Cara Efektif Menghilangkan Keloid

No comment 351 views

Anda mempunyai keloid pada salah bagian tubuh yang mengurangi rasa percaya diri??? Mari kita bahas apa sebenarny keloid dan cara efektif menghilangkan keloid.

cara efektif menghilangkan keloid yang ada pada tubuh

Cara Efektif Menghilangkan Keloid sumber gambar dari Jamu Tradisional Mujarab

Apa sih sebenarnya keloid??

Keloid adalah bekas luka yang bisa mengganggu penampilan karena bentuknya yang cukup tebal dengan warna yang kontras dengan kulit sekitarnya. Keloid bisa dikatakan sebagai penyakit kulit yang bisa terjadi akibat luka yang tidak normal dan di sebabkan adanya kelebihan pertumbuhan jaringan yang dihasilkan tubuh kita saat pertumbuhan baru jaringan.

Keloid dapat berukuran jauh lebih besar dari bekas luka atau luka dan keloid bisa bertahan sampai bertahun-tahun semakin membesar. keloid dapat tumbuh disemua bagian tubuh, akan tetapi yang sering ditemukan yaitu pada dada atas,lengan, dan bagian depan leher. Walaupun  sebenarnya keloid tidak membahayakan kesehatan tentu saja keloid ini akan menyebabkan masalah pada kecantikan kita. Biasaya kita menjadi kurang pede efek dari tumbuhnya keloid pada bagian tubuh.

Penyebab terbentuknya keloid kebanyakan berasal dari luka pada kulit Anda. Berikut beberapa luka yang dapat menyebabkan tumbuhnya keloid seperti :

  • Bekas jerawat pada wajah
  • Luka bakar pada bagian tubuh tertentu
  • Cacar air
  • Bekas sayatan pada saat operasi
  • Tindikan pada telinga
  • Bekas suntikan

Keloid  juga cenderung dipengaruhi oleh faktor keturunan. jika orang tua kita mempunyai keloid pada bagian tubuh tertentu, maka ada kemukinan bisa tumbuh keloid juga pada tubuh kita akibat dari bekas luka. Biasanya tumbuhnya keloid mempunyai tanda-tanda atau gejala seperti berwarna merah muda, menonjol atau berkerut, dan gatal. Tumbuhnya keloid yang menonjol tersebut akan terus bertambah besar. Apabila kelolid yang Anda alami terasa gatal, itu pertanda bahwa keloid yang Anda alami sama sekali tidak berbahaya.

Baca Juga  Penyebab Masuk angin

Cara efektif menghilangkan keloid

Sebenarnya keloid tidak  penanganan medis, akan tetapi apabila Anda merasa terganggu dengan adanya keloid sebaiknya menemui ahli kesehatn. Proses pengobatan keloid akan diawali dengan biopsi kulit untuk memastikan benjolan tidak bersifat ganas dan benjolan di kulit bukan merupakan tumor. Keloid dapat tumbuh akibat dari pemulihan bekas luka, sehingga untuk menghilangkan keloid yaitu dengan memicu jaringan luka untuk tidak tumbuh kembali. Agar tidak terjadinya kemungkinan bekas luka kembali tumbuh menjadi terlalu besar dan membentuk keloid baru.

Walaupun tidak terlalu beresiko pada kesehatan, obat serta tindakan pengobatan untuk penghilangan keloid masih tetap tersedia. Berikut beberapa cara efektif menghilangkan keloid yang biasanya dilakuka yaitu

  • Suntikan kortikosteroid untuk mengurangi peradangan, termasuk aman dan tidak begitu menyakitkan hanya seperti digigit semut. Suntikan ini didapat pada ahli kesehatan yang dilakukan sebulan sekali secara rutin sampai hasilnya maksimal. Suntik keloid ini bersifat aman karena sangat sedikit steroid yang masuk ke aliran darah dan terbukti efektif membantu menghilangkan keloid. Keloid akan mengecil setelah penyuntikan secara rutin. Akan tetapi hasil yang terbaik tetap meninggalkan bekas kulit agak kasar beda dengan warna kulit.
  • Operasi keloid. Apabila anda memutuskan untuk menghilangkan keloid dengan cara operasi tentunya ada resiko tersendiri yaitu dengan memotong keloid dapat memicu pembentukan keloid yang sama atau bahkan lebih besar dari sebelumnya. Karena penyuntikan beresiko maka dokter akan mengkombinasikan operasi dengan penyuntikan dan radiasi.
  • Radiasi dapat juga dilakukan untuk menghilangkan keloid merupakan  cara efektif dan cukup aman untuk menghilangkan keloid

Ada juga beberapa jenis obat yang juga efektif dalam menghilangkan keloid yaitu seperti Flurandrenolide tape (Cordran), Bleomycin, Tacrolimus, Methotrexate, Pentoxifylline (Trental) dan Colchicine. Sebaiknya obat-obatan tersebut digunakan dengan resep dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Demikianlah cara efektif yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi bahkan menghilangkan keloid yang menggangu kepercayaan diri, ada baiknya Anda tetap melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Semoga bermanfaat!!!

author
Hai, saya icha dari sanggau. Saya seorang blogger pemula yang masih perlu banyak belajar karena yang membuat saya terus berkembang adalah tujuan-tujuan hidup saya. Semoga apa yang saya posting bisa bermanfaat bagi pembaca

Leave a reply "Cara Efektif Menghilangkan Keloid"