Makanan Pemicu Asam Urat

No comment 267 views

# Makanan Pemicu Asam Urat Ini Harus Di Hindari Agar Hidup Selalu Sehat

Asam urat atau lebih dikenal dengan penyakit rematik merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat khususnya bagi mereka yang sudah berusia lanjut. Faktor utama munculnya penyakit satu ini dikarenakan adanya persendian yang membengkak yang menimbulkan rasa ngilu ketika bagian tersebut digerakkan.

Makanan Pemicu Asam Urat

Tak hanya itu saja, penyebab lain dari penyakit asam urat ini di sebabkan oleh adanya mengkonsumsi zat purin secara berlebihan. Setiap orang sudah mempunyai zat purin pada tubuhnya. Namun, zat purin yang terkandung tersebut berbeda pada setiap orang. Jika seseorang mempunyai kadar asam urat yang berlebih dalam tubuhnya maka ginjal tidak dapat sepenuhnya mengeluarkan zat tersebut.

Akibatnya, Kristal asam urat yang tidak mampu dikeluarkan tersebut menumpuk pada persendian sehingga menimbulkan rasa nyeri, meradang dan bengkak. Dan jika dibiarkan terlalu lama atau tidak mendapatkan penanganan medis  segera maka dapat memicu adanya penyakit yang lebih berbahaya seperti diabetes. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengobati gejala asam urat tersebut sehingga penyakit yang lebih parah tidak mengintai anda.

Untuk anda para penderita asam urat, langkah awal untuk mengurangi gejala penyakit tersebut yaitu dengan menghindari beberapa makanan pemicu asam urat. Makanan-makanan di bawah ini memiliki kandungan purin yang sangat tinggi sehingga dapat memperparah asam urat yang anda alami.

  • Makanan Laut

Makanan pemicu asam urat yang pertama yaitu anda harus menghindari berbagai makanan laut beserta olahannya. Beberapa seafood yang harus anda hindari tersebut antara lain sarden, ikan salmon, cumi-cumi, sotong dan ikan teri. Tak hanya makanan dalam jenis tersebut saja, hewan laut bercangkang seperti kepiting, kerang, udang lobster juga harus anda hindari agar tidak menimbulkan hal-hal yang bisa memperparah asam urat anda. Jika anda gemar mengkonsumsi jenis makanan tersebut, mulai sekarang anda  harus bisa mengurangi porsi yang anda konsumsi.

  • Jeroan

Makanan yang satu ini di ambil dari berbagai organ tubuh hewan seperti otak, limpa, hati, ampela, lidah, paru-paru dan usus. Makanan-makanan tersebut memang sangat lezat sehingga banyak orang yang menyukai olahan makanan yang terbuat dari jeroan tersebut.

Baca Juga  Pengobatan Kanker Payudara Dini

Tak hanya lezat, sebenarnya jeroan seperti ati sapi maupun ati ayam mempunyai kandungan protein, zat besi dan B12. Namun sayangnya ati juga mempunyai kandungan purin yang cukup tinggi sehingga termasuk dalam makanan pemicu asam urat yang harus dihindari.

  • Daging

Tak hanya ati yang mempunyai kadar purin yang tinggi, ternyata daging merah yang berasal dari hewan berkaki empat seperti sapi, domba dan kambing perlu anda hindari karena merupakan salah satu makanan pemicu asam urat.  Jika anda mengkonsumsinya masih dalam batas wajar tentu tidak jadi masalah. Apabila anda mengkonsumsinya terlalu sering makan akan memicu tekanan darah tinggi.

Tak hanya daging merah saja yang harus anda kurangi untuk konsumsi. Beberapa daging putih yang berasal dari unggas seperti ayam, angsa, bebek dan kalkun juga harus dikonsumsi dalam batas sewajarnya saja.

  • Alkohol

Sebenarnya jenis minuman ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena mempunyai kandungan yang dapat merusak berbagai fungsi organ penting. Selain dapat memabukan ternyata minuman beralkohol juga mengandung purin yang cukup tinggi. Tak hanya minuman jenis alkohol saja yang harus dihindari, minuman yang terbuat dari ragi jamur jenis Saccharomcyes cerevisiase ini juga dapat memicu peradangan pada penderita asam urat. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk menghindari minuman yang satu ini jika gejalas asam urat yang diderita tidak ingin bertambah parah.

  • Makanan Olahan

Jika anda sering mengkonsumsi makanan olahan seperti dendeng, abon dan kornet, maka mulai sekarang ini anda harus bisa meninggalkan kebiasaan tersebut. Pasalnya  jenis makanan yang satu ini juga termasuk dalam makanan pemicu asam urat yang mengandung purin cukup tinggi.

  • Kacang-kacangan

Memang makanan jenis kacang-kacangan merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk dikonsumsi. Namun ternyata, kacang-kacangan seperti melinjo, kacang tanah, tauge dan kacang hijau mempunyai kandungan purin yang memicu sakit asam urat anda. Jika anda sering merasakan sakit pada bagian persendian, ada baiknya anda tidak dulu mengkonsumsi makanan pemicu asam urat tersebut.

Baca Juga  Makanan Terbaik Atasi Sembelit

 

Itulah sebagian makanan yang harus dihindari agar hidup selalu sehat. Anda tidak dilarang untuk mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, hanya saja perlu dikontrol agar tidak berlebihan. Semoga bermanfaat dan salam sehat!

author

Leave a reply "Makanan Pemicu Asam Urat"