Menjaga Tekanan Darah Tanpa Obat

No comment 255 views

Menjaga Tekanan Darah Tanpa Obat - Tekanan darah adalah ukuran seberapa kuatnya jantung memompa darah ke seluruh tubuh Anda. Untuk mendapatkan kinerja tubuh maksimal, tekanan darah yang Anda miliki harus normal. Biasanya, makin rendah tekanan darah Anda, maka makin sehat pula tubuh Anda. Namun jangan pula terlalu rendah karena bisa membuat Anda terkena hipotensi atau tekanan darah rendah.

cara menjaga tekanan darah tanpa mengkonsumsi obat

Menjaga Tekanan Darah Tanpa Obat sumber gambar dari www.infoterkini.web.id

Gaya hidup sehat merupakan hal penting yang dapat membantu Anda menjaga tekanan darah. Jika anda ingin tekanan darah Anda normal, lakukanlah gaya hidup sehat untuk menjaganya. Dengan mengubah gaya hidup kita dengan gaya hidup sehat dapat membantu kita menjaga dan menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi resiko penyakit jantung dan dapat menghindari ketergantungan terhadap kebutuhan untuk obat.

Berbagai macam cara yang dapat kita lakukan untuk mengubah gaya hidup kita, berikut beberapa cara perubahan gaya hidup yang dapat mebuat Anda lebih sehat :

Berolahraga secara rutin

Berolahraga  adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang. Aktivitas fisik yang dapat Anda laukan secara rutin setidaknya 30 sampai 60 menit minimal dilakukan 3 kali dalam seminggu. Aktivitas fisik secara rutin yang Anda lakukan dapat membuat tekanan darah Anda turun ke tingkat yang lebih aman. Biasanya seseorang yang sibuk bekerja hanya berolahra raga pada akhir pekan. Sebaiknya hindari berolahraga berat di akhir pekan saja , lebih baik Anda Melakukan olahraga ringan setiap hari secara rutin.

Mengkonsumsi makanan yang sehat

Untuk melakukan perubahan gaya hidup tidaklah semudah yang kita bayangkan apalagi masalah makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Untuk mengubah kebiasaan makan Anda, ada beberapa tips yang dapat anda lakukan :

  1. Catat makanan yang anda makan. Dengan mencatat makanan yang anda makan anda dapat mengontrol makanan apa saja yang telah anda konsumsi. Lakukan minimal selama seminggu sehingga anda akan mengetahui sehat ata tidaknya makanan yang anda konsumsi.
  2. Pertimbangkan untuk  meningkatkan makanan berkalium. Kalium dapat mengurangi efek natrium pada tekanan darah. Makanan berkalium seperti buah-buahan dan sayuran, bukan suplemen.
  3. Buatlah daftar belanja sebelum anda berbelanja ke supermarket untuk menghindari membeli makanan lain yang tidak terpikirkan sebelumnya sehingga tetap berpegang pada rencana sehat makan Anda.
Baca Juga  Kesehatan Reproduksi Pria dan Wanita

Turunkan berat badan dan lingkar pinggang

Berat badan diharapkan normal dengan menghitung BMI (berat badan dalam kg dibagi tinggi badan dalam kuadrat). Secara umum,  semakin Anda kehilangan berat badan, semakin turun tekanan darah Anda. Selain menurunkan berat badan, Anda juga harus mengawasi lingkar pinggang Anda. Untuk lingakar pinggang :

  • Pria < (91 cm)
  • Wanita < (81 cm)

Usahakan mengurangi garam dalam diet Anda

Pengurangan kecil di natrium (garam) dalam diet Anda dapat menurunkan tekanan darah dengan 2 sampai 8 mm Hg.

Kurangi konsumsi alkohol

Alkohol dapat membahayakan kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Alkohol berlebihan akan menaikkan tensi, selain itu juga akan mengurangi efektivitas dari pengobatan darah tinggi.

Menghindari produk tembakau dan asap rokok

Hindari asap rokok dan menghirup asap rokok dari orang lain, karena dapat menyebabkan masalah pada kesehatan Anda. Merokok meningkatkan resiko sumbatan pada pembuluh darah kecil, contohnya pada jantung sehingga dapat meningkatkan tekanan darah.

Mengurangi kafein

Minum minuman berkafein sementara dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah Anda. Sebaiknya kurangi minuman atau makanan berkafein.

Mengurangi stress yang dialami

Dikutif dari wikipedia secara harfiah pengertian stress yaitu beban rohani yang kapasitasnya over atau melebihi batas kemampuan maksimal dari rohani itu sendiri, sehingga berakibat pada tindakan yang kurang atau bahkan tidak terkontrol secara sehat. Stres dapat meningkatkan tekanan darah. Biasanya salah satu penyebab stress yaitu pekerjaan yang berat. Untuk mengatasinya ambillah cuti disela – sela pekerjaan berat. Gunakan waktu istirahat untul latihan pernapasan, pijat, yoga, atau meditasi. Jika cara diatas tidak bekerja untuk mengurangi stress yang anda alami carilah seorang profesional untuk konseling.

Memonitor tekanan darah Anda di rumah dan membuat janji dokter reguler

Baca Juga  Makanan Sehat Saat Idul Fitri

Belajar  mandiri memonitor tekanan darah merah dengan mesin otomatis sehingga memotivasi diri anda untuk tetap menjaga tekanan darah. Tidak ada salah mengunjungi dokter untuk memeriksa  dan membatu mengawasi tekanan darah.

Mencari dukungan dari teman dan kerabat

Teman dan kerabat dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda. Mereka mendorong hidup sehat seperti mengajak atau menemani kita ke dokter dan memulai program olahraga bergabung dengan kelompok hipertensi. Dengan mendapat teman atau kerabat seperjuangan akan memberikan dorongan emosional dan menawarkan tips praktis untuk mengatasi kondisi bersama-sama.

Lakukanlah perubahan untuk mendapatkan suatu hal yang lebih baik. Melakukan perubahan gaya hidup sehat dapat membantu anda menjaga tekanan darah tanpa harus mengkonsumsi obat. Semoga artikel ini dapat membuat Anda berpikir kembali untuk mementingkan kesehatan diri Anda dengan melakukan gaya hidup sehat dan semoga bermanfaat bagi pembaca.

author
Hai, saya icha dari sanggau. Saya seorang blogger pemula yang masih perlu banyak belajar karena yang membuat saya terus berkembang adalah tujuan-tujuan hidup saya. Semoga apa yang saya posting bisa bermanfaat bagi pembaca

Leave a reply "Menjaga Tekanan Darah Tanpa Obat"