Apa Itu Penuaan Dini dan Bagaimana Cara Mencegahnya

No comment 254 views

# Apa Itu Penuaan Dini dan Bagaimana Cara Mencegahnya

Apa Itu Penuaan Dini dan Bagaimana Cara Mencegahnya

Sumber Gambar dari cegahpenuaandini.blogspot.com

Terlihat menarik dan awet muda adalah impian setiap orang. Namun impian ini tidak dengan mudah dapat dicapai, hambatan utamanya tentu saja adalah adanya siklus hidup berupa penuaan dini.

Apa itu penuaan dini?

Penuaan dini adalah proses dari penuaan kulit yang lebih cepat dari seharusnya. Spesifiknya yaitu wajah anda akan terlihat lebih tua dari umur semestinya. Misalnya umur anda 35 tahun namun terlihat seperti berumur 40 tahun.

Kapan penuaan dini muncul?

Umumnya masalah penuaan ini menimpa mereka yang berumur 30 tahun keatas. Namun tidak dipungkiri juga dapat muncul pada usia muda dibawah 30 tahun. Penuaan dini biasanya ditandai dengan muncul flek-flek hitam pada wajah, keriputan dibeberapa bagian wajah dan kulit menjadi kasar.
Lebih khusus lagi masalah penuaan dini ini sangat akrab dengan anda yang memiliki kulit kering. Kapasitas minyak yang sedikit pada wajah dapat membuat kulit rentan dari polusi, efek sinar matahari dan radikal bebas. Minyak pada wajah ini memiliki fungsi sebagai pelembab dan pelindung dari segala efek polusi, sinar uv dan radikal bebas. Ciri utama biasanya ditandai dengan muncul kerutan atau garis halus disekitar mata dan muncul banyak flek hitam.

Apa saja penyebab penuaan dini?

Seperti yang sudah disampaikan diatas bahwa radikal bebas, sinar uv dan polusi adalah penyebab utama menuadini nya wajah. Sinar ultra voilet (UV) memberikan dampak yang signifikan pada wajah apalagi disaat matahari sedang panas-panasnya. Teriknya sinar matahari dapat membuat kulit terbakar dan akan gampang muncul keriput. Polusi lingkungan dan bahan kimiawi baik itu dari makanan maupun lainnya juga berpengaruh pada menetasnya radikal bebas. Radikal bebas adalah sejenis molekul ganas yang merusak jaringan kolagen tubuh dan  sel-sel tubuh lainnya. Selain itu faktor kelembapan udara juga tenyara memiliki pengaruh pada proses penuaan dini. Ya meskipun efeknya tidak terlalu tinggi seperti pada sinar uv dan radikal bebas.
Selain faktor luar, faktor internal tubuh juga memiliki peranan. Pola makan yang tidak dijaga dapat menyebabkan penuaan dini. Terlalu berlebih mengkonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat dan gula, minuman beralkohol dan kafein adalah beberapa diantara faktor internal dari makanan penyebab penuaan dini.

Baca Juga  Manfaat Marah Bagi Kesehatan

Bagaimanakah cara mencegah penuaan dini?

Setelah anda ketahui apa itu penuaan dini dan apa saja penyebabnya, tentu akan sangat membantu dalam prepare dalam menjaga dan memperhatikan kesehatan kulit wajah. Dimulai dengan mengatur pola makan dengan makanan sehat mengandung anti oksidan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Hindari minuman kafein dan alkohol serta ganti dan biasakan selalu untuk memperbanyak minum air putih. Untuk menghindari efek sinar UV, anda bisa menggunakan tabir surya agar kulit tidak langsung tersengat paparan sinar matahari. Dan one of the best yang selalu kami usung dalam tulisan lainya lainnya adalah banyaklah berolahraga. Olahraga dapat memperlancar peredaran darah yang muaranya akan membuat asupan nutrisi dan oksigen menjadi meningkat dan berguna bagi pembentukan sel-sel baru. Penggunaan masker dan pelembab juga disarankan untuk kesehatan wajah. Namun tentu saja anda harus teliti dalam memilih produk masker dan pelembab yang cocok dengan kulit wajah anda.

Demikianlah sedikit uraian apa itu penuaan dini dan bagaimana cara mencegahnya. Semoga bermanfaat

author

Leave a reply "Apa Itu Penuaan Dini dan Bagaimana Cara Mencegahnya"