Cara Mengatasi Kaki Biku

No comment 395 views

Cara Mengatasi Kaki Biku - Pada artikel kali ini, saya mencoba membahas tentang kaki biku atau cantengan. Sahabat setia catatankesehatan.com mungkin pernah mengalami kaki biku atau cantengan yang tidak tau dari mana asalnya, apa penyebabnya,bagaimana cara mengobatinya dan cara pencegahannya. Untuk menjawab pertanyaan - pertanyaan yang terlintas dibenak Anda, mari ikuti pembahasannya dibawah ini.

apa kaki biku / cantengan, penyebabnny, cara mengobati dan mencegahnya

Apa itu Kaki Biku / Cantengan? sumber gambar dari www.tribunnews9.com

Penjelasan tentang Kaki biku / Cantengan

Kaki adalah salah satu bagian yang sering kali terlupakan kebersihannnya dari perhatian kita. Biasanya hanya bagian tubuh tertentu saja yang kita perhatikan kebersihannya, jari kaki juga memerlukan perhatian akan kebersihan dan perawatan agar terhindar dari infeksi kuman dan bakteri. Kaki biku / centengan biasanya sering kali terjadi pada jempol kaki yang akan menimbulkan rasa nyeri dengan berwarna merah pada jempol kaki bagian ujung kuku dan bahkan bisa sampai mengeluarkan nanah. Selain itu  juga menimbulkan bau tidak sedap pada kaki yang dapat menurunkan rasa percaya diri kita dihadapan orang lain.

Sebagian orang wanita ataupun laki-laki menyukai kuku panjang pada kaki. Yang perlu anda ketahui, pertumbuhan kuku pada jari kaki dapat menyebab semakin memperluas perkembangbiakan dari bakteri dan kuman yang masuk ke sela-sela jari yang membuat jari kaki menjadi infeksi. Sehingga ketika kita ingin memotong kuku jari kaki tanpa sadar melukai daging jari kaki yang menimbulkan kaki biku / centengan. Hal tersebut disebabkan kuku yang panjang tumbuh menyelip pada bagian dalam jari kaki. Kesalahan memotong kuku jari kaki yang terlalu dalam inilah yang dapat menimbulnya kaki biku / cantengan. Biasanya kaki biku / cantengan timbul dengan ciri bengkak, kulit kemerahan, dan timbulny gelembung yang berisi cairan atau nanah yang apabila pecahakan menimbulkan bau tidak sedap pada jari kaki.

Baca Juga  Cara Ampuh Atasi Mabuk di Perjalanan

Cara mengobati kaki biku / cantengan

Mengobati kaki biku / cantengan dapat memerlukan obat, mulai dari obat kaki biku / cantengan tradisional, antibiotik, sampai tindakan operasi kecil sesuai dengan keadaan kaki biku / cantengan yang sedang dialami. Terdapat banyak cara untuk mengobati kaki biku / cantengan, berikut beberapa cara cukup ampuh untuk mengobatinya :

  • Perendaman Kaki, Perndaman kaki dengan menggunakan air hangat tergolong cara mengobati kaki biku / cantengan secara alami dan langkah awal untuk pengobatannya. Untuk perendaman dilakukan pada kaki yang yang terkena kaki biku / cantengan menggunakan air hangat bercampur garam selama 15 menit sebanyak 2 sampai 3 kali sehari. Hal ini akan mengurangi bengkak dan nyeri pada kaki sehingga membantu penyembuhan.
  • Setelah melakukan perendaman, olesi jempol kaki yang terkena kaki biku / cantengan dengan krim antibitiotik contohnya krim Gentamisin dan Klindamisin. Kemudian balut tipis kaki biku / cantengan dengan kasa steril. Anda bisa menggunakan Rivanol jika tidak ada krim antibiotik.
  • kaki biku / cantengan juga bisa di obati dengan obat alami tradisional seperti daun pacar kuku. Cara mengolah daun pacar kuku agar bisa digunakan sebagai obat yaitu cuci bersih dahulu daun pacar kukunya. Setelah itu tumbuk daun pacar kuku hingga halus kemudian tambahkan gula merah secukupnya dan tambahkan air perasan jeruk nitip. Setelah selesai tempelkan pada bagian yang sakit kemudian dibalut dengan menggunakan kasa hingga 3-4 jam lalu dapat diganti dengan yang baru.
  • untuk kuku kaki biku / cantengan yang sudah bernanah, dokter akan memangkas atau membuang bagian kuku yang menancap dalam istilah kedokteran disebut onycotomy partial (partial extraction of the nail) sehingga jaringan disekitarnya terbebas dari tancapan kuku. Sebelum melakukan prosedur ini, terlebih dahulu dilakukan penyuntikkan obat bius agar tidak terasa sakit.
Baca Juga  Atasi Depresi Dengan Terapi Bunga

Cara pencegahan kaki biku / cantengan

untuk mencegah agar tidak terkena kaki biku / cantengan potonglah kuku Anda  jangan terlalu pendek hingga menimbulkan luka pada daging kuku dengan kata lain Anda harus memotong kuku dengan baik dan benar. Selain itu Anda harus menjaga kebersihan dan perhatian lebih dengan melakukan perawatan. Hindari pemakain sepatu sempit karena akan menimbulkan tekanan yang membuat kuku tumbuh ke samping dalam.

Sekian yang dapat saya bagikan, semoga Anda akan lebih memperhatikan kebersihan kuku Anda agar tidak terkena kaki biku / cantengan. Semoga bermanfaat!!

author
Hai, saya icha dari sanggau. Saya seorang blogger pemula yang masih perlu banyak belajar karena yang membuat saya terus berkembang adalah tujuan-tujuan hidup saya. Semoga apa yang saya posting bisa bermanfaat bagi pembaca

Leave a reply "Cara Mengatasi Kaki Biku"