Masalah Keputihan Pada Wanita

No comment 252 views

Masalah keputihan adalah masalah yang sering terjadi pada kaum wanita. Keputihan sendiri terbagi menjadi menjadi dua keputihan normal dan keputihan tidak normal. Kebanyakan wanita hanya menganggap enteng tentang masalah keputihan dan masih banyak wanita yang tidak mengetahui tentang keputihan itu sendiri apalagi menyebab dan cara mengatasinya. Oleh karena itu pada artikel ini saya mencoba mengajak teman-teman mengetahui tentang keputihan pada wanita karena apabila keputihan tidak ditangani dengan baik akan berakibat fatal bagi seorang perempuan dan kesehatan tubuhnya.

masalah keputihan pada wanita

Masalah Keputihan Pada Wanita sumber gambar dari bauvagina.com

Apa itu Keputihan?

Keputihan adalah keluarnya cairan atau lendir pada vagina yang berlebihan. Cairan atau lendir yang dikeluarkan vagina di produksi oleh kelenjar dan leher rahim yang akan mengeluarkan sel-sel mati dan bakteri. Keputihan sendiri dapat menjadi 2 yaitu keputihan normal dan keputihan tidak normal. Untuk keputihan normal biasanya terjadi pada saat sebelum dan sesudah wanita mengalami menstruasi. Itu berarti keputihan normal terjadi pada saat seorang wanita sedang dalam masa subur dan keputihan terjadi tidak mengenal berapun usia pada seorang wanita.

Pada keputihan normal, lendir atau cairan yang dikeluarkan dari vagina seorang wanita tersebut berwarna bening atau putih, tidak menimbulkan bau, dan tidak ada rasa gatal pada daerah vagina. Sedangkan keputihan tidak normal adalah keputihan yang terjadi akibat adanya infeksi pada vagina seorang wanita. Terjadinya infeksi pada vagina bisa diakibat oleh jamur dan bakteri. keputihan tidak normal akan menimbulkan bau pada vagina, lendir yang dikeluarkan oleh vagina berwarna kekuning-kuningan atau bercampur darah dan pastinya akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Keputihan tidak normal dapat menyebabkan berbagai efek yang terjadi pada kesehatan daerah kewanitaan para wanita.

Baca Juga  Tenggorokan Sakit: Karena Pilek atau Radang Tenggorokan?

Penyebab Keputihan

Sebenarnya keputihan terjadi karena kurang bersihnya daerah kewanitaan wanita tersebut. Oleh karena itu kebersihan pada daerah vagina haruslah terjaga dengan baik agar tidak menimbulkan berbagai penyakit salah satunya seperti keputihan. Berikut ini adalah beberapa penyebab keputihan yang perlu kita ketahui :

1. Kuman adalah penyebab utama terjadinya keputihan. Apabila kuman ini masuk kedalam vagina wanita akan penyebabkan keputihan yang tidak normal. Kuman- kuman tersebut dapat berasal dari tangan dan air yang kotor.

2. Lembabnya daera sekitar vagina juga mempengaruhi terjadinya keputihan pada wanita. Pada saat daerah sekitar vagina lembab, akan munculnya jamur dan kuman yang akan menyebabkan vagina menjadi gatal dan muncullah keputihan. Jamur akan berkembang biak dengan cepat pada daerah yang lembab. Maka dari itu keringkan terlebih dahulu celana dalam anda sehabis buang air besar dan kecil.

3. Hubungan Seks yang bergantian pasangan akan rentan terkena keputihan yang tidak normal. Jika seorang wanita berhubungan seks dengan laki-laki yang kurang dan tidak menjaga kebersihan organ intimnya, sehingga bakteri dan kuman akan masuk kedalam vagina dan muncullah keputihan yang tidak normal. Berhubungan seks yang bergantian juga dapat menimbulkan penyakit kelamin seperti HIV/AIDS.

Mengatasi Keputihan

Keputihan yang tidak normal harus mendapatkan penanganan atau pengobatan yang tepat. Karena apabila tidak segera diatasi akan menimbulkan penyakit yang serius pada wanita seperti kemandulan. Berikut ini bebecara cara sederhana mengatasi keputihan pada wanita :

1. Cobalah lakukan pengobatan sendiri dirumah untuk mengatasi keputihan yang sedang kita alami. Yang dapat anda lakukan yaitu seperti mengompres daerah vagina dan luarnya dengan air dingin untuk meredakan rasa gatal pada vagina, meminum yogurt untuk melawan bakteri jahat yang ada pada daerah vagina.

Baca Juga  Jenis Tumor Payudara Jinak

2. Anda dapat mencoba mengatasi keputihan dengan rebusan air sirih. Air rebusan daun sirih di percaya mengandung antiseptik yang dapat membunuh bakteri dan kuman yang berkembang biak pada daerah vagina wanita.

3. Apabila keputihan yang Anda alami semakin parah sebaiknya kunjungilah dokter kulit dan kelamin untuk mengkonsultasikan masalah yang Anda alami.

Itulah yang dapat saya bagikan tentang masalah keputihan pada wanita. Jangan pernah Anda merasa malu untuk berkonsultasi kepada dokter untuk masalah keputihan yang tidak normal dan bagi Anda yang memiliki keputihan yang normal tetaplah menghindari berbagai macam penyebab terjadinya keputihan tidak normal. Semoga bermanfaat!!!

author
Hai, saya icha dari sanggau. Saya seorang blogger pemula yang masih perlu banyak belajar karena yang membuat saya terus berkembang adalah tujuan-tujuan hidup saya. Semoga apa yang saya posting bisa bermanfaat bagi pembaca

Leave a reply "Masalah Keputihan Pada Wanita"