Apa Itu Virus Zika Yang Sangat Meresahkan Masyarakat?

No comment 300 views

Apa Itu Virus Zika Yang Sangat Meresahkan Masyarakat? - Saat ini dunia sedang digemparkan oleh virus zika. Namun belum semua orang atau masyarakat paham apa itu virus zika, penyebab virus zika, gejala terkena virus zika dan cara mengobati penularan virus zika. Ini dikarenakan hingga saat ini masih berkembang penelitian mengenai virus yang sangat meresahkan ini.

Sebenarnya virus zika ini sudah ada sejak dulu, namun berkembang santer baru-baru ini sehingga baru saja terkenal atau dikenal oleh banyak orang. Virus zika yang  pertama kali terdengar menyerang luar negeri ini sekarang sudah masuk ke Indonesia dan hal ini tentu membuat warga Indonesia resah.

Apa Itu Virus Zika Yang Sangat Meresahkan Masyarakat?

Apa Itu Virus Zika?

Apa Itu Virus Zika?

Walaupun sebagai orang awam sangat perlu mengetahui apa itu virus zika. Hal ini sebagai tindakan pencegahan terhadap virus baru tersebut. Dengan pengetahuan lebih awal, resiko terjangkit virus ini bisa menjadi lebih kecil. Dilihat dari bahayanya virus ini, terutama untuk ibu hamil yang katanya virus zika sangat berbahaya untuk ibu hamil.

Dikutip dari cdc , zika atau ZIKV merupakan salah satu jenis virus dari keluarga flaviviridae dan juga dari genus flavirus yang disebarkan oleh nyamuk jenis aedes aegepty. Virus zika masih satu family dengan beberapa virus seperti penyakit kuning, demam berdarah dan chikungunya. Gejala demam zika juga hampir sama dengan gejala demam berdarah dan demam chikungunya.

Sama halnya dengan nyamuk lainnya, nyamuk penyebar virus zika sangat aktif saat siang hari dan hidup berkembang bisa diluar maupun didalam ruangan dekat manusia seperti genangan air.

Bagaimana penularan virus zika?

Virus zika ditularkan oleh gigitan nyamuk aedes aegepti. Nyamuk yang sebelumnya menggigit penderita virus zika akan sangat beresiko membawa virus zika ke orang yang akan digigit selanjutnya. Dan akan terus seperti itu menularkan virus zika pada sekitarnya. Penularan virus zika ini sangat dianjurkan untuk tidak menyerang ibu hamil karena akan sangat berdampak tidak baik pada janin.

Baca Juga  Jenis Benjolan Kanker Payudara

Gejala apa saja jika terkena virus zika?

Setelah tertular oleh virus zika melalui gigitan nyamuk, akan menunjukkan gejala terinfeksi virus tersebut. Gejala tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Demam
  • Timbul bintik merah pada kulit
  • Mata memerah
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Nyeri sendi
  • Lemas
  • Lemah dan terjadi peradangan konjungtivia

Apa yang harus dilakukan jika terinfeksi virus zika?

Setelah anda mengetahui apa itu virus zika pasti akan merasa ketakutan terlebih lagi anda para ibu hamil. Jika anda terinfeksi virus tersebut, berikut hal yang harus anda lakukan:

  • Istirahat cukup
  • Konsumsilah banyak air putih untuk menghindari dehidrasi
  • Konsumsi obat-obatan yang mampu mengatasi demam dan nyeri
  • Sangat dilarang mengonsumsi aspirin dan obat NSAID (alangkah lebih baik dengan resep dokter)
  • Segera cari pengobatan dari medis kedokteran

Dampak apa yang akan terjadi jika menjangkit ibu hamil?

Virus zika merupakan virus yang berbahaya untuk ibu hamil. Untuk itu sangat perlu untuk melakukan pencegahan agar tidak terkena virus zika ini. seorang ibu hamil yang terjangkit virus zika akan beresiko menularkannya kepada janin. Janin yang terlahir dari ibu yang terjangkit virus zika akan beresiko lahir dengan kelainan mikrosefali. Kelainan mikrosefali adalah kelainan bawaan pada sang bayi dimana ukuran kepala lebih kecil dibandingkan dengan bayi pada umumnya.

Lantas bagaimana upaya pencegahan virus zika?

Berbahayanya virus zika terhadap ibu hamil, sangat wajib untuk melakukan upaya pencegahan. Beberapa upaya pencegahan yang anda lakukan antara lain:

  • Maksimalkan mungkin untuk terhindar dari kontak dengan nyamuk
  • Lakukanlah pemberantasan pada sarang nyamuk seperti 3M plus (menguras tempat penampunga, menutup tempat penampungan, memanfaatkan tempat penampungan untuk didaur ulang).
  • Lakukan pengawasan jentik dengan melibatkan masyarakat untuk berperan aktif. Jangan sampai jentik berkembang menjadi nyamuk.
  • Tingkatkan daya tahan tubuh dengan pola hidup sehat dan bersih.
  • Untuk wanita hamil lakukan pencegahan ekstra pada gigitan nyamuk agar terhindar dari penularan virus zika. Seperti memakai baju yang bisa menutupi sebagian besar tubuh, kurangi menggunakan wewangian yang mendatangkan nyamuk.
Baca Juga  Makanan Sehat Untuk Diet Secara Efektif

Dengan sangat trendnya virus zika saat ini sangat perlu bagi anda mengetahui apa itu virus zika yang sebenarnya. Dengan begitu bukan hanya menambah wawasan anda bisa mencegah penularan virus zika pada masyarakat sekitar dan diri anda. Pengetahuan mengenai virus zika ini semoga bisa membuat masyarakat lebih waspada dengan serangan yang bisa datang kapan saja. Walaupun di Indonesia masih sedikit ditemukan, sebagai masyarakat Indonesia harus tetap waspada.

Itulah beberapa pengetahuan mengenai apa itu virus zika, penyebab dan gejala yang harus anda ketahui agar tidak terserang dan terjangkit demam zika yang berbahaya, terlebih lagi untuk anda para ibu hamil.

author

Leave a reply "Apa Itu Virus Zika Yang Sangat Meresahkan Masyarakat?"