Ingin Berhenti Merokok

No comment 563 views

400-Kesehatan-Ingin Berhenti Merokok- Insentif Berupa Uang  Bisa Sangat Efektif

Ingin Berhenti Merokok? Insentif Berupa Uang Bisa Sangat Efektif

Banyak sekali orang yang tidak bisa lepas dari rokok. Merokok merupakan kebiasaan buruk yang sulit dihentikan apabila sudah kecanduan. Di Indonesia, rokok menjadi penyebab utama banyaknya kematian. Banyak perokok mencoba untuk berhenti namun tak sedikit yang gagal karena dorongan yang sangat kuat untuk kembali menghisap benda tersebut.

Sebenarnya merokok bisa dihentikan. Penyebabnya sebagian besar karena kurangnya motivasi untuk berhenti membuat banyak perokok gagal dalam upaya melepaskan diri dari candu satu ini. Lalu motivasi apa yang mampu membuat seseorang berhenti merokok?

Cara sederhana untuk berhenti merokok adalah dengan menjanjikan insentif berupa uang kepada para perokok yang berhasil menghentikan kebiasaan merokoknya. Program berbasis imbalan lebih efektif dibandingkan jika mereka mendapatkan bantuan gratis seperti konseling atau terapi pengganti nikotin seperti permen karet atau obat.

Jika anda tidak merasa yakin bahwa menjanjikan insentif berupa uang kepada para perokok bisa berhasil, anda bisa mencoba tips berikut ini:

  1. Publikasikan keputusan anda untuk berhenti merokok

Biarkan teman dan keluarga tahu keputusan anda untuk berhenti merokok.

  1. Tetapkan target waktu

Cobalah secara bertahap untuk mengurangi jumlah rokok yang anda hisap dalam beberapa minggu mendatang sampai akhirnya berhenti sama sekali pada target waktu yang sudah anda tetapkan.

  1. Buat jadwal

Atur jadwal tertentu, yang tidak terlalu ketat atau terlalu pendek durasinya, untuk mentoleransi kemungkinan terjadinya “pelanggaran”, dimana anda memiliki keinginan yang kuat untuk merokok dan jangan kecewa jika anda tidak berhasil melakukannya dalam tiga hari pertama.

  1. Mulai dengan cara yang mudah

Buatlah upaya untuk mulai berhenti merokok secara bertahap.

  1. Hindari kebiasaan yang membuat anda merokok
Baca Juga  Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Cobalah untuk mengkonsumsi produk susu, buah dan sayuran lebih banyak,
hindari kebiasaan yang selalu anda kombinasikan dengan merokok seperti menonton televisi, membaca majalah atau surfing internet.

  1. Cari kesibukan

Cobalah untuk mengalihkan keinginan tersebut dalam kegiatan yang intens, misalnya melakukan kegiatan olahraga, berjalan atau bersepeda.

  1. Tidur lebih banyak

Cobalah untuk tidur lebih banyak dari yang biasanya anda lakukan. jam tidur adalah saat dimana anda tidak berpikir untuk merokok.

  1. Minum banyak air

Cobalah untuk minum lebih banyak air. Air membantu dalam menghilangkan racun dari merokok yang telah terakumulasi dalam tubuh anda lebih cepat, sekaligus mengurangi keinginan anda untuk merokok.

  1. Kunjungi tempat tanpa asap rokok

Cobalah untuk menghabiskan waktu sehari di tempat merokok tidak diperbolehkan, seperti perpustakaan atau toko buku.

  1. Buatlah tangan anda sibuk

Buatlah tangan anda sibuk. Seperti memegang pena, secarik kertas yang digunakan untuk membuat gerakan mekanis merokok.

 

author

Leave a reply "Ingin Berhenti Merokok"