Apa Manfaat Bersepeda Bagi Tubuh?

No comment 244 views

Apa Manfaat Bersepeda Bagi Tubuh - Bersepeda adalah salah satu olahraga yang murah dan banyak diminati serta sangat menyenangkan. Selain dari sisi fun, Bersepeda juga punya manfaat yang sangat positif bagi kesehatan tubuh. Pergerakan aktif dari kaki dalam mengayuh sama baiknya dengan ketika melakukan olahraga lari.

Apa Manfaat Bersepeda Bagi Tubuh

Manfaat Jika Anda Bersepeda via woocara.blogspot.com

Basicly, olahraga bentuk apapun itu semuanya memberi keuntungan bagi kesehatan tubuh. termasuk diantaranya adalah bersepeda. Pergerakan tubuh yang aktif ketika bersepeda merupakan salah satu elemen penting dalam menjaga tingkat kesehatan tubuh. Lakukan lah secara rutin minimal 2 - 3 jam sehari, niscaya akan memberikan pengaruh positif bagi kesehatan tubuh kita. Apalagi jika dilakukan secara rutin dan teratur.

Bersepeda dapat dilakukan kapan saja. Bahkan beberapa waktu lalu dicanangkan bike to work. Hal ini karena selain bebas polusi, fokus utamanya karena menyehatkan. Ya selain sebagai sarana bagi kesehatan, bersepeda juga dapat beralih fungsi menjadi sarana transportasi yang tentunya menyehatkan juga.

Lalu apa sajakah manfaat bersepeda bagi tubuh?

Berikut diantaranya :

1. Membantu Mempertahankan Daya Tahan Tubuh

Bersepeda adalah olahraga murah dan banyak diminati. Jika dilakukan secara rutin dan teratur tentunya manfaat akan segera menghampiri tubuh. Tubuh yang sehat menjadikan daya tahan tubuh juga akan meningkat. Ya anda tidak akan gampang lelah dan power atau tenaga anda cukup terjaga.

2. Menyehatkan Organ Jantung

Mengayuh sepeda menggunakan bahan bakar tenaga. Detak jantung anda akan mengalun seirama dengan kayuhan kaki. Semakin jauh anda mengayuh maka lantunan irama detak jantung juga akan makin mengalun merdu menuju jantung yang sehat.

3. Mengencangkan Otot

Untuk anda yang berkeinginan mengencangkan otot-otot tubuh, jangan remehkan olahraga bersepeda ini. Ketika kaki anda bergerak mengayuh, punggung dan tangan juga akan ikut bergerak. Jadi bukan hanya otot kaki saja yang akan kencang, namun otot tangan dan punggung juga akan menjadi kencang. Karena kayuhan sepeda berirama dengan pergerakan tubuh yang lain.

Baca Juga  Manfaat Daun Kelor Sebagai Tanaman Ajaib

5. Mengatur Pernapasan

Bersepeda juga dapat membantu melatih pernafasan. Anda mungkin akan ngos-ngosan ketika bersepeda dalam waktu lama dan jarak yang jauh. Namun tanpa disadari, hal itu berdampak baik dalam menyehatkan pernapasan Anda. Pernafasan akan menjadi teratur. Baiknya lakukan pemanasan maupun pendinginan baik sebelum ataupun sesudah anda bersepeda. Manfaatnya tentu sangat penting agar terhindar dari kram atau keseleo dan ritme nafas jadi terkendali.

6. Mengurangi Stress

Ketika anda bersepeda, selain kaki dan tubuh bergerak, mata anda juga akan sekalian cuci mata menyaksikan pemandangan atau keadaan sekitar. Hal ini sangat baik untuk Anda yang terjangkit stress ringan. Efek dari mata ini akan mengalir ke pikiran sehingga membantu menjadi lebih rileks dan jauh dari pikiran kusut.

7. Mencegah penyakit kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang gampang menyerang seluruh bagian tubuh. Perkembangan kanker juga membutuhkan waktu yang cukup lama. Olahraga yang teratur dapat menghindarkan anda dari mendekatnya penyakit kanker. Tubuh yang sehat dan kuat dapat mencegah berkembangnya bibit-bibit sel kanker. Bersepeda adalah salah satu olahraga efektif untuk menjaga tubuh tetap sehat dan kuat.

8.Obat Alami Awet Muda

Bersepeda secara rutin dapat meningkatan porsi aliran darah dengan banyak oksigen ke jaringan otot dan kulit. Hal ini dapat membantu dalam mengeluarkan dan membunuh racun berbahaya sehingga akan membuat Anda terlihat jauh lebih muda.

Untuk anda yang sedang menjalani program diet, wajib bagi anda mencantumkan olahraga bersepeda ini dalam daftar olahraga anda. Bersepeda terbukti dapat menjadi tim sukses dalam program diet anda. Kalori akan dibakar sesuai porsi ketika bersepeda. Sehingga target yang dicapai dalam diet dapat segera diwujudkan.
Karena banyaknya manfaat bersepeda bagi tubuh dan juga lingkungan, maka sudah sepatutnya olahraga bersepeda ini kita lestarikan dan biasakan dalam kehidupan sehari-hari. Sehat ga harus mahal kan?

author

Leave a reply "Apa Manfaat Bersepeda Bagi Tubuh?"