Membatasi Asupan Kalori Bikin Panjang Umur?

No comment 359 views

Membatasi Asupan Kalori Bikin Panjang UmurMembatasi Asupan Kalori Bikin Panjang Umur?

Apa itu kalori? Kalori adalah energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebagian orang berusaha mengurangi kalori yang ada didalam tubuh sebanyak 30 persen dari asupan makanan. Terdapat mitos bahwa pengurangan asupan kalori tersebut dapat memperpanjang umur dan vitalitas. Akan tetapi, mungkinkah mitos yang ada dikalangan masyarakat tersebut memang benar adanya?.

Pembatasan jumlah kalori ternyata mempunyai efek positif bagi kesehatan. Dikutip dari kompas, pembatasan jumlah kalori tersebut didapatkan dari hasil penelitian yang menggunakan uji coba pada seekor kera. Penelitian tersebut dilakukan oleh National Institutes of Health (NIH). Akan tetapi, pada tahun 2012 NIH mengeluarkan pengumuman bahwa asupan kalori yang dibatasi belum dapat membuktikan mampu membuat berumur panjang.

Kepercayaan atau mitos yang dimiliki terkait pengurangan asupan kalori ini baik untuk kesehatan secara optimal. Konsumsi sedikit makanan akan mencegah pernyakit kronis pula. Asupan kalori yang dibatasi bukan berarti membuat diri mengonsumsi asupan sepert cheese burger atau kentang goreng dalam porsi kecil. Nilai gizi dalam makanan perlu diperhatikan bukan hanya sekedar jumlah kalorinya saja yang dikurangkan.  Asupan kalori yang dimaksud dengan melakukan diet rendah kalori. Diet tersebut berfungsi untuk menurunkan berat badan. Program diet seperti hal tersebut dipopulerkan oleh Weight Watchers seperti Nutrisystem.

Namun, apabila Anda tetap mengonsumsi karbohidrat tinggi dan nutrisi yang rendah dalam jangka lama akan berakibat pada kesehatan. Hal tersebut dapat memicu resiko kanker, jantung, atau Alzheimer. Penelitian lain tentang diet rendah kalori tersebur dilakukan University of Wisconsin. Penelitian tersebut membuktikan bahwa konsumsi makanan dengan nilai gizi baik akan menyebabkan kebaikan pada kesehatan pula. Uji coba dalam penelitian ini dengan memberikan sukrosa atau gula tanpa bahan kimia dalam jumlah rendah pada kera mengalami kesehatan yang baik dan mampu bertahan hidup lebih lama. Umur panjang tidak dapat Anda peroleh hanya dengan melakukan diet rendah kalori saja. Konsumsi makanan bergizi dan olahraga yang dapat membantu Anda untuk hidup sehat. Makanan bergizi dapat dieroleh dari buah – buahan, kacang - kacangan, sayur - mayur serta biji – bijian. Hidup sehat tersebut dapat mencegah penyakit kronik dan mampu berumur panjang.

Baca Juga  Gejala Kanker Payudara Wanita

Batasi Jumlah Kalori

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai Membatasi Asupan Kalori. Semoga dapat memberikan informasi dan menambah wawasan kesehatan kita tentang kalori. Semoga dapat bermanfaat, salam sehat!

author

Leave a reply "Membatasi Asupan Kalori Bikin Panjang Umur?"