Berapa Banyak Air yang Harus Anda Minum Setiap Hari?

No comment 485 views

Berapa Banyak Air yang Harus Anda Minum Setiap Hari

Berapa Banyak Air yang Harus Anda Minum Setiap Hari?

Umumnya, air minum penting untuk tubuh, dan cairan dalam tubuh harus dipenuhi untuk mencegah dehidrasi. Tubuh kita, lebih dari 60% - nya terdiri atas air. Setiap sistem di dalam tubuh bergantung pada air, misalnya membersihkan racun pada organ penting dalam tubuh, mengantarkan nutrisi ke sel tubuh, membuat kulit lembab dan sehat, dan banyak manfaat penting lainnya. Kurangnya cairan dalam tubuh menyebabkan dehidrasi, yaitu kondisi ketika tubuh tidak memiliki cairan yang cukup untuk menjalankan fungsinya dengan baik.

Untuk ukuran wanita seharusnya minum 1,6 liter air setiap hari dan pria sebanyak 2 liter air. Aturan di atas hanyalah ‘acuan dasar’ untuk memastikan bahwa tubuh tidak kekurangan cairan. Pada kondisi tertentu, anda harus minum banyak air, misalnya jika berolahraga, beraktifitas di cuaca panas, mengkonsumsi banyak diuretik (kopi, teh, soda, minuman manis, dsb.), hamil dan menyusui, atau ketika menjalani pengobatan yang mengharuskan anda mengkonsumsi banyak air. Cara paling mudah untuk memastikan kebutuhan air tubuh tercukupi dengan mengikuti acuan diatas dan minum banyak air ketika haus. Praktik yang baik untuk anda diikuti adalah:

  • Minum 1 - 2 gelas air saat bangun tidur
  • Minum 1 gelas air sebelum berolahraga dan 1 gelas setelah berolahraga
  • Minum segelas air setelah sarapan, makan siang dan makan malam
  • Minum 1 gelas air setelah mengkonsumsi makanan / minuman manis, kopi, dan minuman bersoda.
  • Sediakan air jika beraktifitas di luar rumah
  • Minum 1 - 2 gelas sebelum tidur

Umumnya makanan juga mengandung air, seperti daging, ikan, telur, serta beragam buah dan sayuran. seperti semangka, melon, jeruk, timun, dll. Sangat efektif untuk mengisi dan menggantikan cairan tubuh yang hilang melalui bernapas, keringat, dan urinasi. Terlalu sedikit mengkonsumsi air menyebabkan masalah bagi tubuh dan kesehatan. Air membantu sistem pencernaan dan menjaga kesehatan ginjal (sehingga ginjal dapat membersihkan racun dalam tubuh), dan memperlancar sistem pembuangan melalui urinasi dan buang air besar. Gejala dan tanda dehidrasi lainnya antara lain:

  • Air urin berwarna gelap / keruh
  • Merasa lelah
  • Berkurangnya fokus
  • Sakit kepala
Baca Juga  Membatasi Asupan Kalori Bikin Panjang Umur?

Pentingnya air tidak hanya menjaga fokus dan meningkatkan kinerja otak, tetapi membuat anda lebih berenergi sepanjang hari. Anda mungkin bisa tetap beraktifitas tanpa asupan air yang cukup, akan tetapi anda akan merasa tidak nyaman dan tubuh tidak dapat bekerja secara optimal. Biasakan minum air secara rutin dan melatih kebiasaan untuk menjaga hidrasi tubuh anda setiap hari, agar anda bisa menjalankan kegiatan secara maksimal dan lebih produktif.

author

Leave a reply "Berapa Banyak Air yang Harus Anda Minum Setiap Hari?"