Makanan Mengandung Kalium Dapat Menstabilkan Denyut Jantung

No comment 566 views


Makanan Mengandung KaliumMakanan Mengandung Kalium Dapat Menstabilkan Denyut Jantung

Anda pernah mengalami nyeri di bagian dada dan hal itu terjadi beberapa kali. Rasa nyeri juga terkadang muncul selepas anda melakukan aktivitas yang berat. Ditambah lagi lengan bagian kiri ikut terasa pegal dalam beberapa waktu. Mungkin ini adalah gejala dari kelainan jantung. Tapi tidak perlu khawatir biasanya kejadian ini berawal dari kurangnya konsumsi seseorang terhadap makanan yang mengandung Kalium.

Kalium merupakan mineral yang memiliki peran penting bagi tubuh kita, di mana dia berfungsi untuk mengirimkan sinyal listrik ke semua aliran tubuh.  Sinyal listrik inilah yang akan membantu kinerja organ tubuh kita. Oleh karena itu, keberadaan mineral ini juga berpengaruh terhadap kestabilan dari jantung anda. Jika kekurangan kalium, maka sinyal listrik berhenti yang secara khusus membuat denyut jantung kian melemah kemudian dapat berhenti secara mendadak. Penderita jantung sangat disarankan untuk mengkonsumsi kandungan kalium ini.

Terlepas dari penderita penyakit jantung atau setidaknya orang yang telah mengalami gejala sakit jantung, ada baiknya Anda berjaga-jaga dengan rutin menyantap makanan yang mengandung kalium. Beberapa di antaranya berada di sekitar kita dan dapat dibeli dengan harga yang relatif terjangkau.

  1. Buah-buahan5 Jenis Buah-buahan Berikut Ini Baik Dikonsumsi Penderita Jantung Koroner

Alpukat, kurma, markisa, pir, kiwi, semangka merupakan buah yang memiliki kalium dengan harga cukup mahal. Tetapi jangan khawatir buah dengan harga lebih terjangkau seperti sukun, jambu merah, srikaya, pisang, pepaya, mangga juga diklaim mempunyai khasiat yang sama. Konsumsi buah yang disarankan adalah minimal 100gr per hari. JIka ingin memakan lebih dari yang disarankan untuk tetap rutin (tidak boleh sehari makan buah sangat banyak, lalu sebulan kemudian baru memakan buah tersebut).

  1. Sayur mayursayur-sayuran
Baca Juga  Kebanyakan Garam Memicu Penyakit Jantung

Pada umumnya harga sayur lebih terjangkau dari buah meskipun mineral yang dikandung tidak kalah baiknya dari buah. Hanya saja ada dua hal yang perlu menjadi catatan dalam sayur: Pertama, tidak semua orang suka sayur. Kedua, harus memperhatikan dalam memasak sayur, di mana sayur tidak boleh dimasak terlalu lama atau akan mengurangi kadar mineral yang terkandung di dalamnya. Kentang, rebung, buncis, talas, ubi jalar, labu kuning, seledri, lobak, dan sawi termasuk sayuran yang mengandung kalium.

  1. Makanan dari Hasil HewaniMakanan Dari Hewani

Kedua poin di atas merupakan makanan yang berasal dari kekayaan nabati. Untungnya ada jawaban bagi anda yang lebih suka menikmati hidangan hewani. Bahan makanan dari hewan juga memiliki kandungan kalium yang cukup banyak. Ikan lele, telur, ikan tuna, susu, dan ikan sarden adalah beberapa di antaranya. Kesehatan bukan hanya milik orang kaya. Tetapi kesehatan adalah milik orang yang mau mengatur pola hidupnya dengan mengkonsumsi makanan yang membantu kesehatan jantung. Salah satunya dengan konsumsi makanan yang mengandung kalium. Mari mulai jaga jantung kita sehat dari sekarang.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai Makanan Mengandung Kalium, serta manfaatnya bagi tubuh. Semoga dapat bermanfaat, salam sehat!

author

Leave a reply "Makanan Mengandung Kalium Dapat Menstabilkan Denyut Jantung"