tentu akan menghinggapi anda ketika sudah memasuki usia diatas 30 tahun. Kandungan kalsium dalam daun katuk cukup banyak sehingga sangat membantu dalam pertumbuhan tulang anda.
  5. Mencegah gangguan pada mata
    Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa daun katuk kaya akan vitamin A dan C. Tentunya hal ini berkaitan erat dengan kesehatan mata. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin A dan C sangat berguna mencegah dan menghindarkan dari gangguan kesehatan mata. Bentuk tubuh daun katuk yang berwarna hijau gelap inilah yang menjadi sumber kandungan vitamin A.
  6. Meningkatkan produksi sperma pada kaum laki-laki
    Bagi kaum pria, daun katuk sangat berkhasiat memperbanyak produksi sperma. Hal ini disebabkan dalam daun katuk berisi fitokimia yang berguna dalam peningkatan hormon dan kesuburan.
Baca Juga  Apa Manfaat Bersepeda Bagi Tubuh?

Demikian sedikit ulasan singkat tentang aneka ragam khasiat daun katuk. Mungkin masih ada beberapa manfaat lain yang belum kami jabarkan disini.  Namun secara umum daun katuk ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun dalam penggunaannya tentu harus teratur dan dikontrol agar tidak berlebihan karena daun katuk juga memiliki efek samping yaitu dapat mengakibatkan susah tidur, sesak nafas dan makan menjadi tidak enak. Selain itu juga dapat berpengaruh pada kelainan paru-paru.

Untuk itulah sangat sangat dianjurkan agar sebelum makan daun katuk agar dapat di rebus . Hal ini untuk menghindari dan membunuh racun yang terdapat dalam daun katuk. Silahkan dikonsumsi secukupnya dan tidak berlebihan sehingga manfaat lah yang anda dapatkan dan terhindar dari efek negatif.

author
Hai, saya icha dari sanggau. Saya seorang blogger pemula yang masih perlu banyak belajar karena yang membuat saya terus berkembang adalah tujuan-tujuan hidup saya. Semoga apa yang saya posting bisa bermanfaat bagi pembaca

Leave a reply "Ragam Khasiat Daun Katuk"