Manfaat Marah Bagi Kesehatan

No comment 308 views

Apa Saja Manfaat Marah Bagi Kesehatan - Marah bisa diartikan sebagai  suatu bentuk komunikasi. Karena ada kalanya ketika kita marah maksud yang kita sampaikan baru dimengerti oleh orang lain. Penyampaian marah sangat beragam bergantung pada kondisi sosial dan lingkungan yang dapat membuat marah menjadi beragam. Di Jepang, orang sering diam saat marah karena memang orang-orang Jepang tidak terbiasa mengekspresikan perasaannya. Sangat berbeda dengan Suku Batak yang lebih berterus terang mengungkapkan perasaannya apabila sedang marah.

Manfaat marah bagi kesehatan

Manfaat Marah Bagi Kesehatan sumber gambar dari www.infoyunik.com

Menurut Charles Spielberger, seorang ahli psikologi yang memiliki 3 spesialisasi studi tentang marah. Marah adalah suatu keadaan perilaku yang normal dan sehat yakni sebagai salah satu bentuk ekspresi emosi manusia. Seperti bentuk emosi lainnya, marah juga diikuti dengan perubahan baik itu secara psikologis maupun biologis. Ketika Anda marah, denyut nadi dan tekanan darah meningkat pesat, demikian halnya dengan hormon, adrenalin dan noradrenalin. Sedangkan Mark Gorkin, seorang konsultan pencegahan stres dan kekerasan membagi kategori marah menjadi empat hal yaitu marah yang disengaja, marah yg dilakukan secara tiba-tiba, marah yang disertai ancaman terhadap orang lain dan marah yang ditumpahkan tanpa rasa bersalah.

Rasa amarah yang terkadang timbul dalam diri seseorang bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Marah bisa timbul karena sakit hati, rasa cemburu, kekecewaan, stres, darah tinggi dan masih banyak lagi penyebab-penyebab lainnya. Meski sebagian orang menganggap melampiaskan amarah dapat menimbulkan masalah yang lebih besar lagi, namun disisi lain ternyata yang belum banyak orang ketahui bahwa marah juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Namun yang perlu dan harus diperhatikan adalah kontrol emosi bagaimana cara mengendalikan rasa amarah, marah bukan lah dalam bentuk main fisik, mengamuk tidak jelas atapun mengeluarkan kata-kata kasar. Anger management atau tata kelola marah sangat berguna agar ekspresi dan tingkat  kemarahan tidak mencapai titik didih yang berlebihan serta masih dalam porsi semestinya.

Baca Juga  Mengatasi Pendarahan Selama Kehamilan

Meskipun mungkin tidak semua orang dapat mengontrol rasa marah bahkan cukup sulit bagi beberapa orang, namun penyampaian kemarahan dalam porsi yang wajar dan terkendali ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan . Berikut diantara beberapa manfaat marah bagi kesehatan :

       1. Marah menjadi sumber energi pendorong dalam menyelesaikan masalah

Apabila seseorang membicarakan suatu hal yang disertai dengan  rasa emosi yang di ujung tanduk, tidak menutup kemungkinan akan membuat orang tersebut termotivasi untuk mengungkapkan semua yang menjadi beban di kepalanya. Inilah yang menyebabkan kemarahan bisa menjadi energi positif untuk memecahkan atau menyelesaikan sebuah masalah.

       2. Seseorang Lebih Optimis

Meskipun hal ini agak aneh, namun kemarahan ternyata bisa membuat seseorang lebih optimis. Apabila dibandingkan dengan orang yang malah sering menahan rasa emosinya akan membuat seseorang menderita karenanya. Orang yang mampu mengungkapkan  kemarahannya biasanya cenderung akan lebih optimis dalam menjajalani kehidupannya.

      3. Menyelamatkan Hubungan cinta, pertemanan dan kekeluarga
Dalam kaitannya dengan hubungan cinta, pertemanan dan kekeluargaan, seseorang yang menahan kemarahan dan kekecewaan dalam berhubungan ini biasanya cenderung merugikan diri sendiri dan hubungan yang sedang dijalaninya. Namun apabila orang yang sering meluapkan kemarahannya dan lebih terbuka untuk mengungkapkan kekecewaannya, bila dikelola dengan baik maka kemarahan ini ternyata malahan dapat menjadi penyelamat hubungan cinta, pertemanan maupun kekeluargaan.

      4. Mengurangi Kekerasan

Kemaraha biasanya cenderung diisi dengan kekerasan fisik, namun bila kemarahan yang terjadi hanya sebatas kata-kata justru bisa menyelamatkan seseorang dari hantaman kekerasan fisik. Kekerasan fisik ini biasanya sering terjadi karena rasa kesal yang tertumpuk lama dan akhirnya berpuncak pada kekerasan. Namun jika rasa kesal tersebut diungkapkan dengan kata-kata maka dapat mencegah kekerasan dapat terjadi.

Baca Juga  Makanan Sehat Untuk Diet Secara Efektif

Meskipun banyak manfaat yang didapat dari kemarahan, namun jangan sampai kemarahan Anda dapat  merugikan diri sendiri dan orang lain. Anda harus mampu mengelola amarah dengan tepat dan berhati-hatilah ketika mengungkapkan kemarahan karena marah menjadi bermanfaat hanya ketika Anda bisa mengontrolnya dengan baik dan pada tempatnya.

author
Hai, saya icha dari sanggau. Saya seorang blogger pemula yang masih perlu banyak belajar karena yang membuat saya terus berkembang adalah tujuan-tujuan hidup saya. Semoga apa yang saya posting bisa bermanfaat bagi pembaca

Leave a reply "Manfaat Marah Bagi Kesehatan"