Cara Menjaga Kesehatan Jantung

No comment 444 views

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Cara Menjaga Kesehatan Jantung Yang Mudah Dan Menyenangkan

Berbagai cara menjaga kesehatan jantung kini telah hadir menyebar di tengah-tengah kita. Kini, kita tidak lagi mengalami kesulitan dalam mencari bahan referensi untuk menjaga tetap sehatnya organ tubuh yang selalu berdetak ini. Di berbagai media cetak maupun elektronik, tinggal mengetik kata jantung anda sudah bisa dapatkan berbagai informasi lengkapnya. Dan, salah satu contoh ada pada tulisan kecil ini. Kami akan berbagi lima cara mudah dan menyenangkan yang bisa anda terapkan di kehidupan sehari-hari.

Sekalipun penyakit jantung ini bukan merupakan penyakit menular, tapi kita tetap harus waspada dan awas terhadapnya. Beberapa sumber menyatakan bahwa penyakit ini menyerang karena kurangnya aktivitas fisik yang diimbangi dengan pola makan dan atau gaya hidup yang tidak beraturan. Padahal jika kita mau berusaha, menjaga agar jantung tetap sehat sangatlah mudah. Berikut penjelasannya singkatnya :

  1. Berjemur

Ketika kita masih duduk di tingkat sekolah dasar, bapak ibu guru pernah menjelaskan kandungan dari sinar matahari bukan? Jika anda masih ingat, coba sebutkan kandungan apa yang terkandung dari sinar matahari ini? Yup, benar sekali. Sinar matahari di pagi hari mengandung vitamin D yang bermanfaat untuk meminimalisasi pembentukan plak di dalam pembuluh darah. Dan, sebuah penelitiaan di luar negeri menyatakan bahwa manusia dengan tingkat vitamin D yang tinggi memiliki resiko terserang penyakit jantung lebih rendah, bahkan hingga 31%. Mengejutkan bukan? Mulai besok, cobalah untuk menyempatkan diri berjemur 20 hingga 30 menit sebelum pukul 10.00 pagi.

  1. Mengonsumsi Cokelat

Kebanyakan para remaja yang takut remaja atau takut gemuk malah menghindari cemilan manis yang satu ini. Setelah anda membaca halaman ini anda tidak akan lagi menghindari cokelat manis, bahkan anda akan segera berburu cokelat di swalayan. Tentu saja harus dengan takaran yang seimbang. Bagaimana bisa makanan yang dicap bikin gemuk bisa membantu mengurangi resiko penyakit jantung? Tentu saja bukan sembarang cokelat, melainkan dark chocolate yang mengandung flavonoid dan magnesium yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, cokelat juga mengandung asam stearat yang merupakan salah satu lemak ramah bagi jantung. Apa fungsi dari lemak ramah ini? Ia dapat menghalangi radikal bebas yang bisa merusak dinding arteri.

  1. Rajin berolahraga
Baca Juga  Gejala Kanker Payudara Akut

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Penyakit jantung menyerang sebagian besar karena kurangnya aktivitas fisik. Dan, untuk mengurangi resiko meningkatnya penyakit jantung, maka anda wajib untuk berolahraga. Olahraga ringan seperti jalan cepat, renang, lari pagi atau jogging dan yang menjadi favorit saya adalah bersepeda.

      4. Jauhi kebiasaan merokok

Merokok sangat berpengaruh pada pembuluh darah dan jantung. Hindari kebiasaan merokok karena dapat menyebabkan kerusakan jantung.

      5. Istirahat yang cukup

Tidur adalah usaha self service dari tubuh dalam usaha pemulihan. Kualitas kerja yang padat terkadang menyebabkan orang jadi kurang tidur atau bahkan susah tidur. Kurangnya tidur ini juga ternyata dapat mempengaruhi kesehatan jantung kita. Karena itulah disarankan agar seseorang dapat memenuhi kualitas tidur minimal 8 jam sehari.

Sebenarnya masih banyak lagi cara menjaga kesehatan jantung yang bisa dijabarkan. Untuk kali ini, saya hanya menulis 5 hal utama yang mudah dan bahkan menyenangkan untuk dikerjakan. Jangan menunggu vonis dokter untuk memulainya. Lakukan sekarang!

author

Leave a reply "Cara Menjaga Kesehatan Jantung"