Atasi Nyeri Haid dengan 5 Hal ini!

2 comments 368 views

# Atasi Nyeri Haid dengan 5 Hal ini !

cara mengatasi nyeri haid

Atasi Nyeri Haid dengan 5 Hal ini! sumber gambar dari blog.tokopedia.com

Wanita sering mengalami sakit dibagian perut, hal itu dirasakan ketika akan haid atau saat haid. Nyeri haid merupakan sebuah anugerah bagi wanita, namun yang berbeda jika nyeri haid sudah sangat mengganggu aktvitas kita. Setiap wanita pasti pernah merasakannya. Disinilah peran kita yang harus pandai-pandai mengatasi rasa nyeri saat haid datang.

Nyeri haid timbul disebabkan oleh dinding rahim yang berkontraksi sehingga pembulu darah terjepit dan menyebabkan timbulnya iskemi jaringan. Kontraksi inilah penyebab nyeri haid. Terdapat beberapa cara untuk mengatasi rasa nyeri saat haid, dikutip dari islampos berikut merupakan  5 cara yang patut anda coba :

  1. Mengkonsumsi obat

Saat ini banyak dijual berbagai obat atau minuman khusus untuk meredakan nyeri pada saat menstruasi untuk wanita. Penggunaan obat-obatan untuk mengatasi rasa nyeri saat haid sebenarnya tidak dilarang. Akan tetapi, diminum sesuai aturan dan tidak boleh berlebihan. Obat – obatan biasanya dapat berbentuk pil dan jamu.

  1. Refleksi

Stres dapat membuat hormon tidak berkembang baik. Refleksi adalah salah satu cara untuk mengurangi dan menghindarkan dari stress. Perasaan yang tenang dan nyaman dan jauh dari stres dipercaya mampu menghindarkan dari rasa nyeri saat haid.

  1. Hipnoterapi

Hipnoterapi adalah satu bentuk terapi untuk pikiran dengan menggunakan metode hipnosis atau di kita lebih familiar dengan sebutan hipnotis, meskipun sebenarnya arti hipnotis dan hipnosis itu berbeda. Karena hipnosis adalah metodenya, sedangkan hipnotis adalah orang yang melakukan hipnosis.
Hipnoterapi pada wanita haid bisa dilakukan oleh diri kita sendiri, baiknya hipnoterapi dilakukan dua atau tiga hari sebelum ataupun sesudah haid. Caranya cukup simple yaitu rebahkan perlahan tubuh anda ditempat tidur dan cobalah pejamkan mata. Cari dan tentukan posisi pw alias enak agar dapat membuat tubuh dan pikiran anda menjadi benar-benar rileks. Nyeri biasanya dimulai dari pikiran, untuk itu coba ubah arah pikiran atau sugesti anda dan tanamkan rasa yakin bahwa nyeri haid akan hilang. Lakukan sekitar kira-kira lima belas menit, Setelah dirasa cukup kemudian buka mata dan rasakan beban dan rasa takut akan nyeri haid.

  1. Kompres dengan botol berisi air hangat
Baca Juga  Mengatasi Pendarahan Selama Kehamilan

Mungkin kita pernah mendengar nasehat dari orang tua dulu. Cara ini sudah cukup banyak orang mempercayainya dan dilakukan secara sederhana. Caranya sangat mudah siapkan sebuah botol plastik, kemudian isi botol tersebut dengan air hangat. jika sudah siap letakkan  botol berisi air hangat tersebut pada bagian perut yang terasa nyeri sambil berbaring dalam kondisi rileks. Lakukan selama 10-15 menit 3-4 kali dalam sehari . Kompres hangat ini dapat mengatasi nyeri haid dengan cara menenangkan otot rahim (relaksasi) dan melancarkan aliran darah.

  1. Olahraga ringan

Hal yang harus diperhatikan untuk mencegah gejala nyeri haid muncul adalah dengan melakukan olahraga secara teratur.Dengan berolahraga diprediksi mampu meredakan sakit yang sering diakibatkan oleh haid karena mampu membantu merilis hormon beta-endorfin. Hormon ini sering dikenal sebagai morfin alami manusia.
Olahraga ringan yang dapat dilakukan yaitu seperti berjalan kaki dapat membantu melancarkan aliran darah karena meningkatkan denyut jantung, aliran darah lancar nyeri haid pun dapat lebih cepat membaik. Lakukan ini selama 30 menit setiap hari. Olahraga yang teratur sebelu menstruasi juga berperan mencegah sakit perut saat haid dan pastikan kita beristirahat yang cukup.

Itulah 5 cara bagaimana mengatasi nyeri saat haid yang bisa kamu coba lakukan dirumah.  Namun jika cara diatas belum mampu mengatasinya nyeri haid yang  berlebihan bahkan mengeluarkan darah haid banyak sebaiknya segera periksakan ke Dokter untuk pengawasan yang lebih baik. Karena tidak ada salahnya juga untuk mengunjungi dokter, khususnya dokter ahli kandungan untuk memeriksakan diri lebih lanjut dan memastikan bahwa tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

author
Hai, saya icha dari sanggau. Saya seorang blogger pemula yang masih perlu banyak belajar karena yang membuat saya terus berkembang adalah tujuan-tujuan hidup saya. Semoga apa yang saya posting bisa bermanfaat bagi pembaca
  1. author

    maryo9 months ago

    Ijin share buat istri saya ya mba.. bagus nich artikelnya.. terima kasih

    Reply
    • author

      angs@8 months ago

      silahkan mas..semoga bermanfaat

      Reply

Leave a reply "Atasi Nyeri Haid dengan 5 Hal ini!"