Gejala Kanker Payudara Wanita

No comment 266 views

Gejala Kanker Payudara WanitaGejala Kanker Payudara Wanita

Takut dengan penyakit kanker payudara? Merasa takut kalau diri terserang penyakit ini? Penyakit kanker payudara memang penyakit yang sangat sulit terdeteksi bahkan terkadang tubuh tidak mau berdaulat untuk memberitahu hati dan pikiran bahwa terdapat sel kanker payudara di dalam tubuh yang terus menerus menjalar.

Ini yang kemudian membuat penderita penyakit kanker payudara sulit untuk tahu dirinya terserang penyakit kanker payudara. Dan kebanyakan dari penderita penyakit kanker payudara tahu penyakitnya ketika penyakit kanker payudara yang diderita sudah berada pada tahap yang serius. Terkadang penderita justru tahu kalau ia menderita penyakit kanker payudara ketika penyakit kanker payudara sudah berada pada stadium 4. Ini memang sangat menyakitkan.

Lantas tidak adakah gejala kanker payudara wanita yang bisa dirasakan? Sebenarnya ada hanya saja banyak wanita yang kurang peka dengan gejala yang diinformasikan tubuh pada dirinya. Mungkin Anda ingin tahu informasi gejala kanker payudara wanita?

Gejala Kanker Payudara Wanita

Sebenarnya ada beberapa gejala kanker payudara wanita yang bisa Anda deteksi sejak dini pada tubuh. Beberapa gejala tersebut diantaranya :

  • Ketika diraba Anda akan menemukan beberapa benjolan pada area payudara Anda. Benjolan tersebut akan disebabkan adanya sel kanker payudara yang tumbuh dan ketika diraba akan terasa padat serta dapat menimbulkan rasa gatal pada area benjolan tersebut.
  • Area payudara penderita kanker payudara juga akan mengalami perubahan yang signifikan bahkan ukuran payudara juga akan kembali berubah.
  • Penderita kanker payudara juga akan mengalami darah keluar dari payudara bahkan juga nanah yang warnanya kuning dari puting susu penderita kanker payudara tersebut.
  • Sementara pada area payudara juga mulai terjadi perubahan yang signifikan yaitu kulit akan mengalami kerutan dan warnanya juga akan cenderung tampak kemerahan atau terkadang juga bisa berubah warna dan payudara juga akan mengalami keriput yang banyak dan menyebar. (Anda tahu kulit dari jeruk purut? Nah kerutannya akan muncul seperti kulit jeruk purut tersebut).
Baca Juga  Probiotik Dapat Membantu Meringankan Alergi Musiman

Lalu bagaimana cara mendeteksi jika memang ada benjolan di bagian payudara ataupun puting payudara wanita?

  • Cara dalam mendeteksi gejala kanker payudara wanita yaitu dengan melakukan teknik SADARI. Pemeriksaan secara mandiri ini bisa Anda lakukan setiap bulan tepatnya pada waktu setelah Anda mengalami datang bulan atau haid karena pada ketika datang bulan atau haid payudara wanita akan sedikit mengalami perbedaan dan hal ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan kanker payudara mandiri dengan teknik SADARI.
  • Nyeri yang terjadi pada gejala kanker payudara wanita tentunya akan berbeda dengan rasa nyeri yang dirasakan wanita ketika wanita mengalami masalah haid.
  • Rasa nyeri yang dirasakan wanita yang menderita penyakit kanker payudara juga terjadi secara berurutan, terus menerus dan tak kunjung memudar.

Memang sangat menakutkan ya gejala kanker payudara wanita? Akan tetapi sebagai wanita Anda bisa berusaha mencegahnya yaitu dengan melakukan gaya hidup yang sehat. Konsumsi makanan sehat yang didalamnya mengandung serat, kalsium, vitamin, mineral dan antioksidan yang dapat membuat sel kanker menghindar. Dan jauhi makanan yang terlalu banyak didalamnya mengandung lemak jenuh (LDL) karena akan memperbesar potensi kanker.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas mengenai Gejala Kanker Payudara Wanita bermanfaat. Jaga selalu kesehatan Anda sedari sekarang.

 

author

Leave a reply "Gejala Kanker Payudara Wanita"