Manfaat Tidur dalam Gelap

Manfaat Tidur Dalam Gelap

"Hai kawan jangan takut,
jangan resah
Bila lampu kamar mulai dipadamkan
Ku 'kan s'lalu menyanyikan lagu ini
Hingga nanti kau tidur bers'limut mimpi

Jangan lupa esok kita punya janji
S'makin cepat kita tidur
S'makin cepat kita bertemu kembali

Berdoalah sebelum kita tidurJ
angan lupa cuci kaki tanganmu
Jangan lupa doakan mama papa kita

Jangan takut akan gelap
Kar'na gelap melindungi diri kita dari kelelahan"

Petikan lagu diatas adalah lirik lagu berjudul "Jangan Takut Gelap" , hasil olah suara dari penyanyi cilik imut yang sekarang sudah tumbuh menjadi remaja cantik yaitu Tasya Feat Duta Sheila on 7.

Inti yang diambil dari lagu diatas yaitu Tidur Dalam Gelap. Ya ternyata tidur dalam gelap itu mengantongi banyak manfaat dibanding tidur dalam keadaan terang bulan dilangit kamar. Apa saja sih manfaat yang didapat dari tidur dalam gelap ini? Salah satunya yaitu tidur dalam keadaan gelap dapat menjaga keseimbangan fungsi hormon dan berita baiknya untuk para penggiat kurus, ternyata tidur dalam gelap ini dapat membantu untuk dapat kurus.

Seorang ahli biologi dari Amerika bernama Joan Robert mengatakan bahwa tubuh kita baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika keadaan gelap alias tidak ada cahaya. Hormon melatonin adalah hormon yang berfungsi sebagai anti oksidan dan mengontrol kualitas tidur. Hormon melatonin sering disebut juga hormon awet muda karena fungsinya sebagai anti oksidan dapat menetralisir radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Hormon melatonin diproduksi secara alami di kelenjar pineal yang terletak di dalam otak. Hormon melatonin merupakan hormon neurotropik dengan gugus antioksidan indolamina dari senyawa asam amino triptofan. Hormon ini adalah salah satu hormon kekebalan tubuh yang mampu memerangi & mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker payudara dan kanker prostat.

Tidur dalam keadaan lampu menyala di malam hari, secuil apapun cahaya yang mengintip, dapat menghambat produksi hormon melatonin atau bahkan membuat produksinya terhenti. Pentingnya tidur di malam hari dengan mematikan lampu juga diteliti oleh para ilmuwan dari inggris, Peneliti menemukan bahwa ketika cahaya dihidupkan pada malam hari, bisa memicu ekpresi berlebihan dari sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan sel kanker.

Sebuah konferensi tentang anak penderita leukimia yang diadakan di London juga menyatakan bahwa orang bisa menderita kanker akibat terlalu lama memakai lampu waktu tidur di malam hari dibandingkan dengan yang tidak pernah memakai lampu waktu tidur.

Jadi seperti kata tasya, Jangan takut akan gelap karena gelap melindungi diri kita dari kelelahan..Ya apalagi kalo tidur dalam gelapnya ada tasya disamping ya hahaha

 

Sumber: http://adf.ly/1MmIby