Jenis Kemoterapi Kanker Payudara

No comment 277 views

# Jenis – Jenis Kemoterapi Kanker Payudara

Jenis Kemoterapi Kanker Payudara

Sampai saat ini kanker payudara memang menjadi momok bagi sebagian besar wanita. Bahkan bisa dikatakan hampir seluruh wanita di dunia menganggap kanker payudara adalah momok yang menakutkan. Penyakit kanker payudara ada satu tanda yang sering disebut – sebut yaitu timbulnya benjolan di payudara atau puting.

Lantas apakah setiap benjolan di payudara dan puting merupakan tanda bahwa ada indikasi penyakit kanker payudara di tubuh? Sebenarnya tidak demikian. Tidak semuanya benjolan di payudara dan puting merupakan tanda kanker payudara karena ada juga namanya tumor payudara jinak yang tidak berbahaya. Dan kalau yang berbahaya itu ya kanker payudaranya.

Kalau tubuh sudah terserang penyakit kanker payudara selain pengobatan herbal bisa dilakukan untuk mengatasinya, ada baiknya kemoterapi juga dilakukan karena kemoterapi ini fungsinya juga untuk membunuh sel kanker di tubuh yang terserang kanker payudara. Lantas apa sajakah jenis – jenis kemoterapi kanker payudara?

Jenis – Jenis Kemoterapi Kanker Payudara

Kemoterapi memang penting untuk pengobatan penyakit kanker payudara. Beberapa jenis kemoterapi kanker payudara yaitu...

♣ Kemoterapi inhibitor mitosis

Kemoterapi yang pertama adalah inhibitor mitosis. Inhibitor mitosis ini berasal dari divat alkaloid yang asalnya dari tanaman atau berasal dari produk alam yang lainnya selain divat alkaloid dari tanaman. Kemoterapi yang satu ini bekerja dengan cara dapat membantu menghentikan proses dari mitosis serta juga dapat membantu menghambat reproduksi sel. Mengenai kemoterapi yang satu ini juga dapat digunakan dalam rangka mengobati beragam jenis kanker termasuk jenis kanker payudara juga dapat dilakukan kemoterapi inhibitor mitosis yang satu ini.

♣ Kemoterapi antibiotik antitumor

Salah satu jenis antibiotik antitumor yaitu seperti anthracyclines. Antibiotik yang satu ini ditujukan untuk menyerang tumor. Jenis kemoterapi yang satu ini juga memiliki cara kerja dengan mempengaruhi kerja enzim yang terlibat didalam proses replikasi dari DNA.

Baca Juga  Kenali Penyebab Gusi Bengkak Dan Cara Pengobatannya

♣ Kemoterapi agen alkylating

Dari kemoterapi yang satu ini cara kerja agen alkylating yaitu dilakukan dengan cara merusak DNA sel kanker dengan cara yang langsung. Dengan cara kemoterapi agen alkylating ini dapat mencegah sel kanker berkembang biak dan secara efektif untuk semua fase dari siklus sel.

Kemoterapi yang satu ini dapat digunakan dalam mengobati penyakit kanker payudara. Bahkan sebenarnya tak hanya penyakit kanker payudara akan tetapi penyakit kanker lainnya yaitu kanker leukimia akut dan kronis, kanker paru – paru juga dapat diatasi dengan kemoterapi kanker payudara yang satu ini.

♣ Kemoterapi antimetabolites

Antimetabolites yang satu ini digunakan dalam rangka mengobati beragam jenis leukemia serta juga tumor yang ditemukan pada saluran payudara, pada area usus dan juga ovarium. Mengenai cara kerjanya antimetabolites ini adalah dengan cara merusak sel – sel kanker didalam tubuh selama fase S sehingga nantinya tidak akan ada kemungkinan kanker yang sama berkembang didalam tubuh penderita. Selain itu ada juga kemoterapi penyakit kanker payudara lainnya yang bisa dijalankan yaitu...

♣ Kemoterapi kortikosteroid

Kemoterapi yang satu ini biasanya sering digunakan dalam mencegah muntah atau digunakan untuk mencegah adanya reaksi alergi yang berhubungan dengan proses kemoterapi yang dilakukan pada penderita penyakit kanker. Akan tetapi sebuah penelitian menyebutkan bahwa kemoterapi kortikosteroid yang satu ini juga terkadang dapat ampuh membunuh sel kanker didalam tubuh atau jika efeknya kurang bagus dapat membantu memperlambat pertumbuhan dari sel kanker di tubuh penderita kanker payudara.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas mengenai  Jenis – Jenis Kemoterapi Kanker Payudara bermanfaat.

Baca Juga  Penderita Depresi dan Gangguan Bipolar

author

Leave a reply "Jenis Kemoterapi Kanker Payudara"