Bahaya Akibat Kurang Serat yang Wajib Anda Ketahui

No comment 192 views

Bahaya Akibat Kurang Serat

Bahaya Akibat Kurang Serat yang Wajib Anda Ketahui - Serat adalah nutrisi yang diperlukan tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan dan melancarkan fungsi tubuh lainnya. Dengan serat tubuh bisa berfungsi dengan baik. Serat bisa diperoleh dari berbagai makanan seperti buah-buahan, sayur, gandum, dan lain sebagainya. Dengan memenuhi kebutuhan serat dengan cukup setiap harinya maka tubuh akan tetap sehat.

Lantas tahukah Anda bahwa kekurangan serat bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh. Dan berikut ini adalah bahaya akibat kurang serat yang bisa Anda ketahui.

  1. BAB Menjadi Tidak Lancar

Kurangnya asupan serat untuk tubuh bisa menyebabkan seseorang mengalami kesulitan buang air besar. Yaitu BAB menjadi tidak lancar dan terjadi sembelit. Apabila hal ini terus dibiarkan maka hal ini bisa menyebabkan ambeien, yaitu membengkaknya pembuluh vena pada anus.

Ambeien yang dibiarkan dan tidak segera ditangani bisa membahayakan kesehatan Anda. Ambeien bisa pecah dan mengganggu aktivitas. Sehingga aktivitas menjadi tidak lancar dan pekerjaan yang Anda lakukan menjadi tidak stabil.

Yang paling parah lagi akibat kurang serat bisa menyebabkan ambeien parah yang pada akhirnya akan pecah dan terjadi perdarahan saat buang air besar. Dan pada kondisi yang lebih parah, jalan satu-satunya untuk mengatasi ambeien yaitu dengan menjalankan operasi ambeien.

Untuk mencegah hal tersebut supaya tidak terjadi maka cukupilah asupan serat Anda setiap harinya. Yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran dengan rutin. Dengan begitu Anda bisa terhindar dari yang namanya sembelit atau susah buang air besar.

  1. Pencernaan Menjadi Tidak Sehat

Akibat kurang serat juga bisa menyebabkan fungsi pencernaan menjadi tidak sehat. BAB menjadi tidak lancar, terjadi ambeien, hal inilah yang akan membuat pencernaan Anda menjadi tidak sehat.

Baca Juga  Apa Saja Penyebab Keringnya Miss V

Pencernaan yang tidak sehat ini akan membuat organ pencernaan tidak berjalan semestinya. Apabila sembelit maka feses akan tertahan di usus besar, lama kelamaan bisa keras dan membahayakan kesehatan usus. Untuk itu jika hal ini terjadi maka bisa berbahaya bagi kesehatan Anda.

Konsumsilah serat secara teratur setiap hari supaya tubuh dan pencernaan Anda tetap sehat. Biasakan makan-makanan berserat setiap hari agar terhindar dari berbagai penyakit yang bisa saja mengancam.

  1. Perut Menjadi Sakit

Feses yang mengeras di usus karena kurangnya serat bisa menimbulkan rasa nyeri di perut. Feses ini akan diserap sisa airnya oleh usus besar, jika semakin lama tidak dikeluarkan maka usus akan menyerap terus menerus, akibatnya feses akan menjadi keras. Apabila Anda akan buang air besar, maka akan sakit sebab feses ini susah keluar.

Jadi solusi yang tepat untuk menghindari akibat kurang serat ini adalah bisa dengan minum obat pencahar dan diimbangi dengan konsumsi buah tinggi serat seperti pepaya. Jika sudah parah maka segeralah hubungi dokter untuk penanganan yang cepat.

  1. Buang Angin Menjadi Susah

Buang angin adalah salah satu pengeluaran gas atau sisa pembakaran pada tubuh. Jika kurang serat dan feses mengeras di usus, maka jalan gas untuk keluar akan menjadi sulit. Akibatnya gas perut atau kentut akan sulit keluar dan menjadi masalah yang membahayakan kesehatan. Untuk itu waspadalah akibat kurang serat yang satu ini, jangan sampai buang angin saja Anda akan kesulitan.

  1. Kanker Perut

Feses yang terbiarkan lama mengendap di usus bisa menjadi sel abnormal dan berubah menjadi kanker. Tentunya hal ini akan sangat membahayakan kesehatan jika dibiarkan.

Untuk mengobati penyakit yang disebebkan kurang serat ini sangat susah, karena harus melakukan berbagai macam pengobatan yang tentunya biayanya sangat mahal. Jadi cegahlah jangan sampai hal ini terjadi.

Baca Juga  Berapa Banyak Air yang Harus Anda Minum Setiap Hari?

Serat memang dibutuhkan manusia untuk melancarkan pencernaan. Tanpa serat sistem pencernaan tidak akan bekerja dengan baik dan terjadilah susah buang air besar. Jika dibiarkan terus-menerus maka hal tersebut bisa menyebabkan berbagai penyakit. Jadi penuhilah kebutuhan serat harian Anda dengan rajin mengonsumsi buah-buahan berserat tinggi. Serat yang tinggi inilah akan mencegah kita dari susah buang air besar dan berbagai masalah lainnya.

Semoga dengan adanya informasi akibat kurang serat ini kita semakin sadar untuk selalu rajin mengonsumsi serat secara teratur. Karena serat sangat dibutuhkan tubuh guna menjalankan semua fungsinya dengan baik.

Demikianlah info yang dapat Anda ketahui mengenai bahaya akibat kurang serat diatas. Semoga informasi tersebut bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

author

Leave a reply "Bahaya Akibat Kurang Serat yang Wajib Anda Ketahui"