Cara Mengatasi Obesitas Pada Anak

No comment 253 views

# Cara Mengatasi Obesitas Pada Anak

Cara mengatasi obesitas pada anak

sumber image from oksbanget.com

 

 

Masih ingat dengan kasus anak berumur 10 tahun bernama Arya Permana asal Karawang yang menjadi viral di media dengan berat badan mencapai 190 kilogram? Ya kasus berat badan berlebih atau dikenal dengan over obesitas ini tentu sangat memprihatinkan untuk anak seusia dia. Obesitas tidak hanya menyerang orang dewasa, banyak kasus obesitas juga menghinggapi anak-anak. Obesitas tentu saja berefek sangat tidak baik untuk pertumbuhan anak dari berbagai aspek baik itu fisik, mental dan lingkungan.

Mengapa anak-anak bisa terkena obesitas?

Jawaban utamanya tentu saja karena kelengahan dan ketidakpahaman orang tua dalam mengontrol pola makan dan gaya hidup anak. Karena terlalu dimanja sehingga setiap keinginan anak dituruti. Jika hal positif mungkin bermanfaat, namun jika itu malah berakibat tidak baik untuk anak tentunya harus dikontrol. Segala sesuatu yang berlebihan bagaimanapun juga bisa berakibat tidak baik. Spesifik untuk kasus obesitas ini biasanya karena anak merasa lapar dan minta makan terus, karena rasa sayang orang tua merasa tidak tega melarang apalagi jika anak sampai menangis, sehingga otomatis akan membuat berat badan terus meningkat jika dilakukan berkesinambungan. Ditambah lagi tentunya jenis makanan yang dikonsumsi tidak memiliki kandungan baik untuk perkembangan tubuh. Untuk kasus Arya Permana, makanan yang rutin dikonsumsi seperti mie instan dan minuman kemasan yang banyak mengandung pemanis dan pewarna buatan.

Bagaimana cara mengatasi obesitas pada anak?

Sebenarnya syarat utama cara mengatasi obesitas pada anak sama saja dengan pada orang dewasa. Intinya adalah pola makan dan gaya hidup sehat aktif sehingga kebugaran dapat tetap selalu terjaga. Pola hidup sehat dan rutin berolahraga sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh termasuk pada anak-anak. Pola hidup sehat mencakup banyak aspek yaitu asupan makanan, olahraga rutin, istirahat teratur serta kebersihan diri dan lingkungan. Keempat aspek itu menjadi jembatan penting untuk keseimbangan kesehatan tubuh.
Berikut beberapa tips pola hidup sehat yang dapat membantu mengatasi dan menghindarkan penyakit obesitas pada anak yaitu

  • Usahakan untuk selalu dapat menyajikan makanan untuk anak dengan nutrisi gizi seimbang. Kurangi atau jika perlu hindari konsumsi mie instan, snack atau junk food yang umumnya memiliki kandungan garam dan gula tinggi. Hindari juga minuman bersoda dengan pemanis buatan yang memiliki nilai gizi rendah. Jaga anak anda agar tidak jajan sembarangan karena kita tidak tau apakah jajanan yang dikonsumsi steril/bersih dan bergizi.
  • Aktivitas fisik seperti berolahraga harus mulai anda biasakan pada anak. Olahraga teratur tentu sangat bermanfaat untuk menyehatkan jantung, suasana hati, membakar lemak dan kalori, menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol tubuh dan banyak manfaat lainnya. Dikutip dari kompas, manfaat olahraga pada anak dapat meningkatkan kesehatan karena lemak dan kalori dibakar, meningkatkan kecerdasan, membangun rasa sportif dan tingkat kepercayaan diri, membina ketekunan, dan tentunya membawa suasana hati senang apalagi jika itu bentuk olahraga permainan.
  • Jaga selalu waktu istirahat anak anda. Kebiasaan mewajibkan anak untuk tidur siang bisa anda terapkan. Kontrol lah waktu bermain anak jangan sampai menggangu waktu istirahatnya.
  • Menjaga kebersihan diri juga salah satu hal wajib untuk ditumbuh kembangkan sejak dini pada anak. Mulai dari hal kecil biasakan cuci tangan sebelum makan, rajin menggosok gigi dan kebiasaan lainnya yang baik untuk kebersihan anak.
  • Rutinlah memeriksakan kesehatan anak secara berkala untuk menjaga dan menghindarkan dari terserang penyakit. Konsultasikan pada dokter mengenai kesehatan anak anda.
Baca Juga  Menjaga Senyum Tetap Cemerlang

Demikian sedikit tips cara mengatasi obesitas pada anak. Peranan anda sebagai orang tua menjadi kebutuhan primer dalam mengontrol kesehatan dan tumbuh kembang anak. Semoga bermanfaat

author

Leave a reply "Cara Mengatasi Obesitas Pada Anak"