Kebanyakan Garam Memicu Penyakit Jantung

No comment 320 views

Kebanyakan Garam Memicu Penyakit JantungKebanyakan Garam Memicu Penyakit Jantung

Bagi penderita diabetes, garam bukanlah salah satu jenis asupan yang perlu diwaspadai. Pola makanan yang mengandung garam yang tinggi akan meningkatkan resiko menderita penyakit jantung hingga dua kali lipat.

Sudah seharusnya pola makan yang mengandung garam tinggi perlu dihindari oleh semua orang, tidak hanya untuk penderita diabetes saja. Menghindari konsumsi garam yang tinggi tentunya baik untuk kesehatan Anda. Tingginya kandungan garam dalam tubuh ini juga akan menyebabkan tekanan darah tinggi dan mengakibatkan resiko penyakit jantung.

Para peneliti telah melakukan survei, data yang diperoleh bahwa hampir 1.600 pasien diabetes berusia 40 – 70 tahun diseluruh jepang. Berdasarkan data tersebut meningkatkan kesadaran masyarakat efek samping yang ditimbulkan dari mengonsumsi pola makan tinggi garam. Penelitian tersebut dilakukan selama 8 tahun, dengan merekam jejak kesehatan, tingkat konsumsi garam dan pola makan yang dilakukan.

Pola makan partisipan survei terdapat dua pola makan. Pola makan itu yaitu tinggi garam sekitar 6.000 miligram perhari dan rendah garam sekitar 2.800 miligram perhari. Berdasarkan data penelitian tersebut, kandungan tinggi garam justru beresiko dua kali lipat menderita penyakit jantung dibandingkan dengan rendah garam. Resiko penyakit kardivaskulas atau orang yang menderita diabetes II perlu mengontrol gula darah dan memperhatikan pola makan. Hal tersebut dituturkan oleh ketua studi Chika Horikawa dari Universitas Nigata. Kesimpulan dari penelitian ini menjelaskan bahwa pengurangan konsumsi garam dalam makanan akan mampu mencegah komplikasi penyakit diabetes.

Efek negatif dari garam ini tentu sudah sejak lama diketahui, khususnya dapat menimbulkan tekanan darah tinggi. Konsumsi garam dalam kehidupan sehari – hari perlu kita kontrol. Konsumsi garam pada orang normal disarankan kurang dari 2.300 mg perhari. Sementara, untuk orang yang memiliki resiko penyakit jantung dianjurkan untuk membatasi hanya 1.500 mg. Resiko penyakit jantung disini yaitu diabetes, hipertensi, penyakit ginjal atau usia di atas 51 tahun.

Baca Juga  Menjaga Tekanan Darah Tanpa Obat

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini bahwasanya Kebanyakan Garam Memicu Penyakit Jantung. Anda mungkin kadang kurang menyadari bahwa garam juga terkandung pada makanan secara alami.  Makanan yang mengandung garam antara lain, daging, sayur, dan susu. Produk makanan yang memiliki kadar tinggi garam adalah daging hasil proses, seperti sosis, bacon, atau makanan kaleng.

author

Leave a reply "Kebanyakan Garam Memicu Penyakit Jantung"