Mengenal Kanker Serviks

No comment 549 views

kanker serviks

MENGENAL KANKER SERVIKS

Wanita rentan sekali terhadap suatu penyakit,terlebih lagi dalam sistem reproduksinya. Kanker serviks adalah salah satunya. Kanker tersebut tidak mengenal usia dalam menyerangnya. Siapapun dapat mengalami kanker ini. Namun tau gak sih apa itu kanker serviks ?? seperti apa gejalanya dan bagaimana cara penanganannya. Dalam artikel ini kita akan membahas kanker yang satu ini.

Kanker serviks atau disebut kanker leher rahim adalah sejenis kanker yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus ( HPV ). Yang menyerang leher rahim dan biasanya pada stadium awal tidak terlihat suatu gejala apapun. Perjalanan dari infeksi HPV sendiri hingga menjadi kaknker serviks memakan waktu yang cukup lama sekitar 10-20 tahun. Namun hal ini biasanya tidak disadari oleh penderitanya karna proses ini berlansung tanpa gejala. Kanker serviks sering menyerang pada wanita di usia 35 sampai 40 tahun. Penyakit ini jarang sekali menyerang wanita dibawah usia 25 tahun.

                Gejala-gejala kanker serviks adalah sebagai berikut:

  1. Nyeri punggung, nyeri kaki, dan nyeri panggul.
  2. Siklus menstruasi yang tidak teratur.
  3. Pendarahan yang tidak normal saat berhubungan badan.
  4. Intermenstrual atau pendarahan yang terjadi di antara periode menstruasi.
  5. Mudah lelah.
  6. Penurunan berat badan dan menghilangnya nafsu makan.
  7. Bengkak pada salah satu kaki
  8. Keputihan yang berbau
  9. Sulit buang air kecil

Selain gejala, ada juga beberapa faktor yang dapat berisiko terhadap kanker serviks.

  • Infeksi menular seksual
  • Berhubungan badan di usia muda
  • Merokok
  • Berganti-ganti pasangan dan seks bebas
  • Menggunakan obat-obatan yang dapat memengaruhi sistem imun tubuh

Apabila kita merasakan salah satu gejala diatas, kita dapat mencegahnya dengan melalui program skrinning dan pemberian vaksinasi. Bisa juga dengan melakukan pap smear setiap tahunnya. Bagi sudah terdeteksi kaknker, dapat melakukan pap smear setiap 6 bulan sekali.

Baca Juga  Apa Itu Tripopobia dan Apa Saja Faktanya

Pengobatan juga dapat dilakukan bagi penderita kanker serviks ini dengan melakukan terapi operasi pengangkatan, radioterapi, dan kemoterapi. Bagi penderita stadium 1A dapat dilakukan dengan histerektomo atau operasi pengangkatan rahim. Bila ukuran tumor lebih dari 4cm disarankan untuk menjalani radioterapi berbasis cisplatin dilanjutkan dengan histerektomi.

Kanker ini dapat mematikan bagi penderitanya. Untuk kanker serviks sendiri dapat dilakukan dengan pemberian vaksin HPV yang menghindarkan virus HPV nomor 16 dan 18. Pihak WHO sendiri merekomendasikan vaksin HPV dilakukan pada anak perempuan yang berusia 9 hingga 13 tahun guna menghambat tersebarnya kanker serviks.

author

Leave a reply "Mengenal Kanker Serviks"