Keuntungan dari Tidur Singkat (Power Nap)

No comment 303 views

#Keuntungan dari  Tidur Singkat (Power Nap)

Tidur Singkat (Power Nap)

Keuntungan dari Tidur Singkat (Power Nap) bersumber dari www.jurnalcowok.com

Untuk mengembalikan stamina yang kita miliki seperti sedia kala yaitu dengan Tidur. Tidur adalah kegiatan rutin yang di lakukan oleh setiap orang untuk mengistirahat pikiran dan tenaga yang mereka miliki. Sehingga setelah bangun tidur, stamina yang dimiliki akan pulih seperti sedia kala. Tidur singkat (power nap) adalah tidur dalam waktu singkat dengan memutus tidur sebelum masuk ke dalam fase tidur lelap atau Slow-wave sleep (SWS) yang bertujuan untuk memulihkan kesegaran (revitalisasi) tubuh dalam waktu singkat.Istilah ini diperkenalkan oleh James Maas seorang Psikolog sosial dari CornelUniversity.

Tidur singkat (power nap) di Indonesia mungkin bisa dikatakan tidur siang, akan tetapi tidur siang singkat dilakukan yang umumnya hanya selama dua puluh menit. Tidur siang singkat ini dilakukan di sela-sela kegiatan agar otak dan tubuh bisa beristirahat sambil mengisi ulang energi. Sehingga saat bangun kita merasa lebih segar,semangat, dan maksimal dalam beraktivitas selanjutnya.Tidur siang banyak sekali manfaatnya buat otak dan tubuh, terlepas dari berapa pun umur kita. Untungnya, tidur siang yang baik itu ternyata enggak harus berjam-jam. Justru lebih efektif melakukan tidur singkat (power nap). Berikut beberapa keuntungan yang didapatkan dari tidur singkat (power nap) :

Mengurangi stress yang di alami

Stres yang melanda bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti jam kerja yang terlalu panjang, tugas yang menumpuk,pekerjaan yang tidak sesuai dengan gairah kita, hingga lingkungan sekitar juga bisa menimbulkan stress.  Tidur singakat (power nap) membawa relaksasi bagi tubuh dan otak sehinga mengurangi tekanan yang dirasakan dan cukup memberikan refreshing di saat anda sedang menjalani rutinitas sehari-hari. Rutin melakukan power nap bisa menurunkan hormon stres dalam tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hormon stress secara dramatis akan mengalami penurunan setelah anda melakukan tidur siang singkat.

Baca Juga  Cara Mengatasi Obesitas Pada Anak

Membuat mood menjadi lebih baik

Ini adalah keuntungan fisik serta emisional yang besar dari tidur singkat (power nap). Kurang tidur atau kelelahan membuat kita jadi sensitif, gampang marah atau tersinggung. Tidur singkat (power nap) membantu tubuh mengumpulkan energi positif  sehingga perasaan jadi lebih tenang dan ceria karena kesegaran tubuh juga meningkatkan suasana hati kita.

Dapat menyehatkan jantung

Tidur siang (power nap) memberikan keuntungan bagi kesehatan jantung anda. Tidur siang ternyat mampu mencegah penyakit jantung. Jika anda melakukan tidur siang singkat selama 20 menit setiap hari akan mengurangi resiko penyakit jantung serta stroke. Sebuah penelitan yang dilakukan oleh orang Yunani menemukan bahwa orang yang setidaknya tidur siang selama 20 menit selama 3 kali sehari dalam waktu seminggu mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler sebesar 37 persen. berdasarkan penelitan tersebut, tidur siang yang sehat yaitu antara pukul 1-3 siang selama tak lebih dari 45 menit. Karena jika lebih dari waktu tersebut akan menyebabkan kepala berat ketika anda terbangun.

Meningkatkan produktivitas kerja

Dengan peningkatan fokus dan konsentrasi tidur singkat ternyata mampu meningkatkan produktivitas kerja anda. Setelah bangun segar dari tidur , anda menangani tugas-tugas dengan pikiran yang segar mebuat lebih mudah menyelesaikan pekerjaan, sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja. Oleh karena itulah, bagi anda yang sering mengalami kecapekan tenaga dan pikiran setelah bekerja di sarankan untuk tidur singkat (power nap) agar produktivitas kerja anda meningkat.

Demikianlah ulasan yang mengulas tentang keuntungan tidur siangkat (power nap). Kekuatan tidur singkat baik untuk kesehatan secara keseluruhan dan meningkatkan kualitas hidup dalam jangka panjang. Jadikan tidur singkat (power nap)  bagian dari rutinitas anda setiap hari sehingga anda dapat  merasakan keuntungan dari tidur siangkat (power nap).

author
Hai, saya icha dari sanggau. Saya seorang blogger pemula yang masih perlu banyak belajar karena yang membuat saya terus berkembang adalah tujuan-tujuan hidup saya. Semoga apa yang saya posting bisa bermanfaat bagi pembaca

Leave a reply "Keuntungan dari Tidur Singkat (Power Nap)"