Atasi Radang Amandel Dengan Bawang Merah

No comment 261 views

Tips Atasi Radang Amandel Dengan Bawang Merah - Walaupun penyakit amandel termasuk penyakit yang tidak terlalu berbahaya, namun tetap saja siapapun yang terserang penyakit ini akan merasakan sakit serta pengalaman yang tidak mengenakkan. Sebenarnya amandel sendiri bukanlah sejenis penyakit, tapi merupakan bagian tubuh yang terdapat pada bagian belakang rongga mulut, tepatnya pada sebelah sisi kanan dan kiri rongga mulut.

cara atasi amandel

atasi amandel dengan bawang merah sumber dari www.borobudurherbal.com

Biasanya dalam penanganan penyakit ini, kebanyakan orang akan langsung membawa ke dokter . Penanganan oleh dokter untuk menyembuhkan radang amandel biasanya dengan menggunakan obat-obatan maupun dengan dibedah ringan. Namun hal ini biasanya memiliki efek samping. Ya meskipun efeknya mungkin tidak terlalu berbahaya. Tanpa kita sadari, sebenarnya disekitar lingkungan kita banyak tersebar bahan yang bisa menjadi obat untuk mengatasi radang dibagian tenggorokan ini.

Diagnosa Radang Amandel

Dilansir dari situs Alodokter.com, Dalam mendiagnosa radang amandel, Bagian tenggorokan akan menjadi tempat pertama untuk diperiksa, kemudian akan mengajukan pertanyaan perihal gejala yang Anda rasakan untuk mengetahui tingkat penyakit lebih lanjut.

Penyebab utama radang amandel adalah karena infeksi bakteri. Biasanya gejala yang ditimbulkan berupa adanya pembengkakan kelenjar getah bening di tenggorokan anda. Gejala lainnya yaitu munculnya bintik-bintik nanah di sekitar amande serta demam tapi tidak disertai dengan batuk.

Amandel sendiri ada beberapa jenis. Berikut beberapa jenis amandel :

1. Tonsilitis Akut

Jika anda mengalami infeksi selama sekitar 3 minggu, maka ini sudah termasuk kedalam keadaan tonsilitis akut

2. Tonsilitis Kronis

Untuk kategori tonsilitis kronis terjadi jika anda mengalami infeksi sebanyak 7 hingga 8 kali dalam setahun. Infeksi radang yang terjadi secara berkesinambungan selama kira-kira 3 tahun juga masuk kedalam tonsilitis kritis.

Untuk diketahui amandel sebenarnya merupakan bagian tubuh yang memiliki peran cukup penting dalam mensupport dan mendukung sistem kerja kekebalan tubuh. Berbagai jenis virus, bakteri, kuman yang datang bersama makanan atau udara akan masuk ke dalam tubuh melalui mulut dan akan melewati amandel. Hal inilah yang menjadi penyebab amandel akan banyak dikerubungi oleh aneka kuman, virus dan bakteri. Jadi ya wajar saja jika amandel sangat mudah terkena infeksi dan timbul peradangan. Jangka waktu kerja produktif amandel adalah saat antara usia anak hingga usia remaja. Sehingga tidak heran amandel ini akan sering menyerang pada anak-anak. Saat memasuki usia dewasa, fungsi amandel dalam menjaga kekebalan tubuh perlahan akan menurun.

Baca Juga  Tenggorokan Sakit: Karena Pilek atau Radang Tenggorokan?

Berdasarkan penelitian yang dikutip dari situs boldsky.com menemukan tips dan cara mudah dalam mengobati penyakit amandel yaitu dengan menggunakan air rebusan bawang merah.

Mengapa Bawang Merah?

Disebutkan bahwa bawang merah bersifat anti inflamasi yang fungsinya berguna mengurangi peradangan. Sifat anti inflamasi ini bersatu dengan sifat anti bakteri sehingga bawang merah sangat efektif menghancurkan bakteri sebagai sumber penyebab timbulnya infeksi amandel.

Berdasarkan penelitian, dengan banyak meminum air rebusan bawang merah sangat bermanfaat mengobati radang amandel dan mencegah agar infeksi tidak menyebar.

Caranya cukup simple dan sederhana dalam membuat air rebusan bawang merah ini. Rebus beberapa siung bawang merah ke dalam air mendidih. Setelah itu minumlah air rebusan bawang merah tersebut. Jika mulut anda tidak cocok meminum rebusan bawang merah ini, anda juga bisa menggunakannya dengan dikumur.

Untuk kasus radang yang sering kambuh dan masuk ke tahap akut, penanganan nya biasa akan dilakukan operasi pengangkatan amandel oleh dokter.

Sebenarnya tidak sulit buat anda mencegah tonsilitis atau radang amandel ini. Biasakan lah untuk rajin mencuci tangan baik itu sebelum makan maupun setelah dari wc/toilet. Gunakanlah tisu untuk melindungi mulut dan hidung dari berbagai virus atau bakteri. Saat anda terkena batuk atau pilek, pakailah masker saat berada di tempat umum. Intinya pola dan gaya hidup sehat lah yang dapat membantu melindungi anda dari terkena radang amandel.

Nah itulah tips menghilangkan radang amandel secara alami menggunakan bawang merah. Usahakan untuk mendahulukan penggunaan bahan alami dalam pengobatan amandel ini. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda..

author

Leave a reply "Atasi Radang Amandel Dengan Bawang Merah"