Kesehatan Reproduksi Pria dan Wanita

No comment 2672 views

Kesehatan Reproduksi Pria

# Kesehatan Reproduksi Pria dan Wanita

Kesehatan Reproduksi Pria dan wanita merupakan salah satu kunci utama dalam keberlangsungan hidup seseorang di dunia ini, misalnya saja dalam upaya meneruskan generasi penerus mereka yang semakin hari semakin bertambah . Jika sejak kecil / remaja saja sudah tidak bisa merawat kesehatan alat reproduksinya bagaimana hendak meneruskan keturunan, jika hal tersebut tidak di lakuka dengan kesadaran penuh sejak usia anda dini, maka beberapa penyakit yang dapat menyerang alat reproduksi anda akan anda alami, seperti pada wanita ;

  • Kanker Serviks, kanker ini sudah tak asing lagi kita dengar. Penyebab kematian nomor satu pada wanita ini kerap kali karena kurangnya kebersihan pada sekitar alat vital, seperti membilas vagina dari arah anus terlebih dahulu, hal ini salah untuk dilakukan, karena bakteri yang ada di daerah anus akan masuk ke liang vagina dan bersarang disana . Kemudian, pada saat selesai membuang air kecil, langsung mengenakan celana dalam dengan kondisi masih basah, hal ini juga akan membuat jamur cepat tumbuh di sekitar vagina anda .

Kesehatan Reproduksi Wanita

Tidak hanya pada wanita, penyakit yang menyerang alat reproduksi pun dapat terjadi di kalangan pri, seperti misalnya kanker prostat dan kanker testis. Hal – hal seperti itulah yang menjadi ketakutan tersendiri bagi para pria, sebab jika mengalami penyakit tersebut maka pria tidak akan bisa menghasilkan sperma dengan kualitas baik untuk membuahi sel telur wanitanya . Dalam menjaga Kesehatan Reproduksi, pria di sarankan untuk bisa mengontrol berat badan mereka, karena apabila berat badan pria sudah lebih dari  batas akan menggangu pertumbuhan atau perkembangan hormon testosteron yang berguna sebagai dungsi seksual pria .

Lebih baik mencegah daripada mengobati, sepertinya kata – kata seperti itulah yang memang berlaku untuk disarankan pada masa sekarang ini, dimana masa yang di geluti remaja bahkan dewasa dengan pola hidup dan gaya hidup tidak teratur, mengikuti perkembangan jaman yang semakin hari semakin berubah era nya .Beberapa cara untuk mencegah dan menjaga Kesehatan Reproduksi wanita dan pria berikut ;

  • Mengganti pakaian dalam sebanyak minimal 2kali dalam satu hari, hal ini guna mencegah terjadinya kelembaban yang akan menimbulkan jamur tumbuh cepat .
  • Menyediakan tissue, penyediaan tissue untuk membasuh atau mengelap vagina setelah membuang air kencing sangat perlu anda lakukan, karena apabila mengandalkan dari tissue toilet saja, besar kemungkinan tisuue tersebut tercemar oleh kuman dan bakteri yang akhirnya menyebabkan infeksi karena waktu dari tersedianya tissue ersebut yang sudah lama .
  • Menggunakan celana dalam berbahan katun, pemilihan bahan bagi pakaian dalam juga harus diperhatikan apakah menyerap atau tidak, sesuai dengan ukuran atau tidak, jangan sampai anda menggunakan pakaian dalam yang ketat kemudian tidak berbahan katun, hal ini dapat menyebabkan jamur bertumbuh subur pada area tersebut .
  • Jangan melakukan hubungan seks di luar nikah, apalagi jika melakukan hubungan seks pada saat menstruasi , karena pada saat itulah anda bisa terserang penyakit kelamin ( HIV ) yang disebabkan luka oleh dinding rahim yang lebih halus dari biasanya .
  • Untuk pria, hindari merokok. Meski terlihat sangat sulit untuk dilakukan bagi mereka yang sudah terlanjur merokok, perlu adanya kesadaran bahwa merokok akan merusak kualitas sprema yang akan membuahi sel telur wanita , selain itu juga merokok dapat mempercepat kinerj penyakit reproduksi tersebut semakin berkembang, untuk itu lakukanlah h=pola hidup sehat dengan mengkonsumsi sayur dan buah setiap harinya, mengkonsumsi air putih lebih banyak dari baisanya dan menghindari pergaulan yang sifatnya dapat merusak kesehatan anda dan kesehatan reproduksi anda .
Baca Juga  Tips Sehat Penting Untuk Wanita

Bukankah memiliki Kesehatan Reproduksi adalah hal yang menajdi dambaan bagi setiap orang, nah untuk itu kenali diri anda , banyak membaca dan mencari mengenai detail penyakit reproduksi,, cara mencegahnya , jangan sampai terlambat dan anda menyesal di kemudian hari. Be smart guys .

Incoming search terms:

author

Leave a reply "Kesehatan Reproduksi Pria dan Wanita"