Jenis Benjolan Kanker Payudara

No comment 275 views

# Jenis Benjolan Kanker Payudara

Jenis Benjolan Kanker Payudara

Tak ada manusia yang ingin sakit. Jangankan penyakit berat seperti halnya penyakit kanker payudara, penyakit ringan saja tak ada manusia yang ingin menderitanya. Memang ketika manusia sakit ia tidak dapat melakukan berbagai aktivitas yang semestinya dan biasanya dilakukan. Tubuh terasa tidak nyaman juga dan hati ingin bergelut dengan rasa sakit tersebut. Apalagi kalau penyakitnya kanker payudara, tak dapat dibayangkan seperti apa galaunya.

Penyakit kanker payudara sendiri biasanya diketahui ketika sudah berada pada tingkat lanjut dan berada pada tahap yang serius. Biasanya penyakit kanker payudara terdeteksi ketika sudah stadium 3, atau 4 dan kadar pengobatannya sudah sangat sulit. Lantas sebenarnya adakah ciri – ciri di tahap awal penyakit kanker payudara ini muncul?

Sebenarnya ada, ketika pada awal kemunculan penyakit kanker payudara ini ciri – cirinya yaitu terasa kurang nyaman di payudara dan terasa gatal pada puting (Tapi ciri ini juga tidak semua penderita kanker payudara mengalaminya). Ada juga yang terdapat benjolan pada payudara dan area putingnya. Benjolan sendiri pada penderita penyakit kanker payudara ada banyak jenisnya. Apa saja jenis benjolan kanker payudara? Mari kita simak dulu informasi di bawah ini!

Jenis Benjolan Kanker Payudara

Kami akan sebutkan secara detail jenis – jenis benjolan kanker payudara. Jenis benjolan kanker payudara yang pertama yaitu...

Benjolan payudara Fibroadenoma

Fibroadenoma merupakan sebuah masa yang memiliki bentuk bulat, kenyal dan bisa timbul karena adanya pertumbuhan berlebihan dari jaringan kelenjar dan juga dari jaringan penyambung. Benjolan yang satu ini bersifat jinak dan biasanya tidak menimbulkan rasa nyeri dan bisa bergeser ketika Anda menekan payudaranya. Fibroadenoma ini merespon perubahan hormonal tubuh dan cenderung dapat membesar selama kehamilan sementara akan mengecil ketika Anda mengalami menopause.

Baca Juga  Alasan Tidak Boleh Melewatkan Sarapan

Benjolan payudara abses payudara

Abses payudara ini biasanya akan timbul sebagai komplikasi dari mastitis atau dari infeksi payudara. Infeksi yang terjadi pada area payudara ini paling sering terjadi selama wanita menyusui akibatnya akan masuk bakteri pada jaringan payudara wanita. Biasanya infeksi payudara ini tidak banyak menimbulkan kanker payudara dan biasanya dapat diatasi dengan memberikan antibiotik. Jika Anda memberikan obat antibiotik memang tak dapat mengatasi infeksi atau abses payudara ini maka langkah terakhir bisa dilakukan ketika abses payudara sudah parah. Yaitu dengan proses pengangkatan abses payudara.

Benjolan payudara cedera payudara

Cedera payudara ini bisa terjadi akibat beberapa faktor. Cedera payudara ini bisa terjadi karena pembedahan ataupun karena kecelakaan. Cedera payudara ini dapat menimbulkan gangguan pada payudara yang gangguan ini juga disebut sebagai nekrosis lemak. Nekrosis lemak yang selanjutnya dapat menyebabkan pembentukan benjolan yang berupa jaringan ikat dengan adanya batasan – batasan tegas yang dapat digerakkan. Namun jika terjadinya cedera payudara ini terjadinya sudah lama maka benjolan tidak akan terasa nyeri. Untuk benjolan yang satu ini biasanya akan hilang sendiri akan tetapi jika lama menetap maka ada baiknya Anda langsung periksakan ke dokter.

Benjolan payudara tumor fillodes

Tumor fillodes merupakan benjolan payudara yang tidak mengalami rasa nyeri sebagai akibat dari tumbuhnya jaringan penyambung yang berlebihan. Tumor fillodes ini pada umumnya jinak walaupun memang beberapa diantaranya dapat memiliki sifat yang ganas. Memang seringkali banyak diagnosis yang salah didalam dunia medis ketika menyebutkan tumor fillodes. Beberapa diantaranya ada yang menyebut tumor fillodes ini sebagai fibroadenoma karena memang terdapat kesamaan diantara keduanya. Lalu jika mengalami tumor fillodes bagaimana mengatasinya? Mengatasinya yaitu dengan pengangkatan benjolan melalui operasi walaupun cara ini sebenarnya masih memiliki kemungkinan untuk kambuh.

Baca Juga  Cara Jitu Menghadapi Stress

Sekarang Anda sudah tahu beberapa jenis benjolan kanker payudara. Semoga bermanfaat. Jaga selalu kesehatan payudara Anda, hindari mengenakan BH ketat dan lakukan gaya hidup sehat.

author

Leave a reply "Jenis Benjolan Kanker Payudara"