Gejala Kanker Payudara Tanpa Benjolan

No comment 1301 views

Benjolan Kanker PayudaraGejala Kanker Payudara Tanpa Benjolan

Banyak orang yang mengatakan bahwa salah satu tanda penyakit kanker payudara pada wanita yaitu terdapatnya benjolan di bagian payudara atau putingnya. Lantas, apakah tanda penyakit kanker payudara senantiasa benjolan tersebut?

Sebenarnya tidak selalu demikian. Tidak selamanya benjolan di payudara dan puting mengindikasikan seseorang terserang penyakit kanker payudara. Ada juga orang yang pada payudara dan putingnya terdapat benjolan akan tetapi benjolan tersebut sebenarnya bukan benjolan karena penyakit kanker payudara. Dan ada juga orang yang sebenarnya menderita penyakit kanker payudara tetapi tidak ada benjolan di bagian payudara atau putingnya. Ini memang dua hal yang terkadang membuat orang bertanya – tanya. Lalu sebenarnya seperti apa gejala kanker payudara tanpa benjolan dan bagaimana cara mendeteksinya?

Gejala Kanker Payudara Tanpa Benjolan Dan Cara Mendeteksinya

Oke, pada kesempatan kali ini kita akan bahas dulu tentang gejala kanker payudara tanpa benjolan. Mungkin Anda akan dibuat bingung tentang gejala yang sebenarnya nantinya.

Ketika seorang wanita mengalami masalah gejala kanker payudara tanpa benjolan maka ada beberapa gejala awal yang ditunjukkan pada tubuh wanita tersebut yaitu adanya peradangan pada payudara dan adanya tanda pada payudara seperti bekas gigitan serangga.

Kanker payudara yang terjadi tanpa menunjukkan tanda benjolan pada area payudara atau puting merupakan kanker yang tergolong paling ganas. Kanker yang satu ini nantinya akan memblokir pembuluh getah bening yang memiliki fungsi dalam menjaga cairan getah bening yang bergerak – gerak pada area payudara wanita. Akibatnya nanti payudara penderita akan jadi memerah dan terasa hangat ketika disentuh. Selain itu karena adanya hal semacam ini nantinya payudara wanita mengalami cekungan kecil pada area kulitnya.

Baca Juga  Gejala Kanker Payudara Akut

Untuk jenis kanker payudara yang timbul tanpa adanya benjolan ini memang sangat sulit untuk dideteksi lebih awal oleh penderita bahkan terkadang medispun kesulitan mendeteksi keberadaannya akibatnya penderita nantinya akan tahu kalau penyakit kanker payudaranya sudah berada pada tingkat stadium akhir.

Seorang dokter mengatakan bahwa penting sebenarnya dilakukan screening pada wanita yang usianya diatas 40 tahun apalagi kalau memang riwayat keluarganya menderita penyakit kanker payudara karena jika ada riwayat keluarga menderita kanker payudara maka resiko lebih tinggi terjadi pada generasi kedua dan seterusnya. Dengan melakukan screening ini maka kanker payudara bisa dideteksi lebih cepat pada wanita.

Lantas sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab timbulnya sel kanker payudara pada wanita hingga mengakibatkan penyakit ganas yang mematikan? Sebenarnya ada beberapa faktor penyebab. Faktor penyebab yang pertama yaitu karena hormon astrogen, kemudian karena adanya penyakit fibrokistik, karena adanya radiasi ionisasi dan karena obesitas pada wanita. Selain itu gaya hidup yang kurang sehat, terlalu banyak mengonsumsi zat pewarna dan zat aditif juga menjadi salah satu penyebabnya.

Lalu bagaimana cara mendeteksinya jika memang tidak ada benjolan pada payudara atau puting penderita gejala kanker payudara tanpa benjolan?

Cara mendeteksinya tentu akan lebih sulit dan tidak dapat dilakukan dengan cara mandiri melalui gerakan SADARI. Anda perlu untuk melakukan test ke dokter atau seperti yang kita ketahui yaitu dengan proses screening mamimografi. Tes darah juga penting untuk dilakukan.

Demikian sedikit informasi tentang kanker payudara yang bisa kami berikan. Semoga informasi diatas mengenai Gejala Kanker Payudara Tanpa Benjolan Dan Cara Mendeteksinya bermanfaat. Pahami kesehatan Anda dan minimalisir resikonya sedari sekarang.

Incoming search terms:

author

Leave a reply "Gejala Kanker Payudara Tanpa Benjolan"