Penyakit Asma? Apa Penyebabnya?

No comment 822 views

penyakit asma dan penyebabnya

# Penyakit Asma? Apa Penyebabnya?

Sering mendengar teman Anda mengalami penyakit Asma? Sebenarnya apasih Asma itu?Asma diambil dari bahasa Yunani yang mempunyai arti ‘sulit bernafas’. Penyakit Asma sendiri bukanlah penyakit yang menular. Akan tetapi penyakit yang biasanya diderita secara menahun oleh para penderitanya. Penyakit ini menyerang system pernafasan paru paru dan menimbulkan peradangan didinding rongga pernafasandan hal ini menyebabkan penyempitan saluran pernafasan sehingga penderitamengalami sesak nafas. Penderita Asma banyak ditemui dinegara maju maupun Negara berkembang yang memiliki tingkat polusi udara yang tinggi.

Salah satu gejala yang terlihat pada penderita Asma adalah batuk, sesak nafas, dan suara mengi karena adanya penyempitan sehingga oksigen yang akan masuk kedalam paru-paru menjadi terhambat. Asma sendiri sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa bantuan obat tetapi hal ini sangat jarang dikarenakan penderita selalu menghirup udara yang terkena polusi. Pemicu timbulnya penyakit Asma salah satunya yaitu alergi.

Faktor-Faktor yang menyebabkan seseorang terkena asma

  • Adanya alergi terhadap serbuk sari, asap rokok, udara yang dingin, bulu binatang.
  • Olahraga yang terlalu berat
  • Menghirup udara yang tercemar polusi udara seperti asap rokok, kendaraan, limbah pabrik, asap dari abu vulcanik dan lainnya

Para penderita Asma biasanya apabila terkena factor-faktor yang menyebabkan Asma maka mereka akan mengalami sesak nafas. Contohnya seseorang yang menderita Asma terkena asap abu vulkanik kemungkinan dia akan mengalami sesak napas dan dilanjutkan dengan kejang, apabila tidak segera ditangani hal ini akan mengakibatkan kematian. Akan tetapi Asma juga dapat menyerang tanpa seseorang tanpa alergi tertentu contohnya saja orang yang mempunyai fisik lemah akan tetapi melakukan olahraga yang berat akan mengalami Asma, atau seseorang berada pada cuaca yang sangat dingin, Stres juga merupakan salah satu pemi9cu timbulnya Asma.

Baca Juga  Menyusui Dapat Mengurangi Risiko Kematian Pada Penderita Kanker Payudara

Gejala dan Tanda seseorang mengidap penyakit Asma diantaranya yaitu :

  • Bila bernafas terdengar sedikit bunyi yang keluar dari paru-paru akan tetapi perlu diingat orang yang bernafas dengan mengeluarkan bunyi adalah penderita Asma
  • Sesak nafas hal terjadi karena adanya penyempitan saluran pernafasan ( bronchiale)
  • Sering batuk dimalam hari atau pada saat cuaca yang dingin
  • Penderita sering mengeluh dada seperti sempit dan tertekan
  • Penderita yang mengalami serangan asma yang sangat hebat biasanya susah bahkan tidak dapt berbicara karena susah dalm mengatur nafas
  • Biasanya Asma yang menyerang anak-anak dapat ditandai dengan gatal ditenggorokan atau gatal pada leher

Hal yang diperlukan untuk menangani Asma yaitu:

  • Renang

Olahraga renang merupakan pengobatan alami bagi para penderita asma karena dengan berenang paru-            paru  bekerja secara lebih baik.

  • Sebaiknya bila Anda alergi terhadap sesuatu hindarilah karena akan memicu kambuhnya asma Anda
  • Sebaiknya penderita Asma tidak dianjurkan untuk merokok karena itu akan memperberat kerja paru-paru
  • Gunakan masker agar Anda terbebas dari polusi udara
  • Rajinlah berkonsultasi kepada Dokter yang menangani penyakit asma agar Anda tau perkembangan penyakit Anda.

Penyakit asma dapat menyerang siapa saja dan sampai saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkan secara tuntas. Jadi berusahalah hidup sehat, bergantilah dengan pola hidup yang sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan hindari rokok maupun alkohol.

author

Leave a reply "Penyakit Asma? Apa Penyebabnya?"