Kenali Ciri-Ciri Penyakit Lupus

No comment 287 views

kenali-ciri-penyakit-lupus# Kenali Ciri-Ciri Penyakit Lupus Pada Orang Dewasa Yang Perlu Di Waspadai

Lupus disini bukan tokoh film yang terkenal. Tetapi menurut alodokter Lupus adalah penyakit inflamasi kronis yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang keliru sehingga mulai menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri. Penyakit lupus merupakan salah satu penyakit yang harus di waspadai karena merupakan penyakit peradangan kronis yang terjadi saat sistem imun menyerang jaringan dan organ penting dalam tubuh. Peradangan yang terjadi tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah yang terjadi pada bagian tubuh seperti kulit, ginjal, jantung, paru-paru, sendi dan juga otak.

Penyebab utama seseorang bisa terkena penyakit lupus antara lain dikarenakan adanya keterlibatan faktor genetic, lingkungan, pola hidup dan hormon. Biasanya penyakit lupus awalnya tidak terdeteksi karena tanda dan gejala hampir sama dengan penyakit lain. Namun, yang menjadi ciri-ciri penyakit lupus yang khas yaitu adanya ruam wajah yang mirip dengan sayap kupu-kupu yang sering disebut dengan malar rash.

Penyakit lupus sering dialami oleh para kaum wanita meskipun belum ada alasan yang jelas mengapa hal tersebut bisa sering terjadi. Terdapat 4 jenis lupus yaitu lupus systemic lupus erythematosus, drug induced lupus erythematosus, discoid lupus erythematosus dan neonatal lupus. Dan lupus dalam kelas systemic lupus erythematosus yang paling umum terjadi dan paling serius dalam penanganannya. Oleh sebab itu, sebelum anda  mengetahui lebih lanjut apa saja ciri-ciri penyakit lupus ada baiknya anda mengetahui beberapa poin berikut ini.

# Penyebab Penyakit Lupus

Hal yang menyebabkan penyakit lupus yaitu sistem kekebalan tubuh yang bisa menyerang jaringan sehat dalam tubuh. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya kemungkinan sebagai hasil dari kombinasi genetika dan juga lingkungan.

Baca Juga  Atasi Radang Amandel Dengan Bawang Merah

Penyakit yang satu ini bisa menular karena adanya kecenderungan lupus yang bisa di wariskan. Tak hanya itu, ternyata penyakit lupus bisa terjadi adanya kontak langsung dengan sesuatu dalam lingkungan yang memicu adanya gejala penyakit yang satu ini. Meskipun begitu, penyebab penyakit lupus belum bisa diketahui secara pasti namun terdapat beberapa pemicu potensial yang dapat memicu hal tersebut antara lain :

  • Obat-obatan

Penyebab pertama penyakit lupus yaitu adanya beberapa jenis obat-obatan seperti yang terdapat pada obat anti kejang, antibiotic dan obat tekanan darah. Dan orang yang mengalami lupus karena hal ini, biasanya akan hilang ketika berhenti minum obat-obatan tersebut.

  • Sinar Matahari

Penyebab selanjutnya terjadi karena seseorang sering terkena paparan sinar matahari yang rentan menimbulkan lesi pada kulit. Hal itulah yang merupakan ciri-ciri penyakit lupus awal penyakit lupus atau memicu respons internal.

# Ciri-ciri Penyakit Lupus

Mengingat penyakit lupus menyerang berbagai macam organ, maka gejala yang ditimbulkan pun juga sangat bervariasi. Namun demikian, terdapat gejala dan ciri-ciri penyakit lupus yang umum terjadi sehingga bisa di jadikan acuan bahwa orang tersebut dicurigai menderita penyakit lupus.

  • Butterfly Rash

Ciri-ciri penyakit lupus yang paling umum terjadi yaitu di tandai dengan adanya ruam seperti sayap kupu-kupu pada bagian kedua pipi dengan hidung sebagai bagian tengahnya. Bagian lain yang juga kemungkinan bisa ditumbuhi ruam yaitu pada bagian pergelangan tangan. Ruam yang di alami tersebut dapat membekas dan sulit untuk dihilangkan karena sifatnya yang permanen. Dan yang perlu diingat bahwa ruam tersebut dapat bertambah parah jika terkena sinar matahari langsung.

  • Rasa Lelah Yang Begitu Berat

Jika sudah mengalami ciri ruam yang terjadi pada bagian tubuh yang disertai dengan adanya rasa lelah yang begitu ekstrim maka maka anda patut waspada. Pasalnya ciri-ciri penyakit lupus yang ditandai dengan rasa lelah tersebut bisa menghambat aktivitas yang sedang anda lakukan.

Baca Juga  Tenggorokan Sakit: Karena Pilek atau Radang Tenggorokan?

Hal ini sangat dirasakan ketika seseorang  sedang menjalankan tugas rumah tangga atau menjalankan rutinitas kantor. Hal yang dilakukan tidaklah seberapa namun rasa  yang dihasilkan sangat terasa begitu lelah. Oleh sebab itu, para penderita lupus sangat membutuhkan istirahat yang cukup supaya rasa lelah dapat diminimalisir dengan baik.

  • Nyeri Pada Bagian Persendian

Rasa nyeri pada bagian sendi ini sering terjadi pada bagian persendian tangan dan kaki. Dan yang lebih membahayakan lagi, bahwa rasa nyeri tersebut berpindah secara cepat dari satu sendi ke sendi yang lain. Meskipun begitu, ciri-ciri penyakit lupus yang satu ini tidak menyebabkan kerusakan atau cacat permanen pada bagian sendi yang dirasa sakit tersebut.

Gejala Lain Yang Menyertai

  • Demam Tinggi
  • Sariawan
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Rambut rontok
  • Hilang ingatan
  • Jari-jari tangan menjadi membiru atau memutih jika terkena hawa dingin.

Demikian lah sedikit pengenalan singkat mengenai penyakit lupus. Semoga anda bisa jadi lebih waspada. Salam sehat!

 

author

Leave a reply "Kenali Ciri-Ciri Penyakit Lupus"