Diare Pada Anak – Anak

No comment 229 views

Seorang Ibu Pasti sangat khawatir apabila Anaknya mengalami Diare, apa sebenarnya penyebabnya dan bagaimana cara mengobatinya???

penyebab dan penangan diare pada Anak anda

Diare Pada Anak - Anak sumber gambar dari Alodokter

Diare sangatlah rentan terhadap seorang bayi samapai dengan usia balata Anak kita. hal yang menyulitkan ketika Anak terkena diare adalah sang anak belum bisa berbicara apa yang sedang dirasakannya dan hanya dapat menangis. Tentunya peran orang tua harus lebih memahami apa yang terjadi pada Anak dan jangan panik dalam mengatasinya.

Diare adalah buang air besar yang encer dan berair yang lebih sering dari biasanya. Diare pada orang dewasa dan anak-anak sangatlah berbeda. Anak- Anak akan lebih sering frekunsi buang air besarnya dari pada orang dewasa, gejala diare pada bayi dan balita seperti demam dan muntah yang belangsung lebih lama tergantung pada penyebabnya. Diare akan menyerang dengan ditandainya buang air besar yang lebih sering melampaui batas normal sehari dan akibat dari diare ini akan menyebabkan anak Anda kekurangan cairan.

Penyebab diare pada Anak

Penyebab diare pada anak-anak sangatlah bermacam-macam, antara lain :

- Makanan dan minuman yang dikonsumsinya

- Alergi makanan

- infeksi bakteri atau virus

-penggunaan anti biotik atau obat-obatan

Diare terjadi bisa saja karena penyebab di atas yang masuk  melalui mulut dan masuk ke dalam pencernaan si bayi. Apabila si bayi banyak mengkonsumsi jus terutama yang mengandung froktosa tinggi akan menyebabkan diare pada bayi. Makanan dan minuman yang dikonsumsi sang anak bisa saja terkontaminasi dengan racun atau bahan kimia, virus dan bakteri. Jangankan makanan dan minuman, mainan sang bayi yang biasanya dimasukkan kemulut juga bisa saja penyebab terjadinya diare karna adanya bakteri pada mainan tersebut. Oleh karena itu Anda harus menjaga kebersihan makanan, mainan sang bayi, bahkan peralatan makan sang bayi agar mencegah terjadinya diare. Anda juga harus berhatihati dalam proses pengobatan anak anda dengan anti biotik, konsultasikanlah kepada dokter untuk mendapatkan obat mengatasi diare si bayi.

Mengobati diare pada Anak

Meski biasanya diare bisa sembuh sendiri, akan tetapi Anda juga tudak boleh membiarkannya begitu saja. Jika Anak anda terkena diare, Cobalah beberapa cara dibawah ini  untuk mengobati diare pada anak :

Baca Juga  Kenali Penyebab Gusi Bengkak Dan Cara Pengobatannya

1. Untuk membantu proses menyembuhan diare pada bayi Anda bisa menggunakan obat tradisional seperti daun jambu biji dan     buah sirsak. Untuk mengobati dengan daun jambu biji, daun tersebut harus ada rebus ditambahkan sedidikit kunyit dan sedikit garam. Setelah ramuan jadi dinginkan sebentar dan minumkanlah pada bayi satu sendok teh dalam 1 jam sekali. Anda juga bisa menggunakan buah sirsak yang berkhasiat untuk membantu mengobati diare pada anak Anda. Siap buah sirsak yang sudah matang kemudian peras airnya, minumkan 2-3 sendok teh pada anak Anda yang terkena diare.

2. Bagi bayi Anda yang rentan dehidrasi, bisa menggunakan oralit untuk mengobati diare. Oralit adalah campuran garam, gula dan air. Cairan oralit ini berfungsi untuk menggantikan garam pada tubuh bayi yang hilang akibat diare agar tidak terjadi dehidrasi. Jika diare pada anak tidak sembuh, segara bawalah anak Anda ke dokter.

3. Barikan makanan yang mudah dicerna oleh anak seperti pisang,pepaya, bubur. Makanan tersebut akan menjadi sumber tenaga bagi anak setelah lemah terkena diare.

Setelah Anda mengetahui penyebab dan cara mengobati diare pada anak, tentu saja kekhawatiran Anda akan berkurang. Tetaplah memberikan  ASI pada anak agar terhindar dari dehidrasi dan tetap jaga kebersihan pada bayi Anda agar terhindar dari bakteri dan virus. Salam sehat!!

author
Hai, saya icha dari sanggau. Saya seorang blogger pemula yang masih perlu banyak belajar karena yang membuat saya terus berkembang adalah tujuan-tujuan hidup saya. Semoga apa yang saya posting bisa bermanfaat bagi pembaca

Leave a reply "Diare Pada Anak – Anak"