Cara Pemulihan Tepat Untuk Orang Yang Terkena Stroke

No comment 609 views

Cara Pemulihan Tepat Untuk Orang yang Terkena StrokeCara Pemulihan Tepat Untuk Orang yang Terkena Stroke

Stroke dapat terjadi sebanyak dua kali. Serangan stroke yang pertama biasanya akan pulih dengan cepat. Namun serangan stroke yang kedua akan lebih parah dan sulit untuk dipulihkan. Setelah serangan stroke yang pertama terlewati, penderita harus mendapatkan fasilitas pemulihan yang tepat. Bila pemulihan pasca stroke pertama tidak optimal, bisa jadi penderita akan mengalami serangan stroke yang kedua. Jarak serangan stroke pertama dengan yang kedua tidak dapat kita diprediksi, namun kita harus ekstra waspada.

Pemulihan yang tepat pasca serangan stroke yang pertama akan menurunkan resiko terkenanya serangan stroke yang kedua. Pemulihan yang tepat juga akan berdampak baik pada kualitas kesehatan si penderita. Pemulihan kesehatan bagi penderita stroke tidak harus dilakukan oleh dokter di rumah sakit. Keluarga juga memiliki peran yang sangat penting dalam pemulihan penderita pasca stroke. Namun tidak banyak yang tahu bagaimana pemulihan kesehatan yang tepat bagi penderita stroke. Pengetahuan tentang pemulihan kesehatan bagi penderita stroke tidak hanya untuk mereka yang memilik saudara yang terkena stroke saja. Anda juga harus mengetahui cara pemulihan penderita stroke bila suatu saat nanti pengetahuan itu dapat anda pergunakan.

  1. Latihan

Stroke dapat menyerang bagian tubuh manapun. Kelumpuhan tangan, kaki, atau, sebagian anggota badan merupakan salah satu contoh dari serangan stroke. Stroke juga dapat menyerang kemampuan memori penderita. Latihan rutin merupakan pemulihan yang tepat bagi penderita stroke. Bagian tubuh lumpuh dapat distimuli kembali dengan pijatan-pijatan. Anda juga dapat memfasilitasi penderita dengan spons yang digunakan untuk melatih otot tangan. Spons tersebut diremas-remas dengan tujuan untuk menguatkan kembali otot tangan penderita. Bila stroke menyerang bagian memory, biasanya akan mengakibatkan pikun. Anda dapat melatih memorynya dengan membantu menghafalkan nama-nama keluarga berdasarkan foto, menghafalkan huruf, angka, uang, warna, dan sebagainya. Latihan ini harus dilaksanakan secara rutin. Selain itu kegiatan ini juga akan membantu penderita untuk dapat kembali beraktifitas normal.

  1. Olahraga
Baca Juga  Ragam Informasi Kesehatan

Olahraga ringan juga dibutuhkan dalam pemulihan penderita stroke. Olahraga ringan yang dapat dilakukan oleh penderita seperti jalan-jalan, yoga, dan senam santai akan merelaksasi otot-otot penderita.

  1. Mengatur pola makan

Penderita stroke juga harus mengatur kembali pola makannya sehari-hari. Bila penderita stroke juga memiliki penyakit diabetes, maka ia wajib mengurangi konsumsi gula dalam makanan, minuman, serta buah-buahan. Penderita stroke yang juga memiliki penyakit jantung, wajib menghindari makanan-makanan berlemak dan berkolesterol tinggi. Memperbanyak makan sayur akan lebih baik bagi kesehatan para penderita stroke. Selain itu batasi konsumsi garam tiap harinya.

  1. Mengatur aktifitas sehari-hari

Aktifitas penderita stroke wajib diatur kembali. Jangan biarkan penderita stroke tidak memiliki aktifitas setelah makan. Sebaiknya setelah makan, anda mengajak penderita stroke untuk berlatih meskipun hanya 30 menit. Hal itu berfungsi untuk mengurangi kadar gula dan lemak dalam tubuh setelah makan.

  1. Konsumsi obat dokter ataupun herbal

Penderita stroke tetap harus mengonsumsi obat yang telah diberikan oleh dokter. Obat tersebut juga akan membantu pencegahan penyempitan pembuluh darah. Beberapa jenis obat herbal juga bisa dikonsumsi penderita stroke untuk upaya kesembuhannya.

 

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai cara pemulihan penderita stroke. Semoga dapat bermanfaat, Salam sehat catatankesehatan.com

Incoming search terms:

author

Leave a reply "Cara Pemulihan Tepat Untuk Orang Yang Terkena Stroke"