Kurang Tidur Tingkatkan Resiko Stroke

No comment 504 views

Kurang Tidur Tingkatkan Resiko Stroke# Terlalu Lama Tidur atau Kurang Tidur Tingkatkan Resiko Stroke

Stroke adalah penyakit yang sangat melekat pada penderita hipertensi atau penyakit darah tinggi. Sedangkan orang yang punya tekanan darah normal sedikit diacuhkan dari resiko terkena penyakit stroke. Resiko ini dapat tumbuh dan berkembang berkali-lipat mengacu pada kebiasaan atau pola gaya hidup yang kita lakukan sehari-hari. Selain asupan makanan dan olahraga, durasi atau waktu tidur juga punya kaitan erat dengan resiko terkena penyakit stroke.

Durasi atau jam tidur normal adalah antara tujuh sampai delapan jam dimalam hari. Waktu tidur yang terbatas kurang dari lima jam sehari dapat meningkatkan resiko terkena stroke hingga mencapai 83%. Sebaliknya tidur yang terlalu lama diatas delapan jam akan meningkat resiko terkena stroke sebesar 74%. Dapat dilihat perbandingannya bahwa ternyata kebanyakan tidur memiliki resiko terkena stroke yang sedikit lebih rendah dibandingkan mereka yang tidur dibawah lima jam sehari. Orang dengan hipertensi memiliki resiko stroke rendah adalah mereka yang tidur secara normal, yaitu tujuh samapai delapan jam. Besar risikonya adalah lima persen. Kualitas tidur yang sehat dan baik tentu dapat menjaga kesehatan tubuh kita.

"Begadang jangan begadang kalau tiada artinya". Ya begadang akan membuat kualitas tidur menurun sehinga metabolisme tubuh dapat terganggu dan hormon stres kortisol akan mengalami kegemukan. Muaranya tentu akan dapat meningkatkan tekanan darah. Kebalikannya tidur yang terlalu lama berkaitan erat dengan pelepasan senyawa penyebab peradangan di dalam tubuh. Akibat yang paling utama tentu akan tumbuh dan berkembangnya rasa malas. Namun yang utama harus ditekankan bahwa kualitas tidur mempengaruhi pada kesehatan dan resiko terkena stroke. Jelas bahwa terlalu banyak tidur atau kurang tidur keduanya dapat meningkatkan resiko terkena penyakit stroke. Tidur yang cukup dengan kualitas yang baik adalah obat alami untuk menjauhkan dari resiko terkena stroke.

Baca Juga  Dampak Kurang Tidur Bagi Tubuh

Untuk yang memiliki tekanan darah normal, durasi tidur yang melebihi delapan jam, resiko terkena stroke mencapai 14%. Sedangkan yang tidur kurang dari lima jam, memiliki resiko sebesar 11%. Kemudian yang tidur antara lima sampai enam jam setiap malam memiliki resiko sebesar enam persen.  Dapat dilihat bahwa perbandingan  persentase pada penderita hipertensi jauh diatas dari individu yang memiliki tekanan darah normal.

Terlalu banyak mengonsumsi obat pengontrol tekanan darah malah akan berakibat pada kematian dini, serangan jantung, dan penyakit stroke. Berikut adalah tips kesehatan yang harus didahulukan pada orang yang menderita hipertensi adalah :

  • Rubahlah gaya hidup menjadi lebih sehat
  • Kurangi konsumsi garam yang berlebihan
  • Menurunkan berat badan
  • Kurangi bahkan hindari konsumsi alkohol
  • Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan
  • Banyak berolahraga.

Waktu tidur normal yang sangat dianjurkan adalah tujuh setengah jam di malam hari. Sekali lagi jelas bahwa kualitas tidur sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Kurang tentu tidak enak, namun berlebihan juga tidak baik. Jadi tidur yang sedang dan pas adalah keharusan. Aturlah dan jadwalkan waktu tidur dan bangun agar terkontrol dan menghasilkan kualitas tidur yang sehat.

Intinya menjaga kualitas tidur sangat penting untuk menjaga kualitas hidup secara keseluruhan.

author

Leave a reply "Kurang Tidur Tingkatkan Resiko Stroke"