Penyebab Bintitan Pada Mata

No comment 264 views

# Penyebab Bintitan Pada Mata

Penyebab bintitan pada mata

Banyak mitos yang berkembang bahwa bintitan pada mata disebabkan karena ngintip orang mandi atau lainnya. Mitos itu tentu saja tidak benar. Lalu apa itu bintitan dan apa saja penyebabnya?

Apa itu bintitan?

Dikutip dari alodokter , Bintitan adalah suatu keadaan ketika bintil atau benjolan kecil menyakitkan yang muncul berbentuk seperti jerawat pada tepi kelopak mata baik itu kelopak mata bagian luar ataupun bagian dalam. Benjolan kecil ini tidak akan mengganggu kemampuan penglihatan namun tentunya akan membuat kondisi mata tidak enak.

Apa saja penyebab bintitan pada mata?

Umumnya penyebab bintitan pada mata adalah karena tercabutnya bulu mata yang kemudian terkena infeksi bakteri terutama yaitu bakteri staphylococcus aerusBakteri ini biasanya tumbuh pada saluran pernafasan dan kulit. Infeksi ini biasanya tumbuh pada bagian pangkal bulu mata. Selain itu, peradangan pada mata juga dapat membuat mata terkena bintitan. Peradangan akan membuat mata gatal dan nyeri. Rasa gatal dan nyeri ini salah satunya bisa disebabkan karena kelilipan debu atau benda lain yang menjadi infeksi bakteri. Karena itulah sangat disarankan agar anda jangan mengucek mata apalagi terlalu keras dan dalam keadaan tangan tidak steril. Keadaan inilah yang menjadi penyebab utama munculnya bintitan.

Bintitan berbentuk benjolan kecil seperti bisul yang berisi nanah dan menyumbat kelenjar kelopak mata yang biasanya akan membuat mata bengkak. Gejala awal biasanya ditandai dengan rasa perih dan gatal pada mata, mata kemerahan dan ujungnya timbul benjolan kecil berbentuk jerawat serta bernanah. Tumbuhnya bisa di bagian tepi mata maupun ditengah karena kelenjar ada di seluruh bagian mata.

Selain faktor infeksi bakteri, pengaruh alergi juga bisa menjadi penyebab bintitan pada mata. Konsumsi makanan yang berlebih protein terkadang justru kurang baik untuk anda yang memiliki riwayat alergi. Makan dengan protein berlebih itu diantaranya telur ayam dan mie instant.

Baca Juga  Tips Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Penyebab lainnya yaitu karena kebiasaan begadang. Waktu malam adalah waktu untuk istirahat bagi tubuh terutama mata. Kebiasaan begadang akan cepat membuat mata gampang lelah sehingga mata menjadi tidak sehat dan akan sangat mudah terjangkit bakteri.

Bintitan pada mata ini bukanlah penyakit berbahaya, hanya saja tentu akan sangat menganggu terutama pada penampilan anda. Pengobatan bintitan ini dengan diberikan anti biotik atau menggunakan salep. Untuk pengobatan secara alami anda bisa mengompress mata anda menggunakan bahan alami seperti daun sirih , teh celup, ketumbar, daun jambu biji, bawang putih ataupun kunyit.

Hindarilah kebiasaan mengucek mata dan jaga selalu kebersihan mata anda agar terhindar dari penyakit bintitan ini. Jika mata anda perih, kompreslah dengan air hangat atau menggunakan irisan timun. Istirahat yang cukup dan jaga pola hidup sehat adalah syarat mutlak untuk kesehatan tubuh dan mata anda.

author

Leave a reply "Penyebab Bintitan Pada Mata"