Keistimewaan Sinar Matahari bagi Kesehatan

No comment 296 views

# Keistimewaan sinar matahari bagi kesehatan

manfaat sinar matahari

Keistimewaan sinar matahari bagi kesehatan sumber dari ideklik.com

Sinar matahari adalah salah satu sumber kehidupan bagi planet kita dan salah satu karunia yang sangat dibutuhkan bagi kehidupan manusia di muka bumi. Sinar matahari dipagi hari tidak hanya membuat indah suasana di pagi hari, namun juga sangat penting bagi kesehatan Anda. Matahari menjaga agar bumi tetap hangat dan mencegah dunia dari kebekuan. Banyak sekali peran Matahari, proses fotosintesis pada tanaman juga memerlukan sinar matahari.

Kebanyakan orang menjadikan sinar matahari musuh bagi mereka karena menurut mereka sinar matahari itu dapat merusak kesehatan kulit mereka. sebenarnya yang berbahaya itu adalah ketika sinar mataharinya itu sudah pada puncaknya yaitu kurang lebih pada tengah hari. Sinar matahari pada tengah hari banyak mengandung UV yang tentunya ini sangatlah berbahaya untuk kesehatan kulit. Namun, sinar matahari yang baik untuk kesehatan yaitu sinar matahari pada waktu pagi hari. Meskipun matahari mempunyai dampak buruk terhadap kesehatan kulit, tapi kita tahu sendiri bahwa matahari itu sangat banyak sekali manfaatnya.

Salah satu manfaat yang dapat langsung kita peroleh dari sinar matahari adalah membuat tubuh menjadi lebih segar karena tubuh secara langsung diberikan asupan vitamin D dari sinar matahari. Vitamin D berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium di dalam usus dan mentransfer kalsium melintasi membaran sel, sehingga dapat menguatkan tulang. Lalu apa saja Keistimewaan sinar matahari bagi kesehatan? Mari kita bahas dibawah ini :

  1. Sinar matahari mampu meningkatkan sirkulasi darah dengan melebarkan pembuluh darah di kulit. Dengan begitu, nutrisi dan oksigen lebih banyak dibawa menuju sel-sel ketika pembuluh darah kapiler terbuka sehingga kesehatan pun menjadi lebih baik. Selain itu,jantung pun menjadi lebih sehat dengan menurunkan denyut nadi ketika beristirahat dan mengurangi tekanan darah. Tekanan darah turun jika kulit secara langsung terkena paparan sinar UV matahari. Hal ini dikarenakan didalam sinar matahari terkandung senyawa oksida nitrit yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi.
  2. Selain bisa membuat tubuh menjadi lebih segar, ternyata sinar matahari juga dapat mengurangi resiko terkena kanker kulit. Sinar matahari seperti yang diketahui selain mengandung UVA juga mengandung UVB. Sinar UVB inilah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan karena semakin sring kita terkena paparan sinar UVB semakin kecil pula resiko terkena serangan kanker kulit melanoma.Tetapi tetap berhati-hati, sebaiknya jangan berlebihan terkena sinar matahari. Terlalu lama terpapar sinar matahari dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit.
  3. Sinar matahari dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh, karena ketika terpapar sinar matahari, tubuh menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang membantu menangkal infeksi dan berbagai penyakit akibat bakteri, jamur, dan virus. Saat kulit terkena sinar matahari, terjadi penambahan sel darah putih, terutama limfosit, yang digunakan untuk menyerang penyakit. Secara tidak langsung antibodi-pun akan ikut meningkat. Kondisi ini akan bertahan hingga 3 minggu. Menurut penelitian, 10 menit di bawah matahari satu dua kali seminggu dapat mengurangi resiko terkena flu hingga 30-40%.
Baca Juga  Atasi Nyeri Haid dengan 5 Hal ini!

Meskipun memiliki berbagai macam manfaat bagi tubuh, namun para ahli mengingatkan bahwa paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan mata, melanoma, dan kanker kulit. Jadi pastikan memilih waktu yang tepat untuk mendapatkan paparan sinar matahari. Mulai dari sekarang cobalah untuk meluangkan waktu sebentar untuk dapat merasakan hangatnya sinar matahari pagi yang tentunya memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan kita. Itulah manfaat sinar matahari bagi kesehatan yang perlu anda ketahui, semoga bermanfaat.

author
Hai, saya icha dari sanggau. Saya seorang blogger pemula yang masih perlu banyak belajar karena yang membuat saya terus berkembang adalah tujuan-tujuan hidup saya. Semoga apa yang saya posting bisa bermanfaat bagi pembaca

Leave a reply "Keistimewaan Sinar Matahari bagi Kesehatan"