Diet Mediterania Cegah Kanker Payudara

No comment 251 views

#Diet Mediterania Cegah Kanker Payudara

diet mediterania cegah kanker payudara

Diet Mediterania Cegah Kanker Payudara Sumber dari food.detik.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebuah studi terbaru menyatakan diet mediterania ternyata bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara. Diet mediterania merupakan salah satu metode diet dengan banyak mengonsumsi buah-buahan segar, sayuran dan biji-bijian seperti kacang kedelai dan jenis kacang lainnya. Minyak zaitun digunakan sebagai tambahan lemak dalam diet ini.

Salah satu hal yang sudah jelas terbukti adalah diet mediterania dapat menjadi cara efektif untuk menurunkan berat badan karena mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Kedua jenis makanan ini kaya serat sehingga membantu perut kenyang lebih lama.

Yang perlu Anda ketahui  salah satu faktor pemicu kanker payudara  adalah kelebihan lemak tubuh terutama setelah mengalami menopause sehingga, penting untuk wanita menjaga berat badannya tetap stabil terutama di usia senja.

Diet mediterania  ini selain memperbanyak konsumsi sayur-sayuran, buah dan kacang-kacangan, sangat penting untuk mengonsumsi empat sendok makan minyak zaitun per hari. Diet ini juga mengurangi pemakaian garam, dan lebih banyak menggunakan herbal dan bumbu untuk menambah cita rasa.

Protein sebagian besar didapatkan dari ikan atau kacang-kacangan. Untuk roti, diet mediterania memilih lebih menggunakan roti gandum.

Sebelumnya, pada tahun 2013 sebuah penelitian di New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa diet Mediterania dapat melindungi jantung dari penyakit kardiovaskular. Tapi, setelah melacak hampir 7.500 orang selama 5 tahun, peneliti membuktikan diet Mediterania juga dapat turunkan risiko kanker payudara.

Percobaan laboratorium dalam LA Times (14/09) menunjukkan, extra virgin olive oil kaya akan asam oleat, suatu zat yang membantu membunuh sel kanker payudara. Minyak ini juga tinggi kandungan squalene yaitu senyawa yang memiliki efek antioksidan dalam sel-sel payudara.

Baca Juga  Makanan Sehat Untuk Diet

Extra virgin olive oil juga mengandung beberapa polifenol dengan efek farmakologis. Oleocanthal telah ditemukan dapat memblokir penyebaran sel kanker payudara. Sedangkan oleuropein bisa menginduksi sel kanker payudara itu sendiri.

Ada juga hydroxytyrosol yang melawan kerusakan sel-sel payudara yang disebabkan oleh spesies oksigen reaktif dan lignan yang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara. wanita yang mengikuti diet Mediterania memiliki risiko 68 persen lebih rendah terkena kanker payudara selama masa tindak lanjut lima tahun. Dibandingkan dengan wanita dengan diet rendah lemak.

Seorang wanita Australia Kylie Gellie, yang sempat melakukan operasi pengangkatan payudara, ovarium, dan saluran tuba, mengatakan bahwa penemuan ini bisa memberi harapan bagi kedua anak perempuannya yang mungkin mewarisi gen kanker untuk menghindari operasi.

“Mungkin mereka tidak harus melalui langkah-langkah drastis, seperti yang saya lakukan atau setidaknya memberikan mereka harapan lebih,” kata dia.

Peneliti mencatat, sebuah uji coba terhadap manusia yang lebih luas harus dimulai dalam waktu dua tahun untuk mendapatkan pengobatan kanker payudara yang efektif.

Dan berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko kanker payudara. Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari The Mirror berikut ini.

Waspada
Selalu perhatikan bentuk payudara Anda. Dengan waspada, kanker payudara mampu dideteksi lebih dini dan meningkatkan kesempatan hidup pasien. Tiga poin penting yang perlu diperhatikan adalah apakah Anda merasakan sesuatu yang tidak wajar? Apakah ada perubahan bentuk dan tekstur pada payudara? Kemudian segera hubungi dokter jika Anda menemukan hal yang tidak wajar.

Beraksi
Jika Anda termasuk berisiko tinggi terkena kanker payudara (misalnya memiliki sejarah keluarga yang menderita kanker), segera lakukan aksi untuk melindungi diri sendiri. Misalnya mengubah gaya hidup dan rutin melakukan pemeriksaan.

Baca Juga  Gula Alami Buah Tidak Menambah Berat Badan

Olahraga
Dengan rajin berolahraga, sel-sel lemak mampu disingkirkan dari dalam tubuh. Badan bukan cuma sehat dan bugar karena bergerak aktif, tetapi risiko payudara juga akan menurun. Sebab sel-sel lemak selama ini diduga mampu memicu pertumbuhan tumor.

Berat badan
Obesitas adalah salah satu pemicu kanker payudara. Jadi jika merasa memiliki berat badan berlebih, segera temukan cara untuk melangsingkan tubuh. Dengan menjaga berat badan ideal, risiko kanker payudara bisa menurun hingga 50 persen.

Selain untuk menurunkan berat badan,diet mediterania juga ternyata baik untuk kesehatan tubuh terutama para wanita yang ingin menurunkan berat badan,semoga informasi ini bermanfaat.

author

Leave a reply "Diet Mediterania Cegah Kanker Payudara"