Gejala Kanker Payudara Kronis

No comment 533 views

Gejala Kakanker payudara kronisnker Payudara Kronis

SADARI (Gerakan Periksa Payudara Sendiri) sebenarnya merupakan suatu kegiatan yang sangat harus dan wajib dilakukan oleh seorang wanita. Mengapa? Karena gerakan SADARI ini memang sangat penting. Gerakan ini dilakukan wanita bukan tanpa tujuan. Akan tetapi satu tujuannya yaitu untuk mendeteksi adakah kanker payudara di tubuh seorang wanita? Dengan gerakan SADARI ini akan jauh lebih baik karena wanita bisa menemukan tanda – tanda ada kanker payudara di tubuh atau tidak sehingga jika memang ada tanda kanker payudara di tubuh bisa segera diatasi sejak dini.

Penyakit kanker payudara ini bukan penyakit jelmaan. Penyakit kanker payudara juga bukan penyakit yang tak punya gejala. Sebenarnya tubuh senantiasa memberikan tanda di awal sel kanker tumbuh sampai dengan menjadi kronis. Hanya saja masalahnya banyak orang yang merasa acuh dan menghiraukan jika ada tandanya diberikan oleh tubuh. Sampai akhirnya penyakit kanker payudara menjelma menjadi penyakit kronis. Lantas, seperti apa gejala penyakit kanker payudara kronis? Dan apakah ada bedanya dengan stadium awal?

Gejala Kanker Payudara Kronis

Gejala kanker payudara kronis tentu saja akan berbeda dengan gejala kanker payudara stadium awal. Hal ini dikarenakan riwayat penyakit kanker payudara yang berada pada tingkat waspada berubah menjadi gawat. Dan karena sel kanker sudah menyebar rata di tubuh. Gejala kanker payudara kronis bisa Anda lihat di bawah ini.

Gejala kanker payudara kronis terdapat benjolan yang memiliki diameter lebih dari 5 cm. Terdapat juga kelenjar getah bening yang sudah mulai terinfeksi dengan sel – sel kanker payudara serta juga terdapatnya sel kanker yang sudah melekat pada kulit payudara. Gejala kanker payudara kronis lainnya adalah warna dari kulit payudara yang kemudian juga berubah menjadi kemerahan dan kulitnya juga dapat menjadi berkerut – kerut. Terdapat juga proses peradangan pada kulit payudara sang penderita kanker payudara kronis. Gejala kanker payudara kronis lainnya juga terdapat adanya luka yang tidak bisa sembuh dengan cepat dan juga adanya nanah pada beberapa titik di bagian payudara.

Baca Juga  Jenis Benjolan Kanker Payudara

Untuk penyakit kanker payudara kronis, adakah pengobatannya?

Salah satu langkah pengobatan penyakit kanker payudara kronis yaitu kemoterapi, pembedahan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengangkat sel kanker payudara. Langkah lainnya untuk pengobatan penyakit kanker payudara kronis adalah teknik radiasi akan tetapi beberapa langkah pengobatan tersebut juga tidak dapat menyembuhkan 100% akan tetapi hanya sekitar 11.2%.

Tentunya Anda tidak mau terserang kanker payudara kronis bukan? Karena itu sebelum terlambat harus ada tindakan pencegahan. Karena memang mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Tindakan pencegahan yang bisa dilakukan yaitu...

Tidak mengenakan BH yang ketat, kurangi konsumsi rokok dan kafein, kurangi konsumsi makanan serta minuman yang mengandung alkohol. Tindakan pencegahan lainnya yang bisa dilakukan yaitu dengan gaya hidup sehat seperti konsumsi makanan dan minuman sehat yang tidak mengandung lemak jenuh tinggi (LDL), diet sehat perlu dilakukan dan jangan lupa konsumsi buah serta sayur yang kaya akan kandungan serat, protein, vitamin dan mineral.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas mengenai Gejala Kanker Payudara Kronis bermanfaat. Yuk mulai dari sekarang pahami kondisi tubuh Anda dan pahami gejala kanker payudara kronis. Jaga selalu kesehatan Anda setiap saat agar kebugaran tubuh bisa terjaga ladies.

author

Leave a reply "Gejala Kanker Payudara Kronis"