Apa Itu Temperamen?

No comment 334 views

#Apa Itu Temperamen?

 

Apa itu temperamen

Apa Itu Temperamen Sumber dari genoong.blogspot.com

Temperamen adalah gejala karakteristik daripada sifat emosi individu, termasuk juga mudah tidaknya terkena rangsangan emosi, kekuatan serta kecepatannya bereaksi, kualitas kekuatan suasana hatinya, segala cara daripada fluktuasi (gelombang) dan identitas suasana hati.

Orang-orang yang bersifat emosi cenderung mengutuk, menyumpah atau bersumpah, berbicara dengan suara yang agak tinggi dengan aneka istilah yang mencerminkan pemikiran terdalam mereka. Ketika Anda marah, pikiran Anda bisa sangat berlebihan dan sangat dibuat-buat.bagaimanapun kemarahan masih bisa diperbaiki dengan mengganti pikiran-pikiran keputusasaan dengan pikiran yang lebih rasional!

Mesti diingat bahwa logika dapat mengalahkan kemarahan,  bahkan ketika dapat dibenarkan, dapat dengan cepat menjadi tidak rasional. Maka gunakanlah logika yang kuat, oleh karena itu dinginkan kepala dan hati Anda. Ingatkan diri Anda bahwa dunia ini tidak diciptakan semata-mata untuk Anda sehingga semua penyebab kemarahan Anda semata-mata hanya ingin memancing Anda untuk marah. Gunakan logika Anda setiap kali Anda merasakan kemarahan, insya Allah hal ini akan membantu Anda mendapatkan suatu perspektif yang lebih seimbang.

Kadang-Kadang lingkungan yang mengelilingi kita menyebabkan kita jengkel. Permasalahan dan tanggung-jawab dapat membebani Anda dan membuat Anda merasa “terperangkap”. Membuat Anda marah kepada semua orang dan berbagai hal yang membentuk “perangkap”.

Saat Anda merasa emosi coba lakukan beberapa cara berikut :

1.Beri kesempatan diri Anda untuk istirahat. Yakinkan bahwa Anda mempunyai beberapa “Waktu Pribadi” (Personal Time) yang dijadwalkan untuk beberapa jam sehari yang Anda tahu terutama sekali adalah waktu-waktu yang sering Anda merasa stres.

2.Pejamkan mata dan menghela nafas dalam dalam , hirup dari hidung dan keluarkan dari mulut, disini akan menstimulai masuknya oksigen melalui rongga pernafasan utama kita serta untuk menenangkan kinerja jantung yang sedang tegang dikarenakan tekanan dari pikiran kita.

Baca Juga  Manfaat Pelukan Untuk Kesehatan

3.Pikirkan dampak buruk , mungkin saat kita sedang terbawa emosi yang ada dalam pikiran kita hanyalah tertuju pada sebuah ketidak keterkendalian saja, akan tetapi mungkin bisa dicoba untuk dibiasakan berpikiran tentang apa sih dampak buruk yang kita akibatkan bagi , kita sendiri dan orang lain yang ada disekitar kita, dan serta bagaimana sikap orang lain terhadap kita selanjutnya? pasti akan sedikit atau bahkan banyak berbeda

4.untuk yang sudah beristri / bersuami, mungkin kalau sedang ingin merasa marah atau terbawa emosi diluar keluarga , bisa menjadikan keluarga kita atau bahkan anak , istri / suami dirumah sebagai penenang hati kita. Dimana kalau kita marah – marah mulu bagaimana  nanti perasaan dirumah atau apa yang akan terjadi kalau saya seperti ini terus? coba baca ini menjadi pemimpin yang baik.

Dampak buruk dari sikap emosional yang tidak terkendali:

  Pengaruh kejiwaan kita, akan menjadi semakin tidak labil dan bahkan lebih mudah terpengaruh oleh pengaruh yang negatif dari luar. Bahkan bisa bisa kita menjadi ehem .. ( gak waras )

  Menimbulkan penyakit , antara lain penyakit batin , sering sakit kepala, darah tinggi, serangan jantung , bahkan bisa mengakibatkan kematian

  Sosial yang buruk , di kehidupan bermasyarakat tentunya dibutuhkan sebuah interaksi yang baik antara satu dengan yang lain , dan kalau kita sukanya ada sedikit masalah keburu emosi bagaimana bisa sikap masyarakat dan kehidupan sosial kita menjadi lebih baik? kalau sudah dicap jelek dan bahkan masyarakat sudah tidak terlalu menganggap kita, akan menjadikan sebuah beban pikiran , dan nanti berkembang menjadi penyakit selanjutnya penyakit hilang nyawa melayang

Dan bahayanya Orang seperti ini adalah, dia biasanya tidak tertarik untuk berubah. Menurutnya, segala masalah kebanyakan dimulai karena kesalahan  Orang lain. Temperamennya yang tinggi biasanya akan membuat Orang percaya pada harapan yang tidak realistik dan kekanak-kanakan.

Baca Juga  Cara Mengatasi Kaki Biku

Mereka cenderung tertutup, jadi jangan pernah memaksa mereka untuk bercerita kepada Anda. Jika mereka sudah merasa nyaman, mereka pasti akan bercerita. Jangan mudah emosional melihat gaya mereka yang santai dan cenderung lamban, karena itulah mereka apa adanya. Berhubung mereka tipe orang yang cinta damai, jangan buat mereka berada dalam suatu keributan, karena hal ini membuat mereka tidak nyaman. Jika ada hal yang tidak disukai, lebih baik dibicarakan baik-baik, tidak perlu marah-marah di depan mereka.

 

 

 

author

Leave a reply "Apa Itu Temperamen?"