Kesehatan Lingkungan

No comment 532 views

kesehatan lingkungan

Tentang Kesehatan Lingkungan

Kesehatan merupakan salah satu anugerah yang tidak ternilai harganya, yang diberikan oleh sang pencipta kepada para hamba-Nya. Dengan nikmat yang telah diberikan ini sebaiknya kita selalu berusaha menjaga kesehatan kita. Tetapi terkadang kita semua sering lupa dengan nikmat yang Tuhan berikan tersebut, hingga pada saat kita sakit baru kita ingat akan nikmat yang telah diberikan Tuhan kepada kita.

Tubuh yang bugar dapat kita peroleh dengan olahraga yang teratur, konsumsi makanan yang tinggi gizi, hidup dilingkungan yang bersih, tidak merokok dan tidak mengkonsumsi minuman beralkohol. Lingkungan yang bersih dan sehat sering kita hiraukan karena disibukkan dengan pekerjaan dan lingkungan yang tidak bersih akan menimbulkan berbagai jenis penyakit. Salah satunya adalah DBD dan penyakit DBD merupakan penyakit berbahaya karena dapat menyebabkan kematian.

Mempunyai lingkunngan yang bersih dan sehat sangat penting dan harus dijaga bersama-sama agar terhindar dari sumber penyakit dan juga masyarakat harus mempunyai kepedulian tentang lingkungan yang bersih dan sehat. Tujuan Ruang Lingkup Kesehatan lingkungan dapat dibagi menjadi 2 yaitu, umum dan khusus.

Tujuan Ruang Lingkup Kesehatan Lingkungan secara UmumĀ  yaitu :

  • Melakukan koreksi terhadap segala ancaman kesehatan yang dapat mengancam manusia
  • Usaha pencegahan dengan mengatur lingkungan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan manusia
  • Bekerja sama antara masyarakat dengan pemerintah ataupun non pemerintah dengan yujuan menghadapi ancaman wabah penyakit dan menghadapi ancaman bencana alam.

Tujuan Ruang Lingkup Kesehatan secara Khusus yaitu :

  • Kebutuhan air bersih yang memenuhi persyaratan untuk dikonsumsi adalah salah satu hal yang sangat penting untuk kesejahteraan serta kesehatan manusia.
  • Memproduksi makanan ataupun minuman dalam jumlah bannyak dan memenuhi standar untuk dikonsumsi oleh masyarakat luas.
  • Perubahan ekosistem yang disebabkan oleh pencemaran udara dari sisa pembakaran batubara, kebakaran hutan, BBm, gas beracun dan laiinya yang berefek negative bagi kesehsatan masyarakat luas dan mengancam kesehatan makhluk hidup.
  • Rumah tangga, pabrik, rumahsakit, peternakan, industry, pertanian yang menghasilkan limbah baik cair maupun padat juga mempengaruhi kesehatan masyarakat sekitar.
  • Bagaimana cara mengontrol maupun memutus rantai penularan penyakit yang berkembang biak dari hewan disekitar rumah.
  • Masyarakat menginginkan bangunan rumah yang layak huni, jauh dari kebisingan, terhindar dari radiasi, dan kesehatan serta kesejahteraan kerja yang terjamin.
Baca Juga  Bahaya Akibat Kurang Serat yang Wajib Anda Ketahui

Artikel kesehatan ini bertujuan mengajak masyarakat untuk hidup lebih bersih dan menciptakan lingkungan yang sehat serta menjaga keseimbangan alam.

author

Leave a reply "Kesehatan Lingkungan"