Manfaat Pelukan Untuk Kesehatan

No comment 262 views

Manfaat Pelukan Untuk Kesehatan - Pelukan bisa menjadi  sebuah terapi yang ampuh untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit.sebuah Penelitian mengatakan bahwasannya memeluk dan juga tertawa sangat efektif dalam menyembuhkan depresi, kecemasan, dan salah satu tips menghilangkan stress dan beberapa penyakit yang erat kaitannya dengan stres.

manfaat pelukan

Manfaat pelukan untuk kesehatan sumber dari www.sahoobi.com

Para ahli jiwa menyarankan setidaknya delapan pelukan sehari untuk lebih bahagia dan menikmati hubungan yang lebih baik. Sedangkan terapis keluarga Virginia Satir menyatakan bahwa kita membutuhkan 4 pelukan untuk bertahan hidup, 8 pelukan untuk kesehatan dan 12 pelukan untuk pertumbuhan.

Meskipun ungkapan tersebut benar-benar terbukti  dan belum didukung oleh fakta-fakta rinci yang jelas, namun tak perlu anda ragukan lagi bahwasannya sebuah  pelukan memang sangat diperlukan manusia. Pelukan juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan yang sudah terbukti secara ilmiah.berikut beberapa manfaat dari sebuah pelukan sekaligus alasan mengapa Anda membutuhkan pelukan setiap harinya.

1.Membuat lebih tenang dan sabar

Pelukan menjadi salah satu cara manusia untuk menunjukkan betapa mereka saling menyayangi antara satu sama lain.Hubungan dan koneksi antara satu sama lain membuat mereka saling menghargai satu sama lain.pada zaman sekarang semuanya serba instan, cepat, dan sibuk, orang orang  secara konstan dan terburu-buru dalam mengerjakan beberapa pekerjaan. Pelukan bisa membuat seseorang jauh lebih tenang dan tak lagi terburu-buru dengan waktu sepanjang hari. Mereka akan lebih sabar dan menghargai hal-hal yang terjadi di sekitar mereka.

2.Produksi dopamine

Dopamin berguna memberikan rasa bahagia pada seseorang, sekaligus memberikansedikit motivasi. Pelukan juga dapat memancing aliran dopamin yang ada  didalam tubuh sehingga sesorang akan merasa lebih bahagia, termotivasi, dan jauh dari depresi.Semua hal yang dilakukan oleh manusia dapat berpengaruh terhadap aliran dopamin pada tubuh. sehingga Dopamin yang rendah dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan seperti penyakit Parkinson atau depresi.

Baca Juga  Jenis Benjolan Kanker Payudara

3.Pelepasan hormon oksitosin

berpelukan sebenarnya membawa banyak manfaat. Salah satunya dapat menurunkan tekanan darah. Saat hormon oksitosin meningkat, hormon kortisol atau hormon stres menurun sehingga tekanan darah juga menurun.

4.Menekan Level Stres

Penelitian lain yang dilakukan oleh University of Miami’s Touch Research Institute menjelaskan bahwa sebuah pelukan mempunyai manfaat medis yakni bisa mengurangi rasa sakit pada bagian kepala.Seorang pelatih management stress dan terapis Holistic yakni Chaterine A. Connors memaparkan bahwa dengan adanya kontak fisik dengan orang lain dapat mengurangi level stress.

5.Meningkatkan Kekebalan Tubuh

“Tekanan lembut pada bagian tulang dada dan dengan adanya peningkatan emosi mampu mengaktifkan Dolar Plexus Chakra. Hormon ini akan merangsang kelenjar timus yang mengatur dan menyeimbangkan produksi sel darah putih dalam tubuh anda. Sebagaimana dikutip dari mindbodygreen.com menyebutkan bahwa dengan pelukan akan meningkatkan system kekebalan tubuh.  Sehingga anda pun akan tetap bugar dan bebas dari penyakit.” Jelasnya.

6.Keseimbangan sistem saraf

Pelukan juga berguna untuk menyeimbangkan sistem saraf. karena Kulit mengandung jaringan yang bisa merasakan sentuhan dan berkaitan langsung dengan otak kita melalui saraf vagus. Respon yang terjadi pada tubuh saat seseorang mendapatkan pelukan dapat membuat sistem saraf parasimpatik menjadi seimbang dan berfungsi dengan baik.

Nah, itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan seseorang dari berpelukan. ternyata, hal sederhana seperti berpelukan dengan orang yang Anda sayangi,termasuk dengan hewan kesayangan anda jugabisa memberikan banyak keuntungan untuk tubuh. untuk anda yang jomblo pelukan tak hanya bisa dilakukan bersama pasangan ya,bisa juga dilakukan dengan hewan kesayangan Anda.

author

Leave a reply "Manfaat Pelukan Untuk Kesehatan"