Penyakit Psoriasis, Penyakit Pada Kulit Yang Sangat Mengerikan

Penyakit PsoriasisPenyakit Psoriasis, Penyakit Pada Kulit Yang Sangat Mengerikan - Psoriasis merupakan peradangan pada kulit yang sudah menahun. Penyakit ini biasanya ditandai dengan kulit yang terkelupas, ruam memerah, terasa kering, menebal, serta bersisik. Umumnya penyakit ini juga ditandai dengan rasa gatal dan juga perih. Dan berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai penyakit psoriasis.

  • Psoriasis Disebabkan Karena Sistem Kekebalan Tubuh

Penyakit psoriasis diduga disebabkan oleh gangguan autoimun atau sistem kekebalan tubuh yang keliru dan menyerang sel-sel kulit sehat. Penyakit ini timbul saat proses sel kulit tubuh berlebihan.

Dalam keadaan normal, tubuh akan memproduksi dan mengganti sel kulit mati dalam berapa minggu sekali. Sementara pemilik penyakit psoriasis akan mengalami hal tersebut dalam hitungan hari. Jadi terdapat banyak penumpukan sel dan terdapat penebalan.

Faktor lainnya yaitu keturunan, obesitas, infeksi tenggorokan, HIV, stres, penggunaan obat-obat tertentu, dan cedera kulit.

  • Cara Mengobati Psoriasis

Pengobatan untuk penyakit psoriasis ini tergantung pada tingkat keparahan pasien. Penyakit ini dapat diatasi dengan suntikan, obat-obatan, fototerapi, dan obat oles. Namun pengobatan tersebut tidak bisa menyembuhkan psoriasis, dan hanya berguna untuk meringankan gejala serta memperbaiki tekstur kulit yang terkena psoriasis.

Jenis Penyakit Psoriasis

  • Psoriasis Plak

Penyakit psoriasis jenis ini merupakan psoriasis yang umum terjadi. Gejalanya yaitu seperti kulit bersisik, memerah, ruam, dan luka kering seperti plak. Psoriasis ini bisa timbul di kulit bagian mana saja, seperti kulit kepala, lutut, dan siku. Rasanya gatal dan perih, untuk kasus yang parah saja bisa berdarah dan pecah-pecah.

  • Kepala Psoriasis

Kepala psoriasis rasanya sangat gatal di seluruh kulit kepala, biasanya timbul sisik yang tebal dan pada bagian kulit tertentu di kepala mengelupas seperti ketombe. Biasanya akan terjadi ruam dan menyebar ke bagian kulit kepala lainnya.

  • Psoriasis Kuku

Biasanya warna kuku akan berubah, timbul cekungan pada kuku, dan kuku bisa lepas. Selain itu juga terjadi pertumbuhan yang abnormal pada bagian kuku.

  • Psoriasis Inversi

Gejala dari penyakit psoriasis ini yaitu ruam memerah yang halus di daerah lipatan seperti lipatan ketiak, dan lipatan kulit lainnya. Ruam yang terjadi bisa bertambah parah jika terjadi gesekan ataupun keringat. Psoriasis inversi ini juga bisa menyerang bokong, selangkangan, dan payudara.

  • Psoriasis Gutata

Gejala atau tanda-tanda yang muncul dari penyakit psoriasis gutata yaitu muncul bintik serta ruam yang mirip dengan tetesan air. Ruam yang berlapis sisik juga sering muncul di lengan, kaki, kulit kepala, dan tubuh bagian atas. Biasanya penyakit ini menyerang anak-anak serta remaja.

  • Psoriasis Arhtritis

Penyakit psoriasis ini gejalanya yaitu bersisik, kulit iritasi, dan warna kuku berubah. Namun gejalanya juga bisa bervariasi dan bisa menyerang bagian mana saja. Jika terkena infeksi pada bagian tersebut maka bisa menjadi kaku dan kerusakannya berkembang, bahkan bisa menjadi cacat permanen.

  • Psoriasis Pustular

Gejala dari penyakit psoriasis Pustular yaitu timbulnya ruam merah, bisa berisi nanah, dan melepuh. Ruam yang muncul bisa di bagian tubuh mana saja seperti ujung jari, kaki, serta tangan. Penyakit Psoriasis Pustular ini bisa mengakibatkan demam, penurunan berat badan, menggigil, dan rasa gatal yang luar biasa.

  • Psoriasis Eritrodermik

Merupakan penyakit psoriasis dengan gejala ruam mengelupas dan gatal luar biasa. Bisa juga disertai dengan rasa terbakar di seluruh tubuh. Penyakit ini bisa mengakibatkan proteni dan kadar cairan, misalnya menyebabkan gagal jantung, dehidrasi, dan malunutrisi.

Baca Juga  Atasi Nyeri Haid dengan 5 Hal ini!

Penyebab dari penyakit psoriasis belum diketahui dengan pasti, namun diduga berasal dari sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel- seli kulit sehat. Sel kulit akan menggandakan diri dengan cepat dan membuat kulit menjadi tebal.

Mengapa sistem kekebalan ini bisa keliru belum diketahui dengan pasti, akan tetapi diduga keras karena pengaruh gen dan lingkungan.

Faktor yang memicu terjadinya Psoriasis yaitu :

  • Cedera kulit, contoh terbakar sinar matahari dan tergores

  • Infeksi tenggorokan

  • Konsumsi obat-obatan tertentu

  • Minum minuman keras

Jika mengalami penyakit psoriasis ini sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk penanganan yang lebih lanjut. Dengan begitu Psoriasis tidak akan semakin parah. Itulah beberapa informasi yang bisa Anda ketahui mengenai Psoriasis. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk Anda semua.

author

Leave a reply "Penyakit Psoriasis, Penyakit Pada Kulit Yang Sangat Mengerikan"