Makanan Sehat Saat Idul Fitri

No comment 313 views

makanan sehat idul fitriMakanan Sehat Saat Idul Fitri

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin baru saja mengumumkan bahwa idul fitri tahun ini jatuh pada hari rabu tanggal 6 juli 2016. Puasa bentar lagi kita tinggalkan dan kembali ke fitrah pada idul fitri 1437 H. Semoga amal ibadah puasa kita diterima oleh Allah swt.
Setelah satu bulan menahan diri tidak makan dan tidak minum dengan berpuasa, saatnya kita kembali seperti biasa pada pola makan yang teratur. Namun bukan berarti setelah lepas puasa, lalu kita akan balas dendam dengan makan semua yang menarik minat dan bakat perut. Apalagi dalam momen lebaran saat kumpul bersama keluarga maka ga akan lepas dari makan bersama keluarga. Namun kita juga perlu menjaga perut kita terutama untuk yang mengidap penyakit tertentu misalnya untuk anda yang punya masalah pada kolesterol atau darah tinggi. Berikut kami sampaikan tips makanan sehat saat lebaran idul fitri :
1.    Hindari terlalu banyak makan makanan bersantan dan berlemak.
Disetiap lebaran sudah pasti bakalan bertaburan makanan mengandung santan dan daging berlemak. Terlalu banyak menyantap makanan dengan kadar santan tinggi dan banyak lemak dapat meningkatkan kadar kolesterol. Tentunya tidak etis jika disaat silaturahmi kerumah keluarga namun kepala nyut"an karena kolesterol bertingkah. Untuk mengakalinya, santan dapat diganti dengan susu tanpa lemak. Imbangi juga dengan makan buah-buahan. Air dan serat memiliki peran penting bagi tubuh. Keduanya berfungsi untuk melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol, dan membantu menurunkan berat badan.
 
3.    Makanlah secukupnya
Setelah satu bulan menahan haus lapar, terkadang disaat lebaran kita jadi makan sesuka hati. Atur dan kontrol lah diri saat menyantap hidangan lebaran. Cukupkan dan tahan nafsu makan disaat perut sudah terisi penuh alias kenyang. Perbanyak makan sayuran dan jauhi makanan berlemak.
 
4.    Kurangi minuman bersoda dan gula.
Jaga dan batasi makanan dan minuman mengandung soda dan gula karena akan banyak menimbun kalori. Minuman soda atau sirup banyak yang memakai pemanis buatan.
5.    Perbanyak minum air putih
Air berperan penting bagi tubuh kita. Air memiliki fungsi untuk melancarkan pencernaan, membantu menurunkan berat badan dan menurunkan kolesterol. Kebutuhan air yang memadai pada tubuh dapat membuat tubuh kita terhindar dari dehidrasi dan kulit jadi lebih segar dan lembab.
Demikianlah 5 tips makanan sehat saat idul fitri. Semoga bermanfaat. Selamat Idul Fitri 1437 H. Mohon Maaf Lahir dan Batin
 
Baca Juga  Keistimewaan Sinar Matahari bagi Kesehatan
author

Leave a reply "Makanan Sehat Saat Idul Fitri"