Kenali Penyebab Gusi Bengkak Dan Cara Pengobatannya

No comment 298 views

Anda Mengalami Gusi Bengkak? Kenali Penyebab Gusi Bengkak Dan Cara Pengobatannya - Mulut merupakan salah satu organ yang paling penting karena menjadi tempat untuk menguyah makanan yang nantinya akan menjadi energi dan memenuhi segala nutrisi didalam tubuh. Untuk itu sangat wajib menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. Namun sering kali masih ada saja masalah yang mengganggu seperti gusi bengkak.

gusi-bengkak

Gusi Bengkak Sumber Gambar Dari http://manfaatnyasehat.com

Banyak sekali penyebab gusi bengkak yang menyerang anda. Gusi bengkak akan menimbulkan sakit yang sangat, bahkan membuat penderitanya tidak bisa makan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Apakah anda mengalami gusi bengkak? Cobalah cari tahu penyebab gusi bengkak dan cari tahu cara mengobatinya.

Berikut ini beberapa penyebab gusi bengkak yang harus anda ketahui:

  • Buruknya kebersihan mulut.

Salah satu penyebab gusi bengkak yang paling umum adalah buruknya kebersihan mulut. Buruknya kebersihan gigi dikarenakan anda tidak rajin menyikat gigi dan tidak peduli dengan kebersihan gigi anda. Penumpukan sisa-sisa makan di sela-sela gigi akan menjadi bakteri yang berkembang biak untuk membuat gusi bengkak.
Selain karena jarang sikat gigi, pemilihan sikat gigi yang tidak sesuai atau terlalu kasar akan membuat luka pada gusi dan membuatnya menjadi bengkak. Pilihlah sikat gigi yang memiliki bulu halus dan bisa menjangkau seluruh sela-sela gigi.

  • Kawat gigi/behel.

Penggunaan kawat gigi/ behel juga bisa menjadi penyebab gusi bengkak. Ini bisa terjadi karena behel yang digunakan dipasang terlalu kencang atau terlalu kuat digusi. Behel yang terlalu kuat dan kencang ini akan membuat iritasi terus menerus pada gusi anda. Jika didiamkan iritasi pada gusi ini akan menjadi peradangan dan pembengkakan pada gusi.

  • Makanan tidak sehat.
Baca Juga  Kebanyakan Garam Memicu Penyakit Jantung

Dizaman modern seperti ini banyak sekali makanan yang tidak sehat berkeliaran, makanan ini lah yang menjadi penyebab gusi bengkak. Makanan yang mengandung banyak kadar gula akan memberikan banyak masalah pada gusi dan gigi. Jika hal ini dibiarkan sangat berakibat fatal untuk kesehatan gusi dan gigi.
Alangkah lebih baik jika anda banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti apel, sayuran mentah dan juga buah-buahan. Makanan-makanan ini sangat efektif untuk membantu gusi menjadi lebih kuat.

  • Tubuh kekurangan vitamin.

Tubuh yang kekurangan pasokan vitamin juga bisa menjadi penyebab gusi bengkak. Seperti kekurangan vitamin C, Vitamin A, kalsium dan asam folat. Dengan tubuh yang kekurangan nutrisi-nutrisi tersebut mulut akan sering mengalami sariawan dan juga pembengkakan gusi. Sangat disarankan untuk mengonsumsi banyak makanan sehat yang banyak mengandung nutrisi.

  • Masa Kehamilan.

Untuk wanita penyebab gusi bengkak bisa terjadi karena masa kehamilan.Saat kehamilan masuk ke dalam trimester 1 dan 2, sirkulasi darah didalam tubuh tepatnya digusi mengalami peningkatan. Hal ini terjadi saat wanita hamil mengalami peningkatan hormon esterogen dan progesteron yang mengakibatkan gusi menjadi merah dan bengkak.

Salah satu penyebab gusi bengkak yang paling sering adalah Gungivitis atau sering dikenal dengan peradangan gusi. Gingivitis adalah penyakit pada gusi yang menyebabkan gusi mengalami iritasi dan juga pembengkakan.Kebanyakan orang mengalami penyakit ini namun tidak menyadarinya, karena gejala yang ditimbulkan sangat ringan. Jika gingivitis ini dibiarkan, anda akan mengalami kehilangan gigi atau ompong.

Banyak sekali penyebab gusi bengkak yang bisa menghantui anda. Hal yang perlu dilakukan agar tidak terkena gusi bengkak adalah selalu menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. Jika anda mengalami gusi bengkak, cobalah beberapa cara pengobatan berikut :

  • Berkumur air garam.

Salah satu upaya untuk mengatasi gusi bengkak adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Anda larutkan 1 sendok makan garam kedalam segelas air hangat. Aduk-aduk hingga benar-benar merata. Gunakan untuk berkumur dan lakukan beberapa kali dalam sehari.

  • Berkumur dengan air jeruk lemon.
Kenali Penyebab Gusi Bengkak Dan Cara Pengobatannya

Manfaat Lemon Untuk Obat Gusi Bengkak

Selain dengan air garam, anda bisa menggunakan air jeruk lemon untuk berkumur supaya gusi bengkak yang anda alami teratasi. Caranya anda peras jeruk lemon kedalam sebuah gelas berisi air hangat. Campur hingga merata dan gunakan untuk berkumur sesering mungkin.

  • Perbanyak mengonsumsi vitamin.
Baca Juga  Atasi Nyeri Haid dengan 5 Hal ini!

Karena salah satu penyebab gusi bengkak adalah kurang vitamin, tentunya untuk mengobati gusi bengkak tersebut anda harus banyak mengonsumsi vitamin. Seperti Vitamin C, Vitamin A, Kalium, Asam folat dan lain sebagainya.

  • Lakukan pijat ringan.

Ketika gusi anda bengkak, lakukanlah pijatan ringan dan lembut disekitar gusi anda yang bengkak. Hal ini bertujuan untuk melancarkan sirkulasi darah pada bagian gusi yang bengkak tersebut.

Itulah tadi beberapa penyebab gusi bengkak dan cara pengobantannya. Rasa sakit yang ditimbulkan gusi bengkak akan sangat terasa sakit dan sangat mengganggu. Untuk itu segeralah mengatasinya sebelum menjadi lebih parah dan lebih menyakitkan lagi.

author

Leave a reply "Kenali Penyebab Gusi Bengkak Dan Cara Pengobatannya"